Tema 5 Sub tema 4 Pembelajaran 3

Rabu, 29 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : IV / Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahanalam dan buatan dalamberkarya.


Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan tekspercakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong dengan baik.
Dengan membuat teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalammelatih ungkapan dengan menggunakan kata tolong untuk hidup rukundalam kemajemukan dengan benar.
Dengan mengamati data panjang kain, siswa dapat memecahkanmasalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswadapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjangdengan tepat.
Dengan mengamati teks percakapan antara Mei dan Beni, siswa dapatmengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahanbuatan dengan benar.
Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasandengan bahan buatan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahanbuatan dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
SiswamengamatigambarCandi Borobudur (mengamati).
SiswamengamatigambarBenisedangmemintatolongkepada pengunjung lain untukdifoto (mengamati).
SiswamengamatiaktivitasBeni yang terdapat di dalamfoto mengamati).
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran


Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
Siswabertanyamenggunakan kata tanyaapa, siapa, di mana, kapan,mengapa, danbagaimana (menanya).
Siswamenulispertanyaannyapadakolom yang sudahdisediakan(menanya).
Siswadiberikesempatanuntukmenjawabpertanyaantemannya(menalar).
Siswasalingmenjawabpertanyaantemannya (menalar).
Siswabersama guru menentukanjawaban yang sebenarnya(menalar).


Siswamendengarkantekspercakapan yang dibacakanolehguru(mengamati).
Siswamendengarkantekspercakapan yang berhubungandenganbudayamemintatolong (mengamati).

Siswamenjawabpertanyaanberdasarkantekspercakapan yangdidengarnya (mengamati).

SiswamengamatigambarBenimemintatolongkepadaanak-anaklainnya yang mengunjungicandi (mengamati).
Siswamembacatekspadabalonceritadalamgambar yang diamati(mengamati).
Siswamencobakancaramemintatolongmenggunakanbahasa yangsopan di depankelas (mencoba).
Siswabermainperandalammelatihungkapandenganmenggunakankata tolong untukhiduprukundalamkemajemukan (mencoba).

Siswamengamati graphic organizer polaulat yang berisitentang datapanjangkain yang dimilikisiswa (mengamati).
Siswabertanyajawabtentang data pada graphic organizer polaulat(menanya).
Siswamengerjakanlatihanberdasarkan data pada graphic organizer polaulat (menalar).
Siswamemecahkanmasalahsehari-haritentangsatuanpanjang(menalar).
Siswamenyajikanpenyelesaianmasalahsehari-haritentangpanjang(mencoba).

0 komentar:

Posting Komentar