Selasa 7 Oktober 2025

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robb.

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya (Anyaman)

A. Pengertian Anyaman

Anyaman adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyilang-nyilangkan bahan secara teratur, sehingga membentuk pola dan memiliki nilai fungsi dan estetika.

C. Bahan yang Dapat Digunakan untuk Anyaman

  • Bahan alam: daun kelapa, daun pandan, bambu, rotan.

  • Bahan buatan: kertas, pita plastik, sedotan, tali rafia.

D. Jenis Teknik Anyaman

  1. Teknik Anyaman Searah: menyilang satu arah (misalnya horizontal saja).

  2. Teknik Anyaman Silang: menyilang dua arah (horizontal dan vertikal).

  3. Teknik Anyaman Diagonal: menyilang secara miring (sudut tertentu).

E. Langkah-langkah Membuat Anyaman Sederhana

  1. Menyiapkan bahan dan alat.

  2. Membuat pola dasar (misalnya garis lurus atau kotak).

  3. Memulai proses menyilang bahan (dari tengah atau dari ujung).

  4. Merapikan hasil anyaman (memastikan tarikan tidak longgar).

  5. Memotong dan menyusun akhir sesuai bentuk yang diinginkan.

F. Kosakata Kunci Seni Anyaman

Murid harus mengenal dan menggunakan kata-kata berikut dalam penilaian dan presentasi:

  • Anyaman

  • Jalur

  • Menyilang

  • Pola

  • Tarikan

  • Teknik

  • Bahan alami / sintetis

  • Rapi

  • Estetika

  • Fungsi

  • Konsistensi

  • Inovatif

  • Kombinasi warna

G. Contoh Penilaian dan Presentasi Karya

“Saya membuat karya anyaman dari kertas berwarna. Saya menggunakan teknik silang dengan pola kotak. Warna yang saya pilih adalah merah dan putih untuk membuat kontras. Saya rasa karya saya sudah cukup rapi, tapi di bagian sudut ada yang kurang kencang. Saya akan memperbaikinya lain kali agar lebih kuat dan estetik.”

H. Penilaian Karya Seni Anyaman

Murid belajar menilai karya berdasarkan:

  • Kerapian

  • Kekuatan

  • Kombinasi warna

  • Kreativitas bentuk dan pola

  • Fungsi karya (apakah bisa digunakan

Pembelajaran Matematika

Tujuan Pembelajaran 
1.Murid  dapat mengidentifikasi pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan perkalian dan pembagian.

Pola bilangan membesar dan mengecil melibatkan perkalian dan pembagian
Cara kerja pola bilangan membesar dan mengecil
  • Pola Bilangan Membesar: 
    Terjadi ketika bilangan berikutnya dalam urutan selalu lebih besar dari bilangan sebelumnya, yang ditemukan dengan cara mengalikan.
    • Contoh: 10, 20, 40, ... Di sini, setiap angka dikalikan dengan 2 (10 x 2 = 20, 20 x 2 = 40).
  • Pola Bilangan Mengecil: 
    Terjadi ketika bilangan berikutnya dalam urutan selalu lebih kecil dari bilangan sebelumnya, yang ditemukan dengan cara membagi.
    • Contoh: 800, 400, 200, ... Di sini, setiap angka dibagi 2 (800 : 2 = 400, 400 : 2 = 200)


    • Pola bilangan ini dapat membesar maupun mengecil menyesuaikan aturan dalam proses penyusunannya.

      Pola Bilangan Membesar
      Pola bilangan membesar adalah barisan bilangan yang nilainya terus bertambah. Pada pola bilangan membesar akan melibatkan penjumlahan pada bilangan cacah. Perhatikan contoh berikut ini.

      Terdapat bilangan 3, 5, 7, 9, 11,....Ada berapa bilangan yang terdapat di sana? Apakah kalian dapat menentukan bilangan kef-6 ? Untuk mengetahui pola penyusunannya adalah dengan cara mengamati hubungan bilangan yang satu dengan yang lainnya. Pada pola bilangan 3, 5, 7, 9, 11, ... dapat diamati dalam tabel berikut :
      UrutanBilanganUraian
      1.33
      2.53 + 2
      3.75 + 2
      4.97 + 2
      5.119 + 2
      Berarti untuk menentukan bilangan selanjutnya dengan cara menambahkan bilangan sebelumnya dengan 2. Dengan memperhatikan tabel tersebut maka bilangan yang tepat untuk selanjutnya adalah 13 (11 + 2). Jika diperhatikan tampak bahwa bilangan yang muncul setelahnya selalu lebih besar daripada bilangan yang ada sebelumnya. Jadi, pada pola tersebut bilangan semakin membesar

      B. Pola Bilangan Mengecil
      Sebuah pola bilangan disebut mengecil susunan bilangan tersebut mempunyai nilai semakin kecil. Pada pola bilangan mengecil akan melibatkan penngurangan pada bilangan cacah. Perhatikan contoh berikut ini.

      Terdapat urutan bilangan 23, 18, 13, 8, ... Untuk mengetahui pola penyusunannya adalah dengan cara mengamati hubungan bilangan yang satu dengan yang lainnya. Pada pola bilangan 23, 18, 13, 8, ... dapat diamati dalam tabel berikut 
      UrutanBilanganUraian
      1.2323
      2.1823 - 5
      3.1318 - 5
      4.813 - 5
      5.38 - 5
      Pada pola bilangan tersebut dapat diketahui bahwa selisih antar bilangan selalu sama yaitu -5. Jadi untuk bilangan selanjutnya yang tepat sesuai pola bilangan tersebut adalah 8 - 5 = 3. Jika diperhatikan tampak bahwa bilangan yang muncul setelahnya selalu lebih kecil daripada bilangan yang ada sebelumnya. Jadi, pada pola tersebut bilangan semakin mengecil.

      Latihan 2
      Tentukan bilangan yang tepat sesuai pola bilangan yang diberikan !
      Soal

0 komentar:

Posting Komentar