13 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.4 Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.10 Menjelaskkan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui Tanya jawab, siswa dapa menyebutkan isi teks yang dibacakan brkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Dengan mengamati gambar, siswa apat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat mengelompokkan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
• Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
• Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
• Mendengarkan teman membacakan teks percakapan yang berhubungan dengan tempat umum (pasar) yang tidak bersih.
• Mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan teks percakapan sebelumnya, misalnya saja kata tercemar, sakit, dan gatal
• Bertanya jawab tentang bahan-bahan yang biasa dijual di pasar dalam membuat keterampilan, misalnya saja manik-manik.
• Siswa membuat kerajinan dari manic-manik, misalnya gelang atau kalung sederhana.
Penutup
• Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
• Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
• Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
• Berbagai contoh bangun datar dan bangun ruang
• Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.
Materi Pembelajaran
Dayu dan ibu berbelanja ke pasar. Dayu senang menikmati suasana pasar. Namun Dayu prihatin dengan kebersihan dan pasar. Pasar terlihat kotor dan becek.
Mendengarkan pembacaan percakapan
Menjawab pertanyaan berikut dengan benar !
1. Apa isi percakapan Dayu dan Ibu ?
2. Mengapa terjadi penumpukan sampah dan barang bekas di pasar ?
3. Jika ada orang yang membuang sampah sembarangan di pasar, apa yang akan kamu lakukan ?
4. Apa yang akan kamu lakukan jika melihat sampah berserakan di pasar ?
5. Apa yang akan terjadi jika pasar jarang dibersihkan ?
Mengisi teka-teki silang berikut dengan benarr.
Mendatar :
1. Ternoda dan kotor.
Menurun :
2. Berasa sangat geli pada kulit.
3. Berasa tidak nyaman di tubuh karena sesuatu misalnya : demam, flu, dan sebagainya.
Membaca teks dengan suara nyaring !
Apa isi teks yang telah kamu baca ?
Menuliskan hasil pengamatan mengenai ciri-ciri pasar yang tidak bersih ?
Dayu dan Ibu pergi ke pasar. Mereka membeli manik-manik. Manik-manik dapat dibuat menjadi hiasan. Misalnya kalung, gelang, bros, gantungan kunci, dan hiasan tempat tisu.
Cara Membuat Hiasan dari Manik-manik
Mengelompokkan bangun-bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut.
Bandar Lampung, November 2019
Wali Kelas II Guru Kelas II
Mengetahui
Kepala SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Hj. SRI MARGIYANI, S.Pd
NIP. 196011031982032005
0 komentar:
Posting Komentar