Tema 3 Sub Tema 4 Pembelajaran 6


MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : III / Tugasku Sehari-hari
Subtema          : IV / Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran   : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan melakukan kegiatan menyantuni anak yatim, siswa mampu menemukan makna kosakata tentang kehidupan sosial.
2.        Dengan mengamati gambar teks dan isi teks, siswa dapat menaksir harga barang.
3.        Dengan mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu memahami prakarya dari bahan buatan.
4.        Dengan mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu membuat prakarya dari bahan buatan.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Mengamati kegiatan menyantuni anak yatim untuk menemukan makna kosakata tentang kehidupan sosial.
2.        Mengamati gambar dan isi teks untuk harga barang.
3.        Mengamati teks dan penejelasan guru untuk memahami prakarya dari bahan buatan.
4.        Membuat prakarya dari bahan buatan.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
·           Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, dan Matematika


Materi Pembelajaran
Menyantuni Anak Yatim
Siti, ayah, ibu, kakek, nenek, dan adik berkunjung ke rumah Ani.
Ani adalah teman Siti. Usia mereka sebaya.
Ani adalah seorang anak yatim. Ia tinggal bersama ibunya.
Ani anak yang pandai dan rajin.
Siti sering membantu Ani.
Mereka sangat akrab walau jarang bertemu.
Setelah mengunjungi Ani, Siti, dan keluarga
kembali ke rumah. Kakek dan nenek sangat senang
Siti berkunjung ke rumah. Siti dan Ali diberi sejumlah uang oleh nenek.
Siti dan Ali masing-masing mendapat uang Rp5.000,00.


Kakek adalah seorang yang hebat.
Dahulu, kakek pandai membuat prakarya.
Dari kakek, Siti belajar membuat tempat pensil dari barang bekas.



Sekarang, buatlah tempat pensil cantik sesuai dengan petunjuk yang ada di bukumu!

Tema 3 Sub tema 4 Pembelajaran 4 dan 5


MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : III / Tugasku Sehari-hari
Subtema          : IV / Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran   : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

PKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan mengamati gambar dan isi teks yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
2.        Dengan mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
3.        Dengan mengamati isi teks dan penugasan guru, siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya.
4.        Dengan mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.
5.        Dengan mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa dapat mengurutkan harga.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Mencermati gambar dan isi teks yang berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
2.        Mencermati isi teks dan penugasan guru tentang  perbedaan individu di sekolah berdasarkan
3.        suku/asal daerahnya.
4.        Mencermati teks yang disajikan dan penjelasan guru untuk mengurutkan harga.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
·           Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika

Materi Pembelajaran
Upacara Hari Sumpah Pemuda

Upacara berlangsung khidmat.
Upacara diikuti seluruh siswa dan guru.
Pembina upacara memberi pengarahan.
Pembina upacara berpesan agar siswa terus rajin belajar.
Seluruh siswa harus bersatu membangun bangsa.
Kemudian ada petugas yang membacakan naskah Sumpah Pemuda.





MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : III / Tugasku Sehari-hari
Subtema          : IV / Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran   : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial.
2.        Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial.
3.        Dengan mencermati isi teks serta penugasan guru, siswa dapat memahami karakterisitk individu berdasarkan usia anggota keluarga.
4.        Dengan mencermati isi teks serta penugasan guru, siswa dapat mengelompokkan karakteristik individu berdasarkan usia anggota keluarga.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Mencermati isi teks serta penjelasan guru yang  berkaitan dengan kehidupan sosial.
2.        Mencermati isi teks serta penugasan guru untuk memahami karakterisitk individu berdasarkan usia
anggota keluarga.
3.        Mencermati isi teks serta penugasan guru untuk mengelompokkan karakterisitk individu berdasarkan usia anggota keluarga.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
·           Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·           Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
·           Bola kasti

Materi Pembelajaran
Berkunjung ke Rumah Kakek
Siti bersama keluarga berkunjung ke rumah kakek.
Hampir setiap bulan, Siti mengunjungi kakek.
Kakek tinggal di desa.
Kakek tinggal bersama nenek dan paman. Siti sangat sayang kepada kakek dan nenek.
Siti sering membantu nenek.
Di rumah kakek, Siti bermain bersama teman-teman.
Mereka bermain Gebokan Batu alias Kasti.