Assalamualaikum... good morning everyone, I hope we are fine today, before start our lesson don't forget to pray Dhuha, muroja'ah and watch the Tausiyah. Let's open our class with say Basmallah
Peserta Didik dapat menentukan modus, median, dan mean data tunggal yang disajikan dalam bentuk tabel.
Peserta Didik dapat menentukan modus, median, dan mean data tunggal yang disajikan dalam bentuk diagram.
Peserta Didik dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan modus, median, dan mean data tunggal.
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah belajar mengenai pengumpulan data.
Dalam pertemuan ini, kita akan melanjutkan materi selanjutnya ya Nak, terkait materi Pengolahan Data
Masih ingatkah kalian, bagaimana cara mengumpulkan data?
Yuk kita pelajari bersama ya Nak, Silakan simak materi berikut ini terkait Pengolahan Data ๐๐ป๐
PENGOLAHAN DATA ( KD. 3.8 )
B. PENGOLAHAN DATA
Agar data yang disajikan mudah dipahami seseorang perlu ditentukan suatu pemusatan data. Ukuran pemusatan data yang sering digunakan antara lain:
1. Mean (rata-rata)
2. Median (nilai tengah)
untuk mencari median, ada aturan main yang berlaku, yakni:
Bila data ganjil, median berada di tengah setelah data diurutkan.
Bila data genap, median ditentukan dengan menjumlahkan 2 data ditengah dan selanjutnya hasilnya dibagi dua
3. Modus (nilai yang paling banyak/sering muncul)
Untuk penjelasan dalam penghitungan mean, median, dan modus, bisa membuka video berikut ini !
LATIHAN SOAL
Diketahui hasil ulangan harian 10 siswa sebagai berikut: 72, 76, 80, 68, 86, 70, 72, 84, 72, 80. Tentukan mean, median dan modus dari data tersebut!
Rata-rata hasil ulangan matematika 3 siswa adalah 80, jika ditambah satu siswa makaa rata-ratanya menjadi 85. Maka berapakah nilai anak yang baru ditambahkan tersebut?
NOTE: untuk tugas matematika ibu guru tunggu sampai jam 10.00 WIB ya Nak!
MUATAN TEMATIK
TEMA 9. MENJELAJAH ANGKASA LUAR
SUBTEMA 1. KETERATURAN YANG MENAJUBKAN
PB 5-6
Muatan Pembelajaran :
- Bahasa Indonesia KD 3.9 dan 4.9
- IPA KD 3.7 dan 4.7
- IPS KD 3.2 dan 4.2
- SBdP KD 3.2 dan 4.2
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi
Peserta didik dapat menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
Peserta didik dapat memahami interval nada
Muatan Bahasa Indonesia
Menjelaskan Isi Cerita Berdasarkan Permasalahan yang Dialami Para Tokohnya
Di dalam teks fiksi terdapat kejadian yang dialami para tokohnya atau kegiatan yang dilakukak para tokohnya. Kejadian dan kegiatan itu menjadi bagian dari cerita dalam teks fiksi. Penulis menceritakan siapatokohnya, apa yang dialaminya, kapan terjadinya permasalahan, dimana terjadinya permasalahan itu, dan bagaimana menyelesaikan permasalahannya.
Menemukan Bagian-Bagian Penting di Dalam Teks
Teks fiksi dapat diringkas dalam bentuk diagram. Bagian-bagian penting yang terdapat pada teks fiksi dicatat, kemudian disusun membentuk peta pikiran. Bagian-bagian penting itu berupa tokoh cerita dan peristiwa yang ada di dalam cerita. Sebagai panduan, kita dapat membuat pertanyaan-pertanyaan mengenai isi teks tersebut.
Muatan IPA
Klasifikasi Planet dalam Tata Surya
Tata surya merupakan sebuah gugusan yang terdiri atas Matahari dan planet-planet yang mengelilinginya. Karakteristik planet-planet yang mengelilingi Matahari berbeda-beda. Berdasarkan keberadaan sabuk asteroid di antara planet Jupiter dan Mars, planet-planet penyusun tata surya dibagi menjadi planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet-planet terdekat dengan Matahari sampai sabuk asteroid. Planet-planet setelah sabuk asteroid tergolong planet luar.
Muatan IPS
Perubahan Sosial Yang terjadi Akibat Modernisasi
Perkembangan teknologi transportasi kini maju pesat. Berbagai jenis alat transportasi dikembangkan untuk memudahkan transportasi manusia, Dulu, alat transportasi menggunakan tenaga manusia atau hewan sebagai penggerak. Misalnya becak, delman, rakit, dan perahu. Sekarang alat transportasi menggunakan tenaga kimia dan listrik sebagai penggerak. Contohnya mobil, sepeda motor, kereta api, pesawat, perahu motor, dan kapal laut.
Muatan SBdP
Akor pada Lagu
Akor adalah paduan beberapa nada yang dimainkan secara bersamaan. Perpaduan nada-nada tersebut akan terdengar harmonis. Akor dapat dimainkan secara bersamaan (serentak) atau bergantian. Akor atau perpaduan nada-nada ini biasanya sebagai penyerta dan penyatu melodi dalam lagu.
Akor terdiri atas beberapa tingkatan. Berikut adalah tingkatan dalam akor.
C mayor ( C ) adalah perpaduan nada C E G
D minor ( Dm ) adalah perpaduan nada D F A
E minor ( Em ) adalah perpaduan nada E G B
F mayor ( F ) adalah perpaduan nada F A C
G mayor ( G ) adalah pwerpaduan G B D
A minor ( Am ) adalah perpaduan nada A C E
B diminished ( B dim ) adalah perpaduan nada B D F
Untuk memudahkan pemain music atau penyanyi membaca akor biasanya diberikan symbol. Symbol-simbol pada akor, antara lain symbol angka, huruf, dan gambar.
Alat music yang biasanya digunakan untuk memadukan nada dalam akor adalah alat music melodis. Misalnya gitar, piano, pianika, organ, ukulele,dan akordian.
Note: Untuk tematik hari ini silakan pahami materi di atas, kemudian kirimkanlah voicenote di grup WA berupa rangkuman singkat materi yang sudah kalian pelajari hari ini!
Kerjakanlah tugas-tugasmu dengan baik dan serius. karena pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang baik. Dan tak lupa selalu berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan agar diberikan kelancaran segala kegiatannya oleh Allah SWT...... Aamiin.
Note : Jawaban ibu guru tunggu sampai pukul 12.00 ya nak
0 komentar:
Posting Komentar