TEMA 8 SUBTEMA 1 (ATURAN KESELAMATAN DI RUMAH)
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VIII / Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Subtema : I / Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 4&5
Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Bahasa Indonesia
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu danmenggunakannya pada kehidupan seharihari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anak anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan aturanyang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdengan bahasa yang santun.
2. Dengan mengisi tabel skala sikap, siswa dapatmenunjukkan sikap melaksanakan aturan di lingkunganrumah dengan jujur.
3. Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapatmengidentifikasi pola irama bervariasi dengan teliti.
4. Dengan menggunakan irama lagu “Teman di Mana-mana”,siswa dapat membuat lagu anak-anak sederhana dengankata-kata sendiri yang bermakna dengan tanggung jawab.
5. Dengan tanya jawab, siswa dapat memprediksi isi tekspermintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalamkemajemukan keluarga dengan teliti.
6. Dengan penugasan, siswa dapat membaca teks permintaanmaaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukankeluarga dengan bahasa yang santun.
7. Dengan membaca teks, siswa dapat menceritakan bentukpermintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalamkeluarga berdasarkan teks yang dibaca secara mandiridengan bahasa yang santun.
Materi Pembelajaran
Tanda “ > ” berarti tekanan nada dari kuat perlahan-lahan melemah.
Tanda “ < ” berarti tekanan nada lemah.
TUGAS!
Amati gambar berikut dengan teliti! Tulislah kalimat yang sesuai berdasarkan gambar! Perhatikan penggunaan tanda titik dengan benar!
1.
2.
Tuliskanlah tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut dengan benar!
3.
4.
0 komentar:
Posting Komentar