Kamis, 20 Februari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VI / Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : III / Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.7 Mencermati tulisan tegakbersambung dalam ceritadengan memperhatikanpenggunaan huruf kapital (awalkalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta mengenaltanda titik pada kalimat beritadan tanda tanya pada kalimattanya.
PPKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan memperhatikan aturan permainan kupu-kupu, siswa dapatmenjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai iramadengan benar.
2. Dengan memperhatikan aturan permainan kupu-kupu, siswa dapatmempraktikkan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuaiirama dengan benar.
3. Dengan berdiskusi mengenai aturan permainan kupu-kupu, siswa dapatmengelompokkan aturan yang berlaku pada kegiatan di sekolah denganbenar.
4. Dengan bermain peran, siswa dapat menyimulasikan kegiatan sesuaiaturan yang berlaku di sekolah dengan benar.
5. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan aturan penggunaan titikpada kalimat.
6. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki teks huruf tegakbersambung memperhatikan penggunaan tanda titik dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Siswa melakukan wawancara sederhana dengan teman sekelasnya. Wawancara dilakukan dengan teman sebelahnya. Ada yang menjadi pewawancara dan ada yang menjadi narasumber.
Siswa menanyakan kepada temannya apakah mereka pernah melanggar peraturan baik di rumah maupun di sekolah.
Siswa menggunakan tempat yang disediakan untuk menuliskan hasil wawancaranya.
Siswa membaca kembali hasil wawancaranya dan membuat kesimpulan dari hasil wawancara tersebut.
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema VI Merawat Hewan dan tumbuhan
Buku Siswa Tema VI Merawat Hewan dan tumbuhan
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Siswa mengamati gambar menceritakan pengalamannya menerapkan perilaku yang sesuai dengan sila keempat Pancasila (mengamati).
Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila (mengomunikasikan).
Siswa menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di rumah (mengomunikasikan).
0 komentar:
Posting Komentar