Tema 5 Sub tema 4 Pembelajaran 1

Senin, 27 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : IV / Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 1

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahanalam dan buatan dalamberkarya.

Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan teks lagu Pemandangan, siswa dapat membacaindah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresidengan tepat).
Dengan mendengarkan temannya membaca puisi, siswa dapatmengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau darilafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
Dengan membaca teks puisi, siswa dapat menemukan kosakata baruyang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkandengan benar.
Dengan bertanya jawab, siswa dapat mengartikan kosakata baru yangterdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan denganbaik.
Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisianak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.
Dengan mengamati gambar bercerita, siswa dapat mengidentifikasi ciricirikarya hiasan yang dibuat dengan bahan buatan dengan baik.
Dengan membaca langkah-langkah membuat Hiasan Pot Botol Bekas,siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuatkarya hiasan dengan baik.
Dengan mengikuti petunjuk pembuatan Hiasan Pot Botol Bekas, siswadapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.
Dengan mengamati contoh soal, siswa dapat memecahkan masalahsehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswadapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjangdengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
Siswamengamatigambargerbang Taman NasionalBantimurungmengamati).
Siswabertanyajawabtentanggambargerbang Taman NasionalBantimurung (menanya).
Siswamembacatekspuisi Pemandangan (mecoba).
Siswamembacadenganmemperhatikanpenggunaanlafal, intonasi, danekspres yang tepat (mencoba).
Siswamembacapuisidi depankelas (mencoba).
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran


Siswamendengarkantemannyamembacakanpuisi (mengamati).
Siswamenyampaikanpendapatnyatentangpenampilantemannyaberpuisi (mengomunikasikan).
Siswamengomentaritentangpenggunaanlafal, intonasi, danekspresitemannyasaatberpuisi (mengomunikasikan).
Siswamenemukankosakatabaru yang terdapatdalampuisianaktentangalam yang diperdengarkan (mencoba).
Siswamengartikankosakatabaru yang terdapatdalampuisianaktentangalam yang diperdengarkan (menalar).


Siswamenentukanpuisi yang akandibuat (mencoba).
Siswabertanyajawabtentangtemapuisi (menanya).
Siswamenentukanjudulpuisi yang akandibuatnya (mencoba).
Siswamembuatkerangkapuisi (mencoba).
Siswamenulispuisiberdasarkankerangka yang dibuatnya (mencoba).
Siswamenukarkanlembarpenulisanpuisinyadenganteman
sebangkunya (mencoba).
Siswasalingmemeriksakesalahaanpenulisanpuisi(mengomunikasikan).
Siswamembuatnamapemeriksa di kolom yang sudahdisediakan(mencoba).
Siswamengembalikankertaskepemiliknya (mencoba).
Siswamenuliskembalitekspuisiberdasarkanhasilpemeriksaantemannya (mencoba).







Siswamembacakanpuisi yang dibuatnya (mencoba).
Siswamemberikanpenghargaankepadatemannya yang membacakanpuisikedepankelas (mencoba).

SiswamengamatigambarBenimelihatdanmenunjukbotolminumanberserakan di sekitarpatungkupu-kupu (mengamati).
Siswamembacabaloncerita yang terdapatpadagambar yang diamati(mengamati).
SiswamengamatigambarBenisedangmemegangcontoh pot hiasanyang masihkosong (mengamati).
Siswakembalimembacabaloncerita yang terdapatpadagambar yangdiamati (mengamati).
Siswamengidentifikasibahan yang digunakanuntukmembuathiasanpot bunga (mengamati).

0 komentar:

Posting Komentar