Matematika

 Jum'at 5 November

MUATAN MATEMATIKA

                        
Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !

ABSENSI HARIAN


Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa mampu memahami keliling lingkaran

2. Siswa mampu menjelaskan keliling lingkaran

3. Siswa mampu menghitung/mencari keliling lingkaran


                                                                                                                     

 KELILING LINGKARAN

Lingkaran adalah suatu bentuk bangun datar yang  disusun oleh sekumpulan titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap satu titik tertentu.

                                                                                                                        Atau                                                                                 

Keterangan:

1.       π  =  konstanta yang setara dengan 3,14 atau 22/7

2.       r   =  jari-jari lingkaran

3.       d  =  diameter lingkaran, d = 2xr


Contoh Soal Lingkaran

1.       1. Sebuah lingkaran diketahui memiliki jari-jari 7 cm. Tentukan keliling lingkaran tersebut!

         Diket r = 7 cm

              π = 22/7

Jawaban:

             K = 2 x π x r

 = 2 x x 7

 = 44 cm

 2. Hitunglah keliling lingkaran yang memiliki diameter 40 cm!

      Diket:

    d = 40 cm

    π = 3,14

Jawaban:

    K = π x d

        = 3,14 x 40

              = 125,6 cm

3. Diketahui luas sebuah lingkaran 706,5 cm2. Hitunglah  keliling lingkaran tersebut!

    Diket:

    Luas lingkaran = 706,5 cm2

    π = 3,14 

Jawaban:

    =  π x r2

         706,5 = 3,14 x r2

          r2     = 706,5 / 3,14

          r    = 225

          r      = √225

          r      = 15

          Jadi, keliling lingkaran

         K    = 2 x π x r

                = 2 x 3,14 x 15

                = 94,2 cm

4. Hitunglah keliling bangun dibawah adalah ……….



Diket :

d = 21 cm

Jawaban :
K = Л x d
Keliling bangun = ( ¾ x keliling lingkaran ) + d
Keliling bangun = (3/4 x Л x d) + d
Keliling bangun = (3/4 x 22/7 x 21) + 21
Keliling bangun = 70,5 cm

 

5. Keliling setengah lingkaran berikut adalah....

    Pembahasan : 

                 K = (½ x keliling lingkaran) + d

    = (½ x 3,14 x 20) + 20

    = 31,4 + 20

    = 51,4 cm

6. Bima mengelilingi lapangan yang berbentuk lingkaran dengan diameter 7 m. Jika ia mengelilingi lapangan itu sebanyak 6 kali, maka jarak yang ditempuh Bima seluruhnya adalah....

 Pembahasan :

s = K x n

                     = ( Π x d )x 6

                     = 22/7 x 7 x 6

                     = 132 m


Untuk lebih jelasnya, bisa disimak video di bawah ini !

\

                 LATIHAN MTK

Tema 5 Subtema 1

 

KAMIS, 04 NOVEMBER 2021



Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !

TEMA 5 (WIRAUSAHA)

SUB.TEMA 1


KD yang muncul:

PKN KD 3.5

SBDP KD 3.1


Tujuan Pembelajaran:

1.melalui teks bacaan, siswa dapat menemukan makna kerja keras dengan benar

2. melalui wawancara, siswa dapat menemukan sikap yang harus dimiliki untuk menuju kesuksessan dengan tepat

3. Melalui pengamatan lingkungan sekitar, siswa dapat membuat logo dan memberi makna logo buatannya dengan tepat




tugas tersebut, merupakan PR mu, Kumpulkan hari Jum'at hasil tulisan wawancaramu sertakan dengan foto ketika sedang mewawancarai menggunakan seragam sekolah!







TUGASMU HARI INI, membuat logo versimu sendiri, ikuti langkah-langkah diatas!

Tema 5 Subtema 1

 RABU, 03 November 2021



Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !

TEMA 5 (WIRAUSAHA)

SUB.TEMA 1

PB 3 DAN 4

 MAPEL YANG MUNCUL: IPA

KD:        IPA KD 3.5

 

TUJUAN:

1.   Dengan melakukan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat magnet dengan benar

2.      Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menuliskan laporan hasil pengamatan dengan benar


Kemarin anak-anak sudah menegenal bentuk magnet, hari ini kita akan mengetahui keistimewaan sifat magnet melalui percobaan.


bu guru sudah meminta anak anak untuk menyiapkan magnetnya ya, untuk beberapa benda kita ambil dari lingkungan sekitar.

ikutilah langkah yang ada pada LKPD berikut:


Tugasmu!
buatlah laporan hasil percobaanmu, mengikuti format tersebut!
serta jawablah pertanyaan berikut untuk pemahamanmu!

Tema 5 Subtema 1

 SELASA, 02 November 2021

 


Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !

TEMA 5 (WIRAUSAHA)

SUB.TEMA 1

 

 PB 1 DAN 2

MAPEL YANG MUNCUL: IPS dan B.I

KD:         IPS KD 3.3

    B.I KD 3.6

    

 

TUJUAN:

1.       Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN”, siswa mampu mengidentifikasi posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.

2.       Dengan membaca teks tentang “Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN” dan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menuliskan laporan tentang posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci.

3.       Dengan mengamati gambar, bereksplorasi, dan berdiskusi, siswa mampu membedakan macam-macam magnet secara benar.

4.       Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis teks formuli(ekskul, lomba, dan lain-lain) secara cermat.

Setelah membacanya, tentu kalianmendapat informasi terkait kerja sama negara ASEAN

Carilah informasi mengenai peran Indonesia dibidang ekonomi dalam lingkup ASEAN, Tuliskan 4 peranan tersebut di kolom komentar blogger bu guru ya!



melalui informasi tersebut, diharapkan kalian sudah tidak asing dengan bentuk magnet. ya!


perhatikan beberapa contoh formulir berikut ini!

TUGASMU!






Penilaian Harian

  SENIN, 1 November 2021


 

Assalamu'alaikum wr.wb.

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lingdungan-Nya. 

Sebelum Memulai mengerjakan Soal PENILAIAN HARIAN  ada beberapa hal yang harus anak-anak perhatikan: 

1. Setiap siswa hanya boleh 1 kali mengerjakan  dari setiap soal yang diberikan, apabila ditemukan ada siswa yang mencoba mengerjakan 2 kali maka akan diberikan hukuman (Hukuman dapat berupa pengurangan nilai dan pembatalan PH)
2. Dokumentasikan saat siswa mengerjakan soal (Foto siswa saat mengerjakan soal atau screenshoot setelah mengirim jawaban sebagai bukti bahwa siswa telah mengerjakan soal)
3. Sebelum mengerjakan soal jangan lupa Berdo'a terlebih dahulu agar diberikan kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan soal.

Berikut Link untuk Pengerjaan PENILAIAN HARIAN TEMA 4 SUBTEMA 3

Kerjakan Soal dengan sebaik mungkin agar memperoleh nilai yang maksimal. Kerjakan dengan jujur dan teliti !!!

Batas Pengerjaan Soal sampai pukul 12.00 WIB

Selamat Mengerjakan !!!

                                     https://forms.gle/TiS7u6ABnHPBXZL59