MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Inonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.4 Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.10 Menjelaskkan bangun dattar dan bangun ruang berdasarkan cirri-cirrinya
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerrah untuk membantu pemahaman) seccara tepat.
2. Dengan mengamati gambar tentang hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidenifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan bahan ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik suddut secara benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Mendengarkan pembaaan teks percakapan yang berhubungan dengan tempat umum yang berrsih dan sehat.
2. Mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan teks perccakapan sebelumnya, misalnya saja kata karyawisata, tanaman hias, dan hutan lindung.
3. Mengamati berbagai bentuuk kerajinan yang dapat dibuat dari daun kering.
4. Berlatih membuat kerajinan darri daun kering, misalnya hiasan vas bunga dan, hiasan dinding.
5. Menghubungkan bentuk vas bunga dengan pengenalan berbagai bentuk bangun ruang.
6. Menddiskusikan dan menghitung banyak rusuk, sisi, dan titik sudut pada balok.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
• Berbagai contoh bangun datar dan bangun ruang
• Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.
Materi Pembelajaran
Kelas Dayu melakukan karyawisata. Mereka berrkunjung ke Kebun Raya Bogor. Petugas memberikan penjelasan kepada Dayu dan teman-teman.
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan
1. Apa isi percakapan peugas kebun, Dayu, dan teman-teman ?
2. Apa saja yang ada di Kebun Raya Bogor ?
3. Mengapa Kebun Raya Bogor harus dibersihkan?
4. Bagaimana pendapatmu trhadap isi percakapan petugas kebun, Dayu, dan teman-teman ?
5. Apa yang akan terjadi jika Kebun Raya Bogor jarang dibersihkan ?
Mendiskusikan dengan teman makna kata-kata berikut.
Banyak daun kering brjatuhan di kebun Raya Bogor. Aun-daun kering itu selalu dibersihkan setiap hari. Daun kering dapat dibuat menjadi hiasan.
Membuat hiasan dinding dari daun kering
:
Alat dan Bahan
1. Gunting atau pisau kater
2. Pensil
3. Kertas
4. Lem kayu
5. Daun kering, misalnya daun nangka, daun jambu, dan daun rambutan.
Cara Membuat Hiasan dari Daun Kering
1. Buatlah gambar rencana hiasan pada kertas !
2. Gunting daun sesuai bentuk gambar yang telah dibuat !
3. Tempelkan daun yang telah digunting pada kertas dengan menggunakan lem kayu !
4. Atur dengan rapi susunan daun agar terlihat indah !
5. Hiasan siap untuk dipajang.
Menjodohkan bangun ruang yang sesuai dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut.
12 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PKn
3.3 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendk yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teksyang dibaca berkaitan dengan lingkungan seha menggunakan bahasa lisan (ddapa dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk mmbantu pemahaman) secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah secara benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Membaca teks yang berjudul “Kebersihan dan Keindahan Jalan Raya Wajib Kita Jaga” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Mengamati gambar yang berhubungan dengan cirri tempat umum yang bersih dan sehat.
3. Mengamati gambar yang berhubungan dengan pengenalan sikap bersatu antar teman, misalnya gambar Dayu dan teman-teman yang sedang bermain tarik tambang.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
• Buku Guru IV / Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika
• Berbagai pecahan uang
Materi Pembelajaran
Dayu dan warga sekitar melakukan kerja bakti. Mereka membersihkan jalan raya. Ada yang membenahi taman. Ada yang menyapu jalan. Ada juga yang membersihkan dan memperbaiki selokan. Warga di lingkungan Dayu hidup rukun.
Membaca teks dengan nyaring !
Perhatikan gambar berikut :
Dayu dan teman-teman bermain menggendong teman. Mereka bermai dengan rukun dan kompak. Sikap itu menunjukkan kebersamaan dalam berolahraga. Tahukah kamu contoh olahraga lain yang membutuhkan kerjasama yang baik ?
Sikap apa yang harus dimiliki agar terwujud kerjasama yang baik ketika berolahraga ?
13 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.4 Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.10 Menjelaskkan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui Tanya jawab, siswa dapa menyebutkan isi teks yang dibacakan brkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Dengan mengamati gambar, siswa apat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat mengelompokkan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
• Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
• Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
• Mendengarkan teman membacakan teks percakapan yang berhubungan dengan tempat umum (pasar) yang tidak bersih.
• Mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan teks percakapan sebelumnya, misalnya saja kata tercemar, sakit, dan gatal
• Bertanya jawab tentang bahan-bahan yang biasa dijual di pasar dalam membuat keterampilan, misalnya saja manik-manik.
• Siswa membuat kerajinan dari manic-manik, misalnya gelang atau kalung sederhana.
Penutup
• Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
• Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
• Berbagai contoh bangun datar dan bangun ruang
• Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.
Materi Pembelajaran
Dayu dan ibu berbelanja ke pasar. Dayu senang menikmati suasana pasar. Namun Dayu prihatin dengan kebersihan dan pasar. Pasar terlihat kotor dan becek.
Mendengarkan pembacaan percakapan
Menjawab pertanyaan berikut dengan benar !
1. Apa isi percakapan Dayu dan Ibu ?
2. Mengapa terjadi penumpukan sampah dan barang bekas di pasar ?
3. Jika ada orang yang membuang sampah sembarangan di pasar, apa yang akan kamu lakukan ?
4. Apa yang akan kamu lakukan jika melihat sampah berserakan di pasar ?
5. Apa yang akan terjadi jika pasar jarang dibersihkan ?
Mengisi teka-teki silang berikut dengan benarr.
Mendatar :
1. Ternoda dan kotor.
Menurun :
2. Berasa sangat geli pada kulit.
3. Berasa tidak nyaman di tubuh karena sesuatu misalnya : demam, flu, dan sebagainya.
Membaca teks dengan suara nyaring !
Apa isi teks yang telah kamu baca ?
Menuliskan hasil pengamatan mengenai ciri-ciri pasar yang tidak bersih ?
Dayu dan Ibu pergi ke pasar. Mereka membeli manik-manik. Manik-manik dapat dibuat menjadi hiasan. Misalnya kalung, gelang, bros, gantungan kunci, dan hiasan tempat tisu.
Cara Membuat Hiasan dari Manik-manik
Mengelompokkan bangun-bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut.
14 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Inonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
Matematika
3.11 Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.
SBdP
3.4 Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa ddapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan eejaan yang tepat.
2. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan bangun ruang pada urrutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri karya hiasan menggunakan bahan buatan secara tepat.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
• Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
• Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
• Mendengarkan pembaaan teks yang berjudul “WC Umum yang Kotor Harus Dibersihkan” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
• Mengamati gambar yang berhubungan dengan cirri tempat umum (WC umum) yang tidak bersih.
• Mengamati berbagai bentuk gambar hiasan dari sabun.
• Membuat hiasan dari sabun.
• Berlatih menentukan bentuk bangun ruang selanjutnya berdasarkan pola yang dibentuknya.
Penutup
• Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
• Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
• Berbagai contoh bangun datar dan bangun ruang
• Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.
Materi Pembelajaran
Dayu dan teman-teman berlibur ke pantai. Di pantai ada berbagai tempat yang disediakan. Ada tempat parker, warung, tempat duduk, WC umum, ruang ganti baju, dan sebagainya. Dayu dan teman-teman menuju WC umum.
Membaca teks dengan suara yang nyaring !
WC Umum yang Kotor Harus Dibersihkan
WC umum yang kotor banyak penyebabnya. Hal ini terjadi karena banyak pengunjung yang tidak peduli lingkungan. Banyak yang membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang dapat meenyumbat saluran air. Air akan menjadi tergenang.
WC umum yang tersumbat harus segera dibersihkan. Sampah yang menyumbat harus disingkirkan. Lantai dan saluran airnya harus dibersihkan. Agar lebih bersih dapat digunakan pembersih lantai dan sabun. Dengan demikian, WC umum akan menjadi bersih dan wangi. Pengunjung menjadi nyaman karenanya.
Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks diatas ?
Mengamati gambar dibawah ini
Berdasarkan gambar di atas, dapat menentukan ciri-ciri WC umum yang kotor .
Mengamati sabun batangan yang dapat dibuat mnjadi hiasan.
Cara Membuat Hiasan dari Sabun Batangan
1. Alat dan Bahan :
2. Pensil
3. Pahat ukirr atau pisau
4. Sabun
Cara membuatnya :
1. Sediakan sabun batangan trlebih dahuulu !
2. Lukislah pada sabun sesuai gambar model yang diinginkan
3. Ukirlah sabun menggunakan pahat ukir hingga membentuk model yang diinginkan!
4. Jika pahat ukir tidak ada, gunakan pisau !
5. Berhati-hatilah mnggunakan pahat atau pisau agar tidak terluka !
6. Haluskan permukaan sabun yang telah diukir hingga menyerupai model yang sempurna !
7. Hiasan selesai dan siap dipajang
Menentukan bentuk bangun ruang selanjutnya mengikuti pola-pola berikut !
14 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Inonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PPKN
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sderhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
2. Dengan mengamati gambar, siswa ddapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di tempat umum sekitar rumah yang mnunjukkan peersatuan dalam keeberagaman seecara benar
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
• Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
• Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
• Mendengarkan pembacaan teks percakapan yang berhubungan dengan cara menjaga keebersihan tempat umum.
• Bertanya jawab beerhubungan dengan isi teks.
• Mengamati berbagai contoh kegiatan yang meencerminkan sikap bersatu ddeengan warga di sekitar
Penutup
• Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
• Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
• Berbagai contoh bangun datar dan bangun ruang
• Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.
Materi Pembelajaran
Warga kompleks perumahan Dayu sedang kerja bakti.
Mreka membeersihkan taman di sekitar kompleks.
Taman menjadi bersih dan sehat.
Semua pengunjung senang menikmati keeindahan taman
Mendengarkan pembacaan teks percakapan
Menjawab pertanyaan-pertanyaan berhubungandengan isi percakapan
1. Apa isi percakapan Dayu dan Ibu ?
2. Apa saja keuntungan yang diperolh dengan keegiattan kerja bakti ?
3. Pernahkah kamu meelakukan kegiatan kerja bakti di tempat tinggalmu ?
4. Apa yang kamu lakukan dalam kegiatan kerja bakti di tempat tinggalmu ?
5. Apa yang akan terjadi jika taman di sekitarmu tidak pernah dibeersihkan ?
Temukan kata pada table yang mempunyai makna berikut !
1. Suatu bentuk kegiatan bersama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
2. Suatu proses untuk menjaddikan barang bekas menjadi barang baru.
3. Pola perreencanaan untuk sebuah kota dalam membangun
Membaca Teks dengan suara nyaring
Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas ?
Bagaimana cara menjaga kebersihan taman kota ?
Kerja bakti menceerminkan sikap mau hidup bersama dengan warga sekitar.
Taukah kamu contoh sikap mau hidup bersama yang lain ?
Amati gambar di bawah ini !
Kegiatan apa saja yang mencerminkan sikap hidup bersama di lingkungan sekitarmu ?
Sikap apa yang harus dimiliki agar terwujudd kebersamaan deengan warga seekitar ?
Bandar Lampung, November 2019
Wali Kelas II Guru Kelas II
Mengetahui
Kepala SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Hj. SRI MARGIYANI, S.Pd
NIP. 196011031982032005
0 komentar:
Posting Komentar