Hari / tanggal :
Senin / 23 September 2019
Kelas :
2
Tema/Subtema :
3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran :
1
KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3
Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi,
social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa
daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks
lingkungan geografis di sekolah
3.3.2 Menemukan kosakata
berkaitan dengan lingkungan geografis
di sekolah
Matematika
3.5 Menjelaskan
nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menentukan nilai pecahan
uang yang sesuai dengan daftar harga
SBDP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
3.3.1 Memahami gerak tari
Tujuan pembelajaran
• Siswa mampu memahami isi teks
lingkungan geografis di sekolah.
• Siswa mampu menemukan kosakata
berkaitn lingkungan geografis sekolah.
·
Siswa mampu menemukan makna
kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah
·
Siswa mampu menghitung nilai
sekelompok pecahan uang
·
Siswa mampu menukar nilai
sekelompok pecahan uang yang setara
·
Siswa mampu memahami gerak tari
·
Siswa mampu melakukan gerak
tari
Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi/letak dari suatu tempat. Denah dapat
dipakai oleh seseorang yang mencari tempat, dengan tujuan agar tempat tersebut
mudah ditemukan.
Mengamati
gambar denah dan mengamati teks “Sekolah Dasar Negeri Nusantara 01”.
Memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa. Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang lingkungan geografis sekolah.
Membimbing
siswa mengamati lingkungan sekolah.
Siswa
diminta mencatat nama tempat-tempat di sekitar sekolah.
−
Di depan sekolah terdapat : ...
−
Di sebelah kiri sekolah terdapat : ...
−
Di sebelah kanan sekolah terdapat : ...
−
Di belakang sekolah terdapat : ...
Membimbing
siswa menggambar denah sekolah. Guru menjelaskan cara menggambar denah dimana utara terletak di bagian
atas media gambar
(gunakan empat arah mata angin).
Matematika
Mengenalkan berbagai pecahan uang logam,
kemudian memberikan contoh cara menghitung pecahan uang logam.
Memasangkan kelompok uang
logam yang bernilai sama, sesuai dengan yang materi yang sudah dipelajari
sebelumnya.
SBdB
Mari mengenal
gerak dasar tari.
Guru membimbing siswa melakukan gerakan dasar tari berdasarkan gambar.
0 komentar:
Posting Komentar