Selasa, 28 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : IV / Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 2 dan 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia
PPKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan sikap silaPancasila, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yangsesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
2. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat menceritakan tentangpengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di rumahdengan benar.
3. Dengan menggunakan teks Air Terjun, siswa dapat membaca indahpuisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat)dengan baik.
4. Dengan mendengarkan temannya membaca puisi, siswa dapatmengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau darilafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
5. Dengan membaca puisi Air Terjun, siswa dapat menemukan kosakatabaru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkandengan benar.
6. Dengan mengerjakan latihan, siswa dapat mengartikan kosakata baruyang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkandengan benar.
7. Dengan mengamati gambar variasi gerak melayang, siswa dapatmenjelaskan variasi gerak melayang dalam aktivitas senam lantai denganbenar.
8. Dengan menjelaskan variasi gerak melayang dalam aktivitas senamlantai, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak melayang dalamaktivitas senam lantai dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
SiswamengamatigambarbalonceritaantaraBenidanTiur (mengamati).
Siswamembacatekspercakapan yang terdapatdalambaloncerita(mengamati).
Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
SiswamengamatigambarBeni, Siti, Dayu, Udin, Edo, Mei, danLanisedangmenulisnama (mengamati).
Siswamembacatekspercakapanpadabaloncerita (mengamati).
Siswabertanyajawabtentanggambar (menanya).
Siswamenentukansikap yang harusditirukedalamkehidupanseharihari
Siswabertanyajawabtentangpengalamannya yang sesuaidenganpengamalanperilakuberdasarkansilakeempatPancasila (menanya).
Siswamenyebutkanhal-hal yang pernahmerekalakukansesuaidengansilakeempatPancasila (menalar).
Siswamenceritakantentangpengalamanmenerapkannilai-nilaiPancasilasilakeempat di rumah (mengomunikasikan).
Siswamengamatitekslagu Air Terjun (mengamati).
Siswamembacatekslagu air terjunsepertimembacapuisi (mengamati).
Siswamemperhatikancaramembacapuisi yang benar (mengamati).
Siswa lain mengamaticaramembacapuisi yang diperagakantemannya(mengamati).
Siswamenanggapitemannyamembacapuisi (mengomunikasikan).
Siswamemberikankomentarberdasarkanpenggunaanlafal, intonasi,danekspresipembacapuisi (mengomunikasikan).
Siswatergabungdalamdiskusikelompok (mengomunikasikan).
Siswamenentukan kata yang belumdipahamiartinyaberdasarkantekspuisi Air Terjun (mencoba).
Siswamenemukankosakatabaru yang terdapatdalampuisianaktentangalam yang diperdengarkan (mencoba).
Siswamengartikankosakatabaru yang terdapatdalampuisianaktentangalam yang diperdengarkan (menalar).
0 komentar:
Posting Komentar