Jum'at 15 Agustus 2025

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robb

Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran
Murid dapat memahami informasi dan kosakata baru yang          memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter

Materi Pembelajaran

A. Pengertian Kosakata Berdasarkan Makna

Jenis MaknaPenjelasanContoh
DenotatifMakna yang sebenarnya atau lugas, sesuai kamus."Ia menulis di papan tulis."
KonotatifMakna tambahan, bersifat emosional atau nilai rasa, tergantung konteks."Ia adalah buaya darat." (artinya: lelaki yang suka mempermainkan wanita)
Kiasan (Majas)Makna tidak langsung, bersifat perbandingan atau simbolik."Wajahnya secantik rembulan." (perbandingan/kiasan)

๐Ÿงพ B. Kosakata Baru dalam Konteks

  1. Identifikasi makna melalui konteks kalimat:

    • Kalimat: “Badai emosi melanda dirinya setelah mendengar kabar itu.”
      → Kosakata baru: badai emosi
      → Makna: perasaan yang sangat kacau atau marah hebat (kiasan)

  2. Gunakan strategi memahami kosakata baru:

    • Baca seluruh kalimat.

    • Cermati kata-kata sekitar.

    • Tentukan apakah maknanya literal atau tidak.

    • Jika perlu, cari di kamus.

๐Ÿ” C. Penerapan: Mengidentifikasi Objek, Fenomena, dan Karakter

1. Objek

Gunakan kosakata bermakna denotatif dan konotatif untuk menggambarkan objek secara lebih ekspresif.

Contoh:

  • Denotatif: Pohon itu besar dan rindang.

  • Konotatif: Pohon itu seperti penjaga setia halaman rumah.

2. Fenomena

Fenomena alam atau sosial bisa digambarkan dengan kosakata kiasan agar lebih hidup.

Contoh:

  • Denotatif: Angin kencang melanda desa.

  • Kiasan: Angin amarah alam menyapu desa kecil itu.

3. Karakter

Karakter tokoh dalam cerita bisa dihidupkan dengan penggunaan makna konotatif/kiasan.

Contoh:

  • Denotatif: Ia adalah guru yang tegas.

  • Konotatif/kiasan: Ia adalah singa di kelas, disegani dan ditakuti.

๐Ÿ“ D. Latihan Pemahaman

Latihan 1: Identifikasi Makna

Tentukan makna kata berikut dalam kalimat!

  1. "Ia memikul beban hidup yang berat." → Makna kata beban hidup?

  2. "Wajahnya bersinar saat menerima penghargaan." → bersinar makna denotatif atau konotatif?

  3. "Jantung kota mulai berdetak lagi setelah pandemi." → Apa arti jantung kota dan berdetak di sini?

Latihan 2: Ubah Kalimat

Ubah kalimat bermakna denotatif menjadi konotatif/kiasan!

  1. Denotatif: "Ia sangat pintar."
    → Konotatif/kiasan: "Ia otaknya encer seperti ilmuwan."

  2. Denotatif: "Mereka bekerja keras setiap hari."
    → Kiasan: "Mereka membanting tulang demi sesuap nasi."

✨ Penutup dan Refleksi

Memahami makna kata lebih dari sekadar arti kamus:

  • Makna denotatif penting untuk kejelasan.

  • Makna konotatif memperkaya ekspresi.

  • Makna kiasan menciptakan daya imajinasi dan estetika bahasa.

๐Ÿ—ฃ Pertanyaan Reflektif:

  • Kapan kamu harus menggunakan makna denotatif?

  • Apa keuntungan memahami makna konotatif


0 komentar:

Posting Komentar