Senin, 18 September 2023
Good morning my student..,,,
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin
Berikut Ringkasan Materi
Rangkuman Materi Tema 3 kelas 6 subtema 1
Michael Faraday, merupakan seorang penemu listrik yang hanya lulus SD. Berkat jasanya, Sekarang ini listrik telah menjadi kebutuhan terpenting untuk kehidupan manusia. Dengan adanya listrik semua aktivitas manusia bisa dilakukan dengan mudah. Dan saat ini listrik menjadi salah satu energi yang dapat menguasai hajat hidup banyak orang karena manfaatnya listrik yang begitu banyak.
Penemu listrik yaitu Michael Faraday dan karena penemuan listrik ini, setelah itu dia dipanggil sebagai ‘Bapak Listrik’. Michael Faraday diketahui sebagai cendekiawan yang banyak mendalami berbagai keilmuan. Michael Faraday dilahirkan di Kota London Selatan, Inggris dari keluarga kelas pekerja. Michael Faraday hanya tamat Sekolah Dasar saja. Saat berumur 14 tahun, Michael Faraday magang di kantor penjilidan buku di London selama kurang lebih 7 tahun. Dalam waktu luangnya, Faraday membaca Conversation in Chemistry karya Jane Marcet, yaitu buku yang menerangkan beberapa topik ilmiah untuk publik umum. Michael Faraday sangat memberikan perhatian pada sektor elektromagnetisme dan elektrokimia.
Materi Tema 3 Subtema 1 Kelas 6
Rangkaian listrik merupakan gelombang elektronik yang bisa merambat meskipun tidak ada media perantara.
Gelombang elektronik terbentuk dari perubahan medan magnet dan medan listrik yang berlangsung secara terus menerus.
Rangkaian yang digunakan di rumah yaitu rangkaian seri dan rangkaian pararel, bisa disebut rangkaian campuran. Rangkaian seri yaitu rangkaian alat alat listrik yang disusun secara berurutan tanpa bercabang. Sedangkan rangkaian pararel rangkaian alat alat listrik yang disusun secara berjajar.
Berikut ini perbedaan dari rangkaian seri dan pararel, antara lain:
- Cara menyusunnya : pada rangkaian seri disusun secara berurutan sedangkan pararel disusun secara berjajar atau bersusun.
- Penggunaan saklar dan kabel : pada rangkaian seri lebih hemar saklar dan kabel dibandingkan pada rangkaian pararel.
- Kontinuitas komponen listrik : pada rangkaian seri jika salah satu padam maka yang lain juga ikut padam. Sedangkan pada rangkaian pararel jika ada salah satu lampu yang pada yang lain bisa tetap menyala.
- Kondisi komponen listrik : pada rangkaian seri nyala tidak sama terang, sedangkan pada rangkaian pararel nyala sama terang.
- Hambatan total : pada rangkaian seri mempunyai hambatan tersebar di seluruh rangkaian listrik sedangkan pada rangkaian listrik hambatan terhitung lebih kecil.
Materi IPA Kelas 6 Tema 3
Membuat rangkaian listrik sederhana contohnya senter
A. Bahan yang diperlukan antara lain:
1. Baterai 1,5 volt sejumlah 2 buah berguna untuk sumber arus listriknya.
2. Kabel kira kira dengan panjang 50 cm berguna untuk mengalirkan arus listrik.
3. Switch/sakelar on-off sejumlah 1 buah berguna untuk menyambung dan memutus arus listrik.
4. Botol bekas minuman sejumlah 1 buah berguna untuk tempah dan dudukan rangkaian batu baterai.
B. Alat yang digunakan antara lain:
a. Lampu dan fitting sejumlah 1 buah berguna untuk sumber cahaya (fiting sebagai dudukan lampu).
b. Selotip atau lakban sejumalh 1 rol berguna untuk merekatkan baterai dan kabel kabelnya.
c. Gunting sejumlah 1 buah berguna untuk memotong kabel listrik sesuai ukuran panjangnya.
d. Cutter sejumlah 1 buah berguna untuk memotong botol yang digunakan wadah atau dudukan batu baterai.
Pengaruh listrik bagi masyarakat antara sebelum ada listrik dengan sesudah ada listrik, yaitu:
A. Sebelum ada listrik,
a. menyetrika baju memakai arang.
b. komunikasi dilakukan secara tatap muka dalam satu wilayah saja.
c. masyarakat biasanya bekerja di siang hari saja.
d. saat belajar penerangan masih menggunakan lampu minyak.
e. kegiatan pentas seni tradisional dan sejenisnya hanya dilaksnakan di siang hari
f. dsb.
B. Sesudah ada listrik,
a. menyetrika baju memakai setrika listrik.
b. komunikasi memakai teknologi yang canggih dan bisa dilakukan secara jarak jauh.
c. masyarakat bisa bekerja setiap saat bahkan bisa di malam hari.
d. belajar lebih nyaman karena penerangan lebih terang.
e. kegiatan pentas seni tradisional bisa dilakukan pada malam hari.
f. dsb
Materi kelas 6 tema 3 pembelajaran 2
Hak adalah segala sesuatu yang harus diterima oleh seseorang. Hak anak terkait di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
Contoh hak anak di lingkungan rumuh, antara lain:
a. mendapat kasih sayang dari kedua orang tua.
b. mendapat perlindungan dan rasa aman.
c. memperoleh bimbingan atau pendidikan karakter dan ilmu yang lain dari orang tua.
Contoh hak anak di lingkungan sekolah, antara lain:
a. mendapat pelajaran dari guru yang mengajar.
b. dihormati dan dihargai pendapatnya ketika bermusyawarah.
c. tidak dibeda bedakan dengan siswa lain dalam segala hal.
d. memperoleh waktu untuk beristirahat.
e. bertanya saat kurang mengerti dalam pembelajaran.
f. dianggap sebagai anggota atau warga sekolah.
g. menggunakan fasilatas belajar yang ada di sekolah.
Contoh hak anak di lingkungan masyarakat, antara lain:
a. dapat bermain dengan teman yang ada di lingkungan tempat tingggalnya.
b. mengunakan tempat untuk bermain
c. mendapat perhatian dari warga masyarakat di sekitar
d. memperoleh perlindungan apabila terjadi kekerasan atau kejahatan yang menimpanya.
e. tidak diperlakukan kasar atau diolok olok.
Materi SBdP
Interval nada adalah jarak antara satu nada dengan nada yang lain. Nada pada seni musik bisa ditulis dengan notasi angka. Sedangkan notasi angka yaitu sistem penulisan nada menggunakan simbol berupa angka. Angka yang digunakan untuk membuat notasi angka adalah sebagai berikut:
1 = do
2 = re
3 = mi
4 = fa
5 = sol
6 = la
7 = si
1′ = do’
Dan berikut ini interval nada pada tangga nada Mayor yaitu:
Sedangkan untuk interval tangga nada minor adalah
Lagu daerah O Ina Ni Keke berasal dari Sulawesi Utara dengan tempo moderato dan birama 4/4.
Pembelajaran 3
Rudolf Christian Karl Diesel merupakan seorang penemu mesin diesel. Dia adalah seorang ilmuwan yang berasal dari Jerman. Namun dia menghabiskan waktu kecilnya di Perancis sampai meletusnya perang Franco-Prussian di tahun 1870. Karena perang itu, keluarga Rudolf Diesel harus mengungsi atau pindah ke Kota London, Inggris. Dan Di akhir Perang Dunia I, Ibunya membawa Rudolf Diesel yang berumur 12 tahun untuk tinggal di Augsburg, Jerman bersama paman dan bibinya.
Tujuan Rudolf Diesel dibawa ke Jerman agar bisa terampil bicara dengan bahasa Jerman. selanjutnya ia bersekolah di Royal County Trade School, pamannya jadi guru matematika disitu.
Rudolf tergolong pelajar yang pintar, Ia menuntaskan pendidikan dasarnya jadi siswa terbaik dalam kelasnya di tahun 1873. Setelah itu Ia meneruskan sekolahnya di School of Augsburg. Dan di tahun 1875, ia menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich, tetapi Rudolf Diesel mau tak mau melawan kemauan orangtuanya yang kesusahan keuangan dan menginginkan supaya Rudolf mulai bekerja untuk cari pendapatan.
Sekalian kuliah, Rudolf Diesel bekerja dalam suatu pabrik dan memperoleh banyak dari pengalaman tempatnya bekerja. Di tahun 1880, Diesel lulus dari universitasnya dan memperoleh kehormatan sebagai siswa dengan nilai akademis terbaik.
Teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan proses sebuah peristiwa yang terjadi, misalnya: fenomena alam, budaya, sosial dan peristiwa yang lain.
Tujuan teks eksplanasi, yaitu menerangkan langkah, tahapan, proses atau bagaimana serta memberikan alasan atau bagaimana peristiwa tersebut terjadi.
Beberapa ciri ciri teks eksplanasi antara lain:
a. Berisikan informasi yang berupa fakta atau hal yang nyata.
b. Pokok bahasan mengenai suatu peristiwa atau fenomena yang bersifat ilmiah atau tentang keilmuan.
c. Tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca untuk mempercaya hal yang dibahas tersebut.
d. mempunyai struktur yang terdiri dari : pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
e. memakai kata penanda urutan, misalnya: pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.
f. Lebih fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. misalnya peristiwa tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan gunung meletus.
Struktur dari Teks Eksplanasi, antara lain:
- Pernyataan umum, berisi mengenai gambaran umum peristiwa atau fenomena alam yang hendak diulas. Intinya dari pernyataan umum ini biasanya membahas mengenai proses bagaimana peristiwa atau fenomena alam itu bisa terjadi.
- Urutan sebab akibat, pada bagian ini membahas mengenai penyebab dan akibat yang bisa diakibatkan dari peristiwa tersebut. Kamu juga dapat melakukan penggambaran dalam beberapa paragraf berkaitan dengan sebab dan akibatnya. Pada bagian ini sering disebut deretan penjelas.
- Interpretasi, biasanya berupa pernyataan atau tanggapan terkait fenomena / peristiwa yang diangkat di dalam teks tersebut. Interpretasi sering disebut penarikan kesimpulan.
Jenis Teks Eksplanasi, secara umum, teks eksplanasi mempunyai 2 jenis yaitu:
- Teks eksplanasi tentang alam, biasanya teks ini berisikan hal hal yang berkaitan dengan fenomena alam, seperti bencana alam. Pokok bahasannya bisa seputar bencana alam banjir, gunung meletus, gempa bumi dan tsunami.
- Teks eksplanasi tentang sosial, biasanya teks ini berisikan peristiwa yang terjadi di sekitar kita, misalnya kejadian pemadaman listrik, kebakaran, kemiskinan, pengangguran. Selain itu eksplanasi sosial bisa membahas topik lainnya, misalnya: topik budaya, masalah ekonomi dan sebagainya.
Contoh bahan dan alat membuat rancangan percobaan rangkaian pararel, antara lain:
Bahan yang diperlukan antara lain:
a. baterai 1,5 volt berguna untuk sumber arus listriknya.
b. Kabel 50 cm berguna untuk mengalirkan arus listriknya.
c. Saklar 1 buah berguna untuk menyambung dan memutuskan arus listrik.
d. botol bekas minuman 1 buah berguna wadah atau tempat rangkaian batu baterainya.
Alat yang digunakan antara lain:
a. lampu dan fiting 2 buah berguna sebagai sumber cahaya.
b. selotip 1 buah berguna untuk merekatkan baterai dan kabel.
c. gunting 1 buah berguna untuk memotong kabel.
d. cutter 1 buah berguna untuk memotong botol.
Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 tema 3
Thomas Alva Edison seorang penemu lampu pijar. Ia lahir di kota Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Alva Edison menghabiskan masa kecilnya di Port Huron, Michigan. Thomas Alva Edison dikenal sebagai anak yang giat. Dia membantu orang tuanya mencari uang dengan menjual sayur, permen, dan koran di kereta api. Suatu hari ia menolong seorang anak di kereta kemudian Ayah anak tersebut membalas budi dengan mengajari Edison menjadi operator telegraf. Setelah menjadi operator telegraf, Thomas Alva Edison jadi tertarik dengan komunikasi, yang nantinya jadi fokus dari beberapa penemuannya.
Thomas Alva Edison hanya mendapat pendidikan formal selama 3 tahun karena dia dikeluarkan dari sekolahnya. Para gurunya memandangnya siswa yang bodoh dan sulit menyerap pelajaran di sekolah. Lantas orang tuanya khususnya ibunya berusaha keras di rumah untuk mendidik Thomas Alva Edison sendirian dengan Homeschooling. Ibunya berkeyakinan bahwa anaknya tersebut bukan anak yang bodoh.
Alva Edison muda sukses membuat alat rekam suara elektronik yang pertama kalinya. Hal menakjubkan tersebut ia lakukan saat masih berusia dua puluh tahun. Namun karyanya tersebut tidak ia jual.
Kemudian, Alva Edison memperdalam pembuatan beberapa alat yang menurut dia bisa laris terjual dipasaran. Thomas Alva Edison selanjutnya memperbaiki mesin telegram yang ia bikin secara otomatis bisa mencetak huruf. Alat tersebut dijualnya dengan harga 40 ribu dolar, saat itu uang tersebut jumlahnya sangat besar. Setelah itu ia melakukan penemuan penemuan lainnya dan akhirnya pada Tahun 1879, Thomas Alva edison berhasil menciptakan lampu pijar yang sangat berguna saat ini.
Cara menggunakan alat alat di rumah secara bertanggung jawab, antara lain:
a. Pakaian, sebaiknya setelah digunakan lalu dicuci dan disetrika. Hal ini bertujuan agar baju atau pakaian bersih, rapi dan awet.
b. Sepatu, sebaiknya setelah selesai digunakan ditaruh dirak sepatu dan jangan lupa membersihkannya. Hal ini agar awet digunakan dan bersih.
c. Buku, sebaiknya buku diberi sampul dan jangan membawa atau menyentuhnya ketika tangan basah dan kotor. Hal ini berguna agar buku tersebut tetap bersih dan awet untuk dibaca.
d. Mainan, setelah selesai menggunakan sebaiknya sitaruh ditempatnya. Hal ini agar tidak mudah rusak.
e. Sepeda, dibersihkan tiap minggu agar terlihat besih dan awet serta tidak mudah berkarat.
Materi listrik kelas 6 tema 3 – Pembelajaran 5
Manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
a. sebagai penerangan di dalam rumah.
b. penerangan waktu belajar.
c. sebagai penerangan di jalan raya.
d. menerangi saat berpergian contohnya pada mobil dan sepeda motor.
Pengaruh adanya lampu pijar, antara lain:
a. sebagai penerangan lampu di pinggir jalan.
b. bahan baku pembuatan senter.
c. digunakan untuk penerangan sepeda motor.
d. membantu penetasan telur ayam dan bebek.
Perbedaan dari sebelum dan sesudah adanya lampu pijar, yaitu.
a. sebelum adanya lampu:
– aktivitas kebanyakan dilakukan pada siang hari, misalnya bekerja.
– tidak ada hiburan atau pementasan di malam hari.
– penerangan biasanya menggunakan obor atau lentera.
– tidak nyaman saat belajar di malam hari.
b. setelah adanya lampu:
– aktivitas bisa dilakukan setiap saat, baik di siang hari maupun malam hari.
– banyak dijumpai hiburan di malam hari.
– penerangan bisa menggunakan lampu.
– dapat belajar dengan nyaman di malam hari.
Dampak adanya lampu pijar dalam kehidupan sehari hari yaitu kenyamanan dan keselamatan terjaga. Masyarakat bisa melakukan aktivitas di malam hari. Pertumbuhan ekonomi meningkat karena masyarakat bisa bekerja di malam hari.
Berbagai penemuan dan manfaatnya, antara lain:
a. Seterika listrik, kita bisa merapikan baju lebih mudah dan tidak takut kotor terkena arang.
b. Mesin cuci, kita bisa mencuci baju dengan mudah dan menghemat tenaga.
c. komputer atau laptop, kita bisa mengetik atau menulis dengan mudah dan cepat serta bisa diedit sewaktu waktu. Kita juga bisa menikmati berselancar jika tersambung dengan internet.
d. Kompor, dengan ditemukan kompor kita bisa lebih mudah memasak dan lebih sedikit polusinya.
e. Handphone, kita lebih mudah dan cepat berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh.
Lagu daerah yang berjudul si Patokan berasal dari Sulawesi Utara. lagu ini berbirama 4/4 dengan tempo Allegreto.
Materi kelas 6 tema 3 pembelajaran 6
Roda tertua ditemukan pada zaman mesopatania yakni sekitar tahun 3.500 SM. Pada tahun 1839 Charles Goodyear menemukan ban karet. Dan di tahun 1845 Thomson dan Dunlop menemukan ban berisi udara.
Alasan mengapa hak kita dibatasi oleh hak hak orang lain yaitu: karena setiap orang mempunyai hak yang sama tetapi harus bertanggung jawab atas segala hak yang dimilikinya dan tidak merugikan orang lain.
Dampak jika kita tidak bertanggung jawab pada kewajiban yaitu tidak dipercaya orang lain dan membuat diri kita menjadi malas dan tidak disiplin serta sulit dalam meraih cita cita.
Manfaat dari sikap bertanggung jawab yaitu menjadikan kita hidup disiplin, selalu melakukan sesuatu pekerjaan tepat waktu dan hidup menjadi lebih teratur serta mudah dalam meraih cita cita.
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Tokoh penemu arus listrik adalah ….
a. Michael Jackson
b. Albert Einstein
c. Michael Faraday
d. Alfa Edison
2. Rangkaian listrik yang disusun secara sejajar atau terhubung berurutan dinamakan rangkaian ….
a. Tunggal
b. Seri
c. Ganda
d. Paralel
3. Lampu jalan di desa Majujaya dapat dihidupkan dan dimatikan secara bersamaan, hal ini adalah contoh penerapan rangkaian ….
a. Paralel
b. Ganda
c. Seri
d. Tunggal
4. Benda-benda di bawah ini yang memanfaatkan energi listrik adalah ….
a. Lampu, televisi dan kompor gas
b. Handphone, setrika dan wajan
c. Komputer, lampu dan gergaji
d. Lampu, radio dan mesin cuci
5. Arus listrik sangat bermanfaat bagi manusia, namun akan menjadi bahaya jika kita ….
a. Menggunakan pada malam hari
b. Memasang di dalam kamar
c. Melihatnya secara langsung
d. Menyentuhnya secara langsung
6. Nama penemu bola lampu adalah ….
a. Thomas Alva Edison
b. James Watt
c. Alexander Graham Bell
d. Benyamin Franklin
7. Hak anak di rumah contohnya adalah ….
a. Mendapatkan pelajaran
b. Mengerjakan PR
c. Mendapatkan kasih sayang
d. Membantu bersih-bersih orang tua
8. Mendapatkan pelajaran ketika di kelas merupakan contoh ….. di sekolah.
a. Kewajiban siswa
b. Hak siswa
c. Peratuan siswa
d. Hak guru
9. Sebelum meminta hak kita untuk dipenuhi maka sebagai anak kita harus mengerjakan ….
a. Kewajiban
b. Tugas PR
c. Hobi
d. Kerja bakti
10. Hak hidup dengan aman merupakan hak dari ….
a. Presiden saja
b. Orang tua saja
c. Pemerintah saja
d. Seluruh warga
11. Hak yang dimiliki setiap manusia yang lahir ke dunia secara sama rata dinamakan ….
a. Hak otonomi
b. Hak asasi manusia
c. Hak hidup
d. Hak individual
12. Setiap penemu berhasil menemukan suatu hal yang sangat berhaga bagi kehidupan karena mereka mempunyai sifat ….
a. Beruntung
b. Pemalas
c. Pantang menyerah
d. Pemberani
13. Teks eksplanasi ilmiah adalah teks yang menerangkan suatu proses yang bersifat ….
a. Menguntungkan
b. Ilmu pengetahuan alam
c. Ilmu logika dan akal
d. Ilmu ekonomi dan bisnis
14. Teks eksplanasi terdiri dari ….
a. Pembukaan, kesimpulan dan penutup
b. Pernyataan umum, deretan penjelas dan kesimpulan
c. Penjelasan, uraian dan kesimpulan
d. Kesimpulan, keterangan penjelas dan tambahan
15. Setiap orang berhak menyampaikan pendapatnya, namun harus dilakukan dengan ….
a. Sesuai norma kesopanan dan kesusilaan
b. Cepat dan lebih dahulu daripada orang lain
c. Diam-diam di belakang orang banyak
d. Tegas dan mengalahkan orang lain
16. Hak anak di rumah antara lain adalah diberikan perhatian oleh orang tua, sedangkan hak orang tua dari anak-anaknya adalah ….
a. Dimintai uang jajan
b. Mendapatkan nafkah
c. Dihormati dan disayangi
d. Mencarikan rejeki
17. Afandi diberikan hak menggunakan barang-barang pemberian orangtuanya seperti sepatu dan sepeda. Afandi menggunakan sepatu dan sepeda itu sesuka hatinya namun tidak pernah mau merawatnya sehingga barangnya menjadi rusak. Hal itu berarti bahwa Afandi tidak menggunakan haknya dengan rasa ….
a. Senang
b. Tanggung jawab
c. Percaya
d. Semangat
18. Hak seseorang ketika berada di lingkungan masyarakat contohnya adalah ….
a. Hak diberikan kasih sayang
b. Hak menyampaikan pendapat
c. Hak meminta-minta uang
d. Hak memarahi tetangga
19. Setiap orang punya hak masing-masing, maka sikap kita sebaiknya ….
a. Mengutamakan hak orang lain
b. Mengutamakan hak sendiri lebih dahulu
c. Tidak mengakui hak orang lain
d. Saling menghargai hak orang lain
20. Penemuan di bidang komunikasi di antaranya adalah sebagai berikut ini, kecuali ….
a. Penemuan telepon
b. Penemuan telegraf
c. Penemuan radio
d. Penemuan teleskop
0 komentar:
Posting Komentar