MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Inonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.4 Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.10 Menjelaskkan bangun dattar dan bangun ruang berdasarkan cirri-cirrinya
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerrah untuk membantu pemahaman) seccara tepat.
2. Dengan mengamati gambar tentang hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidenifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan bahan ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik suddut secara benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Mendengarkan pembaaan teks percakapan yang berhubungan dengan tempat umum yang berrsih dan sehat.
2. Mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan teks perccakapan sebelumnya, misalnya saja kata karyawisata, tanaman hias, dan hutan lindung.
3. Mengamati berbagai bentuuk kerajinan yang dapat dibuat dari daun kering.
4. Berlatih membuat kerajinan darri daun kering, misalnya hiasan vas bunga dan, hiasan dinding.
5. Menghubungkan bentuk vas bunga dengan pengenalan berbagai bentuk bangun ruang.
6. Menddiskusikan dan menghitung banyak rusuk, sisi, dan titik sudut pada balok.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
• Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
• Berbagai contoh bangun datar dan bangun ruang
• Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.
Materi Pembelajaran
Kelas Dayu melakukan karyawisata. Mereka berrkunjung ke Kebun Raya Bogor. Petugas memberikan penjelasan kepada Dayu dan teman-teman.
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan
1. Apa isi percakapan peugas kebun, Dayu, dan teman-teman ?
2. Apa saja yang ada di Kebun Raya Bogor ?
3. Mengapa Kebun Raya Bogor harus dibersihkan?
4. Bagaimana pendapatmu trhadap isi percakapan petugas kebun, Dayu, dan teman-teman ?
5. Apa yang akan terjadi jika Kebun Raya Bogor jarang dibersihkan ?
Mendiskusikan dengan teman makna kata-kata berikut.
Banyak daun kering brjatuhan di kebun Raya Bogor. Aun-daun kering itu selalu dibersihkan setiap hari. Daun kering dapat dibuat menjadi hiasan.
Membuat hiasan dinding dari daun kering
:
Alat dan Bahan
1. Gunting atau pisau kater
2. Pensil
3. Kertas
4. Lem kayu
5. Daun kering, misalnya daun nangka, daun jambu, dan daun rambutan.
Cara Membuat Hiasan dari Daun Kering
1. Buatlah gambar rencana hiasan pada kertas !
2. Gunting daun sesuai bentuk gambar yang telah dibuat !
3. Tempelkan daun yang telah digunting pada kertas dengan menggunakan lem kayu !
4. Atur dengan rapi susunan daun agar terlihat indah !
5. Hiasan siap untuk dipajang.
Menjodohkan bangun ruang yang sesuai dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut.
12 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PKn
3.3 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks pendk yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Dengan Tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teksyang dibaca berkaitan dengan lingkungan seha menggunakan bahasa lisan (ddapa dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk mmbantu pemahaman) secara tepat.
3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah secara benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Membaca teks yang berjudul “Kebersihan dan Keindahan Jalan Raya Wajib Kita Jaga” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Mengamati gambar yang berhubungan dengan cirri tempat umum yang bersih dan sehat.
3. Mengamati gambar yang berhubungan dengan pengenalan sikap bersatu antar teman, misalnya gambar Dayu dan teman-teman yang sedang bermain tarik tambang.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
• Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
• Buku Guru IV / Hidup Bersih dan Sehat
• Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika
• Berbagai pecahan uang
Materi Pembelajaran
Dayu dan warga sekitar melakukan kerja bakti. Mereka membersihkan jalan raya. Ada yang membenahi taman. Ada yang menyapu jalan. Ada juga yang membersihkan dan memperbaiki selokan. Warga di lingkungan Dayu hidup rukun.
Membaca teks dengan nyaring !
Perhatikan gambar berikut :
Dayu dan teman-teman bermain menggendong teman. Mereka bermai dengan rukun dan kompak. Sikap itu menunjukkan kebersamaan dalam berolahraga. Tahukah kamu contoh olahraga lain yang membutuhkan kerjasama yang baik ?
Sikap apa yang harus dimiliki agar terwujud kerjasama yang baik ketika berolahraga ?
Bandar Lampung, November 2019
Wali Kelas II Guru Kelas II
Mengetahui
Kepala SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Hj. SRI MARGIYANI, S.Pd
NIP. 196011031982032005
0 komentar:
Posting Komentar