Tema 5 Sub tema 1 Pembelajaran 4 dan 5

MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6  Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

SBdP
3.2 Mengenal pola iramasederhana melalui lagu anakanak.

Tujuan Pembelajaran
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat membedakan bentuk puisi dengan yang bukan puisi tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan tepat.
Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu Lihat Kebunku dengan benar.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat membaca indah puisi anak berjudul " Taman Bungaku" tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi oleh temannya, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan mengamati gambar beserta balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
Dengan mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan perkakas di bengkel, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengamati gambar Beni membaca puisi tanpa menggunakan teks
(mengamati).
 Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan kakaknya
(mengamati).
 Siswa membaca teks pada balon percakapan yang membahas tentang
perbedaan antara puisi dengan yang bukan puisi (mengamati).
 Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
 Siswa diarahkan untuk mendengarkan pembacaan puisi (mengamati).
Ayo Berdiskusi
 Siswa mendiskusikan isi teks puisi (mengomunikasikan).
 Siswa berdiskusi dengan menentukan makna kata (mengomunikasikan).
 Siswa berdiskusi tentang menemukan kata yang belum dipahami
(mengomunikasikan).

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran


Apakah kamu mendengarkan gurumu berpuisi?
Pahami kata-kata dalam puisi. Sebutkan kata-kata
yang belum diketahui artinya.

Diskusikan kata-kata berikut bersama temanmu!
Tuliskan maknanya.







Baca lagi puisi di atas!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa isi taman bungaku dalam puisi?
Jawab: ................................................................
2. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut!
Jawab: ................................................................
3. Bagaimana bila taman tidak dirawat?
Jawab: ................................................................
4. Bagaimana cara merawat taman?
Jawab: ................................................................
5. Cobalah buat puisi sesuai kemampuanmu!
Jawab: ................................................................



Kamis, 9 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6  Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila

Tujuan Pembelajaran
Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
Dengan mengamati teks Burung Kutilang, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
Dengan mendengarkan temannya membaca indah puisi anak tentang alam, siswa dapat  mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan tepat.
Dengan mengamati gambar Beni bergantungan, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas dengan baik.
Dengan mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Dengan mengamati gambar beberapa pilihan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.
Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah dengan baik.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mendengarkan guru membacakan puisi berjudul Burung Kutilang
(mengamati). Guru dapat menyajikan puisi dengan mempertontonkan
video pembacaan puisi atau menggunakan media audio pembacaan puisi.
 Siswa bertanya jawab tentang cara membaca puisi (menanya).
Ayo Berlatih
 Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).
 Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).
 Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
 Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).
Ayo Berdiskusi
 Siswa menentukan makna kata yang terdapat di dalam teks puisi yangdidengarnya (menalar).
 Siswa berdiskusi bersama temannya (mengomunikasikan).
 Siswa menulis hasil diskusinya di dalam kolom yang sudah disediakan(mencoba).
 Siswa mencari kata di dalam kotak sesuai dengan kata di dalam isi puisi(mencoba).
 Siswa melakukannya secara berkelompok (mencoba).

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran
Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi
tentang Burung Kutilang.
Dengarkan dengan penuh konsentrasi!
Burung Kutilang
Di pucuk pohon cemara
Burung kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari
Dengan tak jemu-jemu
Mengangguk-angguk sambil berseru
Tri-li-li li-li li-li li-li
Sambil berloncat-loncatan
Paruhnya selalu terbuka
Digeleng-gelengkan kepalanya
Menentang langit biru
Tandanya suka ia berseru
Tri-li-li li-li li-li li-li

Kamu telah mendengarkan puisi yang dibacakan
gurumu.
Buatlah pertanyaan tentang puisi tersebut!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................



Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.
Kerjakan pada kolom berikut!

0 komentar:

Posting Komentar