Tema 6 Sub tema 3 Pembelajaran 1

Senin, 17 Februari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VI / Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : III / Tumbuhan disekitarku
Pembelajaran : 1

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.7 Mencermati tulisan tegakbersambung dalam ceritadengan memperhatikanpenggunaan huruf kapital (awalkalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta mengenaltanda titik pada kalimat beritadan tanda tanya pada kalimattanya.

Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif duadan tiga dimensi..

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan penggunaan tanda titikpada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan danmenggunakan tanda baca dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapatmenemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram).
4. Dengan mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapatmengubah suatu ukuran berat benda menjadi satuan tertentu.
5. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapatmengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dari bahan alamidengan benar.
6. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapatmengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatifdengan benar.
7. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat membuatkarya imajinatif berdasarkan pengalaman dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
 Siswa mengamati gambar pekarangan rumah Lani.
 Siswa menyebutkan hal-hal yang ia temukan dalam gambar.
 Siswa menuliskan apa yang ia temukan dalam gambar.
 Guru mengaitkan kegiatan tersebut dengan judul tema dan subtema yang akan
dipelajari.
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema VI Merawat Hewan dan Tumbuhan
Buku Siswa Tema VI Merawat Hewan dan Tumbuhan
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran



































Senin, 17 Februari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VI / Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : III / Tumbuhan disekitarku
Pembelajaran : 1

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.7 Mencermati tulisan tegakbersambung dalam ceritadengan memperhatikanpenggunaan huruf kapital (awalkalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta mengenaltanda titik pada kalimat beritadan tanda tanya pada kalimattanya.

Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif duadan tiga dimensi..

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan penggunaan tanda titikpada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan danmenggunakan tanda baca dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapatmenemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram).
4. Dengan mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapatmengubah suatu ukuran berat benda menjadi satuan tertentu.
5. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapatmengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dari bahan alamidengan benar.
6. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapatmengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatifdengan benar.
7. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat membuatkarya imajinatif berdasarkan pengalaman dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
 Siswa mengamati gambar pekarangan rumah Lani.
 Siswa menyebutkan hal-hal yang ia temukan dalam gambar.
 Siswa menuliskan apa yang ia temukan dalam gambar.
 Guru mengaitkan kegiatan tersebut dengan judul tema dan subtema yang akan
dipelajari.
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema VI Merawat Hewan dan Tumbuhan
Buku Siswa Tema VI Merawat Hewan dan Tumbuhan
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran














































































0 komentar:

Posting Komentar