Tema 5 Sub tema 3 Pembelajaran 4 dan 5

Kamis, 23 Januari 2020
MATERI AJAR

Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : III / Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5  Mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.

Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan teks lagu “Kupu-Kupu”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi) dengan tepat.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan baik.
Dengan membaca indah puisi anak tentang lingkungan, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan dengan tepat.
Dengan tanya jawab, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan dengan tepat.
Dengan mengamati teks puisi, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
Dengan mengamati berbagai gambar alat ukur, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.
Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan tepat.
Dengan mengamati berbagai gambar yang berkaitan dengan gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan gabungan level dengan pola lantai yang sesuai dengan iringan musiknya benar.
Dengan mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk latihan menggunakan level dengan pola lantai yang sesuai dengan iringan musiknya benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Siswa mengamati kemudian membaca puisi “Kupu-Kupu”
Siswa bertanya jawab tentang teks puisi dengan judul “Kupu-Kupu” (menanya).
Siswa membaca teks pendek yang berkaitan dengan panjang benda (mengamati). Kemudian mengkonversi satuan panjang.
Siswa mengidentifikasikan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan gabungan level dengan pola lantai sesuai dengan iringan musik
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamanku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran
Beni melihat teman-temannya latihan drama. Beni melihatnya minggu lalu. Pada drama tersebut pemerannya membacakan puisi. Puisi yang dibacakan seperti berikut.

Bacakan puisi tersebut ke depan kelas ! Gunakan tekanan dan ekspresi yang tepat !
Buatlah pertanyaan berdasarkan puisi di atas. Tukarkan dengan teman sebangkumu.
Jawab pertanyaan tersebut dengan benar !



Menulis Puisi sendiri !
Belajarlah ke luar kelas. Amati lingkungan di sekitarmu. Buatlah puisi dengan kata-katamu sendiri. Sesuaikan puisinya dengan lingkungan yang kamu amati. Tuangkan pada kolom berikut.

Pohon cemara di rumah Dayu roboh. Roboh dikarenakan tertiup angin. Pohon cemara yang roboh panjangnya 2 meter 60 cm. Satuan meter dan sentimeter adalah satuan baku. Satuan baku dapat digunakan untuk mengukur panjang. Satuan meter disimbolkan dengan m. Satuan sentimeter disimbolkan dengan cm.



Tuliskan kegunaan alat ukur berikut !

Beni melihat temannya berlatih drama. Jarak Beni dengan teman yang berlatih 4 m. alat untuk mengukur jarak adalah____________
Lani mengukur panjang papan tulis. Setelah diukur panjangnya 300 cm. Artinya panjang papan tulis tersebut sama dengan ____________ m. Alat ukur yang tepat untuk mengukur papan tulis adalah _____

Perhatikan data diatas! Teman Beni yang paling tinggi adalah _________
Teman Beni yang bernama _______ dan _________ ukuran tubuhnya paling pendek.
Coba urutkanlah nama teman-teman Beni dari yang pendek hingga yang tertinggi.












Kamis, 23 Januari 2020
MATERI AJAR

Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : III / Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran :

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5  Mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan.
PPKN
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan sila-sila Pancasila
Tujuan Pembelajaran
TUJUAN
Dengan mengamati teks puisi “Paman Datang”, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan dengan benar.
Dengan berdiskusi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan dengan benar.
Dengan mengamati teks puisi “Paman Datang”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan tepat).
Dengan mendengarkan pembacaan puisi, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan benar.
Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat dengan baik.
Dengan mengamati gambar dan teks pendek tentang sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
Dengan menulis di kolom yang sudah disediakan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di sekolah dengan baik.
Dengan mengamati gambar berbagai gerakan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Dengan menjelaskan variasi gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Siswa membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) .
Siswa bertanya jawab tentang gambar Garuda Pancasila (menanya).
Siswa bertanya jawab tentang lambang sila keempat Pancasila (menanya).
Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Pemilihan Ketua Kelas” (mengamati).bertanya jawab tentang isi teks


Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamanku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran
Beni anak yang pandai. Beni selalu ditunjuk oleh guru.
Sekarang, Beni ditunjuk oleh ibu guru. Beni diminta membacakan puisi. Puisi dibacakan di depan kelas. Judul puisinya adalah “Paman Datang”.

Perhatikan puisi diatas!
Tuliskan kosakata baru. Kosakata yang kamu temukan diskusikan bersama temanmu. Carilah arti kosakata tersebut.








0 komentar:

Posting Komentar