Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/ 1(Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 2
Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks
3.3.2 Menemukan kosakata
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Memahami perbedaan jenis kelamin di rumah
3.1.2 Mengelompokkan jenis kelamin di rumah
Tujuan pembelajaran
• Siswa dapat memahami isi teks
• Siswa dapat menemukan kosakata
• Siswa dapat menemukan makna kosakata
• Siswa dapat memahami perbedaan jenis kelamin di rumah
• Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di rumah
• Siswa dapat menyampaikan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila di rumah
Materi ajar
Bahasa Indonesia
Siswa mengamati letak-letak rumah pada gambar lalu, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan letak rumah yang telah diamati.
Siswa mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan membaca teks kegiatan keluarga Siti di pagi hari.
Setelah itu, siswa memasangkan masing-masing anggota keluarga siti sesuai kegiatannya yang telah siswa baca sebelumnya.
PKn
Mengelompokkan jenis kelamin berdasarkan permainan yang dilakukan dan gambar yang disediakan.
Selanjutnya, mendiskusikan dengan teman mengenai sikap kita terhadap teman atau saudara yang belainan jenis kelamin dan mengimplementasikan ke dalam sila kedua Pancasila.
Hari/ tanggal : Rabu / 18 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/ 1(Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 3
Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
3.3.2 Menemukan kosakataberkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Memahami perbedaan pekerjaan antar individu di rumah
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam
Tujuan pembelajaran
• Siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
• Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
• Siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonom di rumah
• Siswa memahami perbedaan pekerjaan antarindividu di rumah
• Siswa mengelompokkan individu di rumah berdasarkan pekerjaannya
• Siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang logam
• Siswa dapat membandingkan nilai pecahan uang logam
• Siswa dapat mengurutkan nilai pecahan uang logam
Materi ajar
Bahasa Indonesia
Membaca teks “Berkumpul Bersama Keluarga” dan membuat kalimat menggunakan kata-kata yang terdapat pada teks, misalnya desa, petani, padi, menanam, sawah.
PKn
Siswa mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan membaca teks kegiatan keluarga Siti di pagi hari.
Setelah itu, siswa memasangkan masing-masing anggota keluarga siti sesuai kegiatannya yang telah siswa baca sebelumnya.
Matematika
Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.
Siswa memerhatikan harga-harga tiap barang yang Ibu dan Siti beli lalu, mencocokkan jenis barang dan mata uang yang digunakan untu membeli.
Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.
Hari/ tanggal : Kamis / 19 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 4&5
Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam
Tujuan pembelajaran
• Siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
• Siswa dapat menemukan kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
• Siswa dapat menemukan makna kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
• Siswa dapat menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumahmemahami perbadaan jenis kelamin di rumah
• Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di rumah
Materi ajar
Bahasa Indonesia
Siswa membaca teks “Bermain Kucing-Kucingan” yang berisi aturan cara bermain kucing-kucingan yaitu dengan menggiring bola “Anak yang berperan menjadi kucing” dan mengenai temannya, apabila teman yang lain terkena bola tersebut maka, akan bergantian menjadi kucing.
Melengkapi titik-titik dengan kata yang tersedia berdasarkan teks yang telah siswa baca sebelumnya.
PKn
Selanjutnya, mendiskusikan dengan teman mengenai sikap kita terhadap teman atau saudara yang belainan jenis kelamin dan mengimplementasikan ke dalam sila kedua Pancasila.
Matematika
Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.
Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.
Hari/ tanggal : Jumat / 20 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 6
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
3.3.2 menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan georafis di rumah
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga
SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 Memahami panjang pendek bunyi
Tujuan pembelajaran
• Siswa mapu memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
• Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
• Siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermatenemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
• Siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai daftar harga
• Siswa dapat mengurukan daftar harga
• Siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi
• Siswa mampu memainkan suara birama tiga
Materi ajar
Bahasa Indonesia
Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang padu. Gabungan kata-kata tersebut dapat disusun menjadi kalimat yang padu dengan mendahului kata yang digaris bawah misalnya, belanja-membantu-Siti-Ibu maka, dapat diawali dari kata Siti dan dilanjutkan kata membantu-Ibu-belanja sehingga, membentuk kalimat padu yaitu, Siti membantu Ibu belanja.
SBdP
Bernyanyi lagu yang berjudul “Desaku” yang diiringi irama buatan berbunyi Tek, Tong, Tuk, Prok.
0 komentar:
Posting Komentar