Tema 5 Sub tema 4 dan 5

Rabu, 29 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : IV / Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahanalam dan buatan dalamberkarya.


Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan tekspercakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong dengan baik.
Dengan membuat teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalammelatih ungkapan dengan menggunakan kata tolong untuk hidup rukundalam kemajemukan dengan benar.
Dengan mengamati data panjang kain, siswa dapat memecahkanmasalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswadapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjangdengan tepat.
Dengan mengamati teks percakapan antara Mei dan Beni, siswa dapatmengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahanbuatan dengan benar.
Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasandengan bahan buatan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahanbuatan dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
SiswamengamatigambarCandi Borobudur (mengamati).
SiswamengamatigambarBenisedangmemintatolongkepada pengunjung lain untukdifoto (mengamati).
SiswamengamatiaktivitasBeni yang terdapat di dalamfoto mengamati).
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran


Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
Siswabertanyamenggunakan kata tanyaapa, siapa, di mana, kapan,mengapa, danbagaimana (menanya).
Siswamenulispertanyaannyapadakolom yang sudahdisediakan(menanya).
Siswadiberikesempatanuntukmenjawabpertanyaantemannya(menalar).
Siswasalingmenjawabpertanyaantemannya (menalar).
Siswabersama guru menentukanjawaban yang sebenarnya(menalar).


Siswamendengarkantekspercakapan yang dibacakanolehguru(mengamati).
Siswamendengarkantekspercakapan yang berhubungandenganbudayamemintatolong (mengamati).

Siswamenjawabpertanyaanberdasarkantekspercakapan yangdidengarnya (mengamati).

SiswamengamatigambarBenimemintatolongkepadaanak-anaklainnya yang mengunjungicandi (mengamati).
Siswamembacatekspadabalonceritadalamgambar yang diamati(mengamati).
Siswamencobakancaramemintatolongmenggunakanbahasa yangsopan di depankelas (mencoba).
Siswabermainperandalammelatihungkapandenganmenggunakankata tolong untukhiduprukundalamkemajemukan (mencoba).

Siswamengamati graphic organizer polaulat yang berisitentang datapanjangkain yang dimilikisiswa (mengamati).
Siswabertanyajawabtentang data pada graphic organizer polaulat(menanya).
Siswamengerjakanlatihanberdasarkan data pada graphic organizer polaulat (menalar).
Siswamemecahkanmasalahsehari-haritentangsatuanpanjang(menalar).
Siswamenyajikanpenyelesaianmasalahsehari-haritentangpanjang(mencoba).



















Kamis, 30 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : IV / Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

PPKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku dirumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
2. Dengan menulis contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan silakeempat Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalamanmenerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di rumah dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar variasi gerak mendarat, siswa dapatmenjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai denganbenar.
4. Dengan menjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senamlantai, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak mendarat dalamaktivitas senam lantai dengan benar.
5. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat menjelaskanmakna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapanmenggunakan bahasa sendiri dengan benar.
6. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat bermain perandalam melatih ungkapan menggunakan menggunakan kata tolonguntuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
SiswamengamatigambarPulau Raja Ampat (mengamati).
SiswabertanyajawabtentanggambarPulau Raja Ampat (menanya).
SiswamembuatpertanyaanberkaitandengangambarPulau Raja Ampat(menanya).
Siswamenukarkanpertanyaan yang dibuatdengantemansebangkunya(menanya).
Siswasalingmenjawabpertanyaantemannya (menalar).
Siswabersama guru menentukanjawaban yang sebenarnya (menalar).

Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran


Siswabertanyajawabtentangperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila (menanya).
Siswaberdiskusimenentukanperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila (mengomunikasikan).
Siswamenunjukkancontohperilaku di rumah yang sesuaidengansilakeempatPancasila (mencoba).
Siswamenuliskan di dalamgrafik organizer polagantungan yang sudahdisediakan (mencoba).


SiswamengamatigambarBenimenceritakanpengalamannyamenerapkanperilaku yang sesuaidengansilakeempatPancasila(mengamati).
Siswamenceritakanpengalamannyadalammenerapkansikap yangsesuaidengansilakeempatPancasila (mengomunikasikan).
Siswamenceritakantentangpengalamanmenerapkannilai-nilai Pancasilasilakeempat di rumah (mengomunikasikan).

SiswamengamatigambarBenilombamendaratantaranak-anak(mengamati).
Siswabertanyajawabtentanggerakan yang dilakukanolehBenibersamateman-temannya (menanya).
Siswamengamatigambarvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mengamati).
Siswamenjelaskanvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mengomunikasikan).
Siswamempraktikkanvariasigerakmendaratdalamaktivitassenamlantai (mencoba).

Siswabertanyajawabtentangmaknaungkapanmemintamaaf(menanya).
Siswaberdiskusitentangmaknaungkapanmemintamaaf(mengomunikasikan)
Siswamenulishasildiskusinyapadakolom yang sudahdisediakan(mencoba).

0 komentar:

Posting Komentar