Hari/ tanggal: Selasa / 22 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema: 4 (Hidup Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran: 2
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.4.2 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
PKn
3.4 memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4.1 mengidentifikasi berbagai kegiatan di rumah yang menunjukan persatuan dalam keberagaman secar tepat
3.4.2 menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar
Tujuan pembelajaran
• Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar
• Siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
• Siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
• Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman secara tepat
• Siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar
• Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun
Materi ajar
Mengamati alat kebersihan yang biasa digunakan di rumah contohnya, Kain pel. Bagaimana bentuknya dan ruas garisnya.
Mendeskripsikan kegiatan apa yang Dayu dan keluarganya lakukan
Menjawab pertanyaan berdasarkan pengamatn dan teks yang telah dibaca siswa.
Membaca teks Halaman Rumah Dayu Indah dan Asri
Menceritakan kembali Gambar yang telah diamati oleh siswa dan membacanya di depan kelas dengan suara yang lantang dan intonasi lafal yang tepat
Hari/ tanggal : Rabu / 23 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 4 (Hidup Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran : 3
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
3.4.2 Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
3.4.3 menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.4 menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.5 membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat
Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
3.9.1 Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar
SBdP
3.2 memahami pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 menentukan tekana kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar
Tujuan pembelajaran
• Siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar
• Siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak pada lagu berbirama dua atau tiga secara tepat
• Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan yang santun
• Siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat
• Siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar dengan benar
• Siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar
Materi ajar
Menyanyikan lagu Membuang sampah dengan nada yang tepat berdasarkan tanda dinamikanya.
Membaca teks percakapan Cicak dan Kecoa lalu menjawab pertanyaan
Membaca teks Hindari Rumah yang tidak bersih dan menarik kesimpulan apa saja akibatnya jika rumah tidak bersih
Mengamati bentuk layang-layang dan mendiskusikan bersama teman mengenai bentuknya dan ruas garisnya. Lalu, menentukan ruas garis, banyak sisi, sudut dan titik sudut dari bangun datar yang ditentukan
Hari/ tanggal : Kamis / 24 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 4 (Hidup Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran : 4&5
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
3.4.2 Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
3.4.3 menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.4 menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.5 membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat
PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4.1 mengidentifiksi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
3.10.1 mengenal sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar
3.10.2 menentukan banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar
SBdP
3.2 memahami pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 menentukan tekana kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar
Tujuan pembelajaran
• Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan secara tepat
• Siswa dapat mencatat isi teks berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa tulis secara tepat
• Siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
• Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat
• Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun
Materi ajar
Menentukan banyak sisi, banyak sudut dan banyak titik sudut dari bangun datar yang telah ditentukan lalu, mengelompokkan bangun-bangun tersebut kedalam 2 kotak yang telah ditentukan
Membaca teks percakapan Keluarga Dayu dan menemukan kata-kata dalam tabel dri petunjunk yang telah diberikan
Membaca cara menjaga kebersihan rumah serta mengamati gambar kegiatan Dayu dan Keluarga di Rumah lalu, siswa mampu menjelaskan berdasarkan relasi teks yang telah dibaca dan gambar yang diamati.
Siswa membaca teks pekarangan rumah bersih sehingga keluarga sehat dan diperoleh informasi dari teks tersebut lalu, mengamati gambar dan mengemukakan pendapat mereka mengenai gambar tersebut.
Hari/ tanggal : Jumat / 25 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 4 (Hidup Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran : 6
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.4.2 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
PKn
3.4 memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4.1 menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di rumah secara benar
3.4.2 menjelaskan akibat dari hiduup tidak bersatu dalam keberagaman di rumah secara benar
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
3.10.1 mengenal sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar
3.10.2 menentukan banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar
Tujuan pembelajaran
• Siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
• Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan secara tepat
• Siswa dapat melakukan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman secara isi teks yang telah dibaca secara benar
• Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat
Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun
Materi ajar
Siswa menulis laporan sederhana mengenai cara menjaga kebersihan pekarangan rumah. Mandiskusikan pula akibat jika tidak ada persatuan dalam keluarga maka, tidak mungkin adanya kerukan dan tidak dapat melakukan bersih-bersi secara bersama-sama sehingga, sulit terbentuknya Lingkungan Rumah yang Bersih dan Sehat.
Mengamati bentuk Konblok yang biasa ada di halaman rumah. Siswa mengamati bentuknya, banyak sisi, banyak sudut dan banyak titik sudut yang ditemukan pada parmukaan Konblok tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar