Selasa 19 Agustus 2025
Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robb
| Unsur | Penjelasan |
|---|---|
| Garis | Batas atau arah suatu bentuk |
| Warna | Unsur visual yang menarik perhatian dan membentuk suasana |
| Bentuk | Wujud visual, bisa geometris atau organik |
| Tekstur | Kesan permukaan (halus, kasar, licin, dsb.) |
| Ruang | Kesan kedalaman atau dimensi |
| Gelap terang | Perbedaan cahaya untuk kesan volume dan kedalaman |
Keseimbangan (balance)
Irama (rhythm)
Proporsi (proportion)
Harmoni (harmony)
Penekanan (emphasis)
Kesatuan (unity)
C. Kosakata Seni yang Digunakan untuk Presentasi
| Tujuan | Kosakata Umum |
|---|---|
| Mendeskripsikan unsur | garis, warna, bentuk, tekstur, ruang, pencahayaan |
| Menilai estetika | harmoni, keseimbangan, proporsi, kontras, komposisi |
| Menjelaskan teknik | melukis, mengukir, membatik, mencetak, mencampur media |
| Mengungkap ekspresi | emosional, ekspresif, simbolis, naturalistik, abstrak |
🎤 D. Mempresentasikan Penilaian Karya Seni Rupa
Perkenalan Karya
Contoh:
“Karya ini adalah lukisan cat air berjudul ‘Pagi di Desa’ karya Ana, menggunakan media kertas ukuran A3.”Deskripsi Unsur Seni
“Karya ini menonjolkan warna-warna cerah seperti biru dan hijau. Garis-garisnya halus, menciptakan suasana tenang.”Analisis Teknik & Ekspresi
“Teknik sapuan kuasnya lembut, menunjukkan keahlian dalam menciptakan tekstur alami. Karya ini menggambarkan ketenangan alam.”Penilaian (Apresiasi)
“Komposisi visualnya seimbang dan harmonis. Karya ini berhasil menyampaikan suasana damai secara estetis.”
🎨 E. Mempresentasikan Proses Penciptaan Karya
Langkah-langkah yang bisa dipresentasikan siswa:
Ide atau gagasan karya
Pemilihan media dan teknik
Proses pembuatan (dengan dokumentasi foto/video)
Tantangan yang dihadapi
Hasil akhir dan refleksi pribadi
Mata Pelajaran Matematika
.gif)

0 komentar:
Posting Komentar