Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 1

Hari/ Tanggal : Senin, 30 September 2019
Kelas : 2
Tema / Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran : 1

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan
konsep tentang lingkungan
geografis, kehidupan
ekonomi, sosial, dan budaya
di lingkungan sekitar dalam
bahasa Indonesia atau bahasa
daerah melalui teks tulis, lisan,
visual dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia
yang tepat atau bahasa
daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis,
kehidupan ekonomi, sosial dan
budaya di lingkungan sekitar
dalam bentuk
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan
kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang
serta mendemonstrasikan
berbagai kesetaraan pecahan
mata uang.
SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua
dan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif dua
dan tiga dimensi
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,
siswa mampu memahami isi teks berkaitan kehidupan budaya.
2. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,
siswa mampu menemukan kosakata berkaitan kehidupan budaya.
3. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,
siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan budaya.
4. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menentukan nilai sekelompok
pecahan uang.
5. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menukar nilai sekelompok
pecahan uang dengan sekelompok pecahan uang lain yang setara.
6. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu memahami gambar imajinasi.
7. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menggambar gambar imajinasi.
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia

Hari ini adalah hari Sabtu.
Ibu guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
secara kelompok.
Tugasnya adalah menjelaskan lambang sila pada
burung Garuda.
Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bergabung menjadi
satu kelompok.
Mereka sepakat mengerjakan tugas di rumah Dayu.
Belajar kelompok dimulai pukul 15.00 sampai pukul
16.30.
Setiap hari sebelum belajar mereka berdoa.
Berdoa adalah bukti bahwa siswa percaya Tuhan.
Semua berdoa dengan khusyuk.
Cara mereka berdoa berbeda-beda sesuai tuntunan
agamanya.
Semua saling menghormati dalam menjalankan
ibadahnya.
Berdoa sebelum belajar adalah tugas siswa.

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari uraian di atas, kamu temukan tugasmu
sebagai umat beragama?
________________________________________________
2. Bagaimana sikapmu sebagai umat beragama dalam
belajar?
________________________________________________
3. Adakah siswa yang tidak mau berdoa?
________________________________________________
SBdP
Menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”
Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Matematika
Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bergabung satu
kelompok.
Mereka belajar mulai pukul 15.00 dan selesai pukul
16.00.
Pukul 15.00 sama dengan pukul 03.00 sore
Pukul 16.00 sama dengan pukul 04.00 sore


























Tema 3 Sub tema 2 Pembelajaran 6

Hari / tanggal : Jum’at / 27 September 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran : 6

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami kondisi kehidupan ekonomi di pasar.
3.3.2 Menemukan kosakata tentang kehidupan ekonomi di pasar.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menentukan nilai pecahan uang yang setara
SBDP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
3.3.1 Memahami gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari.
Tujuan pembelajaran
Siswa mampu memahami kondisi kehidupan ekonomi di pasar
Siswa menemukan kosakata tentang kehidupan ekonomi di pasar
Siswa menemukan makna kosakata tentang kehidupan ekonomi di pasar
Siswa menentukan nilai pecahan uang yang setara
Siswa menukar nilai pecahan uang yang setara
Siswa mampu memahami gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari.
Siswa mampu melakukan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari.

Materi Ajar





               










         

Tema 3 Sub tema 2 Pembelajaran 4 dan 5


Hari / tanggal               : Kamis / 26 September 2019
Kelas                           : 2
Tema/Subtema             : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran               : 4

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
3.3.1 Memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal daerahnya.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang
Tujuan pembelajaran
·      Siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah.
·      Siswa mampu menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
·      Siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
·      Siswa memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal daerahnya.
·      Siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal daerahnya.
·      Siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang
·      Siswa dapat menukar kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.

Materi Ajar


Lakukan tebak-tebakan dengan teman disebelahmu dengan menggunakan kartu uang !
Buatlah kalimat sederhana dari kata dibawah ini !







Hari / tanggal               : Kamis / 26 September 2019
Kelas                           : 2
Tema/Subtema             : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran               : 5

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan permainan sepak bola
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan sepak bola.
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
3.3.1 Memahami perbedaan warna kegemaran, makanan kegemaran, dan habi di sekolah.

Tujuan pembelajaran
·      Siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan permainan sepak bola
·      Siswa dapat menemukan kosakata berkaitan dengan permainan sepak bola
·      Siswa dapat memahami perbedaan warna kegemaran, makanan kegemaran, dan hobi di sekolah.
·      Siswa dapat mengelompokkan perbedaan warna kegemaran, makanan kegemaran, dan hobi di sekolah.

Materi Ajar

                            

     

Tema 3 Sub tema 2 Pembelajaran 3

Hari / tanggal : Rabu / 25 September 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran : 3

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
3.3.1 Membedakan individu berdasarkan warna kegemaran di sekolah
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang kertas yang setara

Tujuan pembelajaran
Siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
Siswa mampu menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah.
Siswa mampu menentukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah.
Siswa dapat membedakan individu berdasarkan warna kegemaran di sekolah.
Siswa dapat mengelompokkan individu berdasarkan warna kegemaran di sekolah.
Siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang kertas yang setara.
Siswa dapat menukar nilai pecahan uang kertas yang setara.

Materi Ajar
Mengamati dan membaca teks Menabung di Sekolah.
Memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.


Mengamati gambar sekelompok uang.
Kemudian guru memberikan contoh cara menghitung nilai pecahan uang.










































Hari / tanggal : Kamis / 26 September 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran : 4

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
3.3.1 Memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal daerahnya.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang
Tujuan pembelajaran
Siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah.
Siswa mampu menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
Siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah
Siswa memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal daerahnya.
Siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal daerahnya.
Siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang
Siswa dapat menukar kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.

Materi Ajar



Lakukan tebak-tebakan dengan teman disebelahmu dengan menggunakan kartu uang !
Buatlah kalimat sederhana dari kata dibawah ini !










Hari / tanggal : Kamis / 26 September 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran : 5

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan permainan sepak bola
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan sepak bola.
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
3.3.1 Memahami perbedaan warna kegemaran, makanan kegemaran, dan habi di sekolah.

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan permainan sepak bola
Siswa dapat menemukan kosakata berkaitan dengan permainan sepak bola
Siswa dapat memahami perbedaan warna kegemaran, makanan kegemaran, dan hobi di sekolah.
Siswa dapat mengelompokkan perbedaan warna kegemaran, makanan kegemaran, dan hobi di sekolah.

Materi Ajar



                             

     



























Hari / tanggal : Jum’at / 27 September 2019
Kelas : 2
Tema/Subtema : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran : 6

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami kondisi kehidupan ekonomi di pasar.
3.3.2 Menemukan kosakata tentang kehidupan ekonomi di pasar.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menentukan nilai pecahan uang yang setara
SBDP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
3.3.1 Memahami gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari.
Tujuan pembelajaran
Siswa mampu memahami kondisi kehidupan ekonomi di pasar
Siswa menemukan kosakata tentang kehidupan ekonomi di pasar
Siswa menemukan makna kosakata tentang kehidupan ekonomi di pasar
Siswa menentukan nilai pecahan uang yang setara
Siswa menukar nilai pecahan uang yang setara
Siswa mampu memahami gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari.
Siswa mampu melakukan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari.

Materi Ajar





               










         




       


















Tema 3 Sub tema 2 Pembelajaran 2


Hari / tanggal               : Selasa / 24 September 2019
Kelas                           : 2
Tema/Subtema             : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran               : 2

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks tentang kehidupan sosial
3.3.2 Menemukan kosakata
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah
3.3.1 Memahami perbedaan jenis kelamin di sekolah
Tujuan pembelajaran
• Siswa dapat memahami isi teks tentang kehidupan sosial
·   Siswa dapat menemukan kosakata
·   Siswa dapat menemukan makna kosakata
·   Siswa dapat memahami perbedaan jenis kelamin di sekolah
·   Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di sekolah

Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Memasangkan kosakata yang sesuai dengan gambar.
PPKn
Permainan Kendhi Gerl dilakukan oleh kelompok putra atau kelompok putri.
Kelompok putra bermain dengan kelompok putra
Kelompok putri bermain dengan kelompok putri.

Tema 3 sub tema 2 Pembelajaran1

Hari / tanggal               : Senin / 23 September 2019
Kelas                           : 2
Tema/Subtema             : 3 (Tugasku sehari-hari)/ 2 (Tugasku sehari-hari di Sekolah)
Pembelajaran               : 1

KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks lingkungan geografis di sekolah
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di sekolah
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga
SBDP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
3.3.1 Memahami gerak tari
Tujuan pembelajaran
• Siswa mampu memahami isi teks lingkungan geografis di sekolah.
• Siswa mampu menemukan kosakata berkaitn lingkungan geografis sekolah.
·   Siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah
·   Siswa mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang
·   Siswa mampu menukar nilai sekelompok pecahan uang yang setara
·   Siswa mampu memahami gerak tari
·   Siswa mampu melakukan gerak tari

Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi/letak dari suatu tempat. Denah dapat dipakai oleh seseorang yang mencari tempat, dengan tujuan agar tempat tersebut mudah ditemukan.
Mengamati gambar denah dan mengamati teks “Sekolah Dasar Negeri Nusantara 01”.

Memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang lingkungan geografis sekolah.


Membimbing siswa mengamati lingkungan sekolah.
Siswa diminta mencatat nama tempat-tempat di sekitar sekolah.
− Di depan sekolah terdapat : ...
− Di sebelah kiri sekolah terdapat : ...
− Di sebelah kanan sekolah terdapat : ...
− Di belakang sekolah terdapat : ...

Membimbing siswa menggambar denah sekolah. Guru menjelaskan cara menggambar denah dimana utara terletak di bagian atas media gambar (gunakan empat arah mata angin).

Hasil gambar untuk arah mata angin


Matematika
Mengenalkan berbagai pecahan uang logam, kemudian memberikan contoh cara menghitung pecahan uang logam.
Memasangkan kelompok uang logam yang bernilai sama, sesuai dengan yang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
SBdB
Mari mengenal gerak dasar tari.
Guru membimbing siswa melakukan gerakan dasar tari berdasarkan gambar.