Rabu, 23 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : III / Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
PPKN
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati gambar Siti meminta maaf kepada Udin, siswa dapat menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan benar.
Dengan menulis teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
Dengan mengamati gambar Beni dan Dayu sedang mengukur 4 batang bambu, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang ( cm, m) dengan tepat.
Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan tepat.
Dengan mengamati gambar berbagai gerakan yang dilakukan Dayu, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai dengan benar.
Dengan arahan guru, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai dengan benar.
Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik dengan benar.
Dengan menyanyikan lagu Cemara, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Siswa mengamati gambar Siti meminta maaf kepada Udin,
Siswa memperagakan teks percakapan yang telah diperbaiki
Siswa mengamati gambar Beni dan Dayu sedang mengukur 4 batang bambu
Siswa mengamati gambar Dayu menirukan Pohon Cemara ke kiri dan ke kanan
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamanku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.
Materi Pembelajaran
Bacalah percakapan berikut! Kamu harus membaca dengan teliti.
Tulislah ungkapan maaf. Ungkapan yang pernah kamu ucapkan.
Buatlah percakapan antara Beni dan Dayu. Percakapan tentang permintaan maaf. Beni meminta maaf kepada Dayu, karena Beni tidak dapat hadir pada ulang tahun Dayu. Beni juga mengatakan alasannya. Dayu pun memaafkan Beni.
Peragakan percakapan tersebut di depan kelas !
Beni, Dayu, dan teman lain akan bermain. Mainan rangka alu. Permainan ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Secara nasional rangka alu disebut tongkat bambu. Untuk bermain rangku alu, membutuhkan empat batang tongkat bambu. Ukurannya sama panjang.
Beni pun mengukur panjang bambu. Panjang bambu diukur dengan meteran atau penggaris.
Meteran dan penggaris adalah alat ukur panjang benda. Meteran dan penggaris adalah ukuran baku. Dayu membantu Beni mengukur panjang.
Berlatih soal
Beni memiliki bambu berukuran 4 m. Beni memotong bambu sepanjang 200 cm. Berapa meter sisa bambu yang telah dipotong ?
Ani memiliki pita merah sepanjang 1 m. Pita tersebut dipotong 80 cm. Potongan pita ini untuk menghiasi kado ulang tahun. Berapa sentimeterkah sisa pita Ani ?
Bentuklah kelompok kecil dikelasmu.
Coba cari 3 benda yang ada di kelasmu. Ukurlah 3 benda tersebut dengan meteran. Catat hasil pengukuranmu di buku. Bandingkan panjang ketiga benda dari hasil pengukuranmu.
Buatlah laporan secara tertulis. Laporan kegiatan mengukur tiga benda di kelasmu.
Bacalah laporanmu di depan kelas!
Bel tanda akhir pelajaran berbunyi. Beni dan temannya berdoa untuk pulang. Sampailah Dayu di rumah. Kemudian, Dayu ke belakang rumah.Di belakang rumahnya ada pohon cemara.
Pohon cemara terlihat ditiup angin. Pohon cemara bergoyang ke kiri dan ke kanan.
Gerakannya terlihat sangat indah.
Kamu telah mencermati gambar pohon cemara yang tertiup angin.
Gerakannya ke kiri dan ke kanan. Ayo, tirukan gerakannya.
Peragakan gerakan seperti Dayu. Lakukan dengan hitungan 1 2 3 4 5 6 7 8.
Gabungkan dan lakukan gerakan tersebut secara berulang.
Nyanyikan lagu berikut! Bernyanyi sambil peragakan gerakan pohon cemara.
Peragakan gerakan tersebut dengan pola. Polanya adalah lantai lurus dan segitiga.
0 komentar:
Posting Komentar