Tema 3 Sub Tema 3 Pembelajaran 5 dan 6

Hari/ Tanggal : Senin, 30 September 2019
Kelas : 2
Tema / Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran : 1

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,
siswa mampu memahami isi teks berkaitan kehidupan budaya.
2. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,
siswa mampu menemukan kosakata berkaitan kehidupan budaya.
3. Dengan mengamati gambar kegiatan “tolong-menolong” yang disajikan,
siswa mampu menemukan makna kosakata berkaitan kehidupan budaya.
4. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menentukan nilai sekelompok
pecahan uang.
5. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menukar nilai sekelompok
pecahan uang dengan sekelompok pecahan uang lain yang setara.
6. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu memahami gambar imajinasi.
7. Dengan teks yang disajikan, siswa mampu menggambar gambar imajinasi.







Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia

Hari ini adalah hari Sabtu.
Ibu guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
secara kelompok.
Tugasnya adalah menjelaskan lambang sila pada
burung Garuda.
Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bergabung menjadi
satu kelompok.
Mereka sepakat mengerjakan tugas di rumah Dayu.
Belajar kelompok dimulai pukul 15.00 sampai pukul
16.30.
Setiap hari sebelum belajar mereka berdoa.
Berdoa adalah bukti bahwa siswa percaya Tuhan.
Semua berdoa dengan khusyuk.
Cara mereka berdoa berbeda-beda sesuai tuntunan
agamanya.
Semua saling menghormati dalam menjalankan
ibadahnya.
Berdoa sebelum belajar adalah tugas siswa.


Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari uraian di atas, kamu temukan tugasmu
sebagai umat beragama?
________________________________________________
2. Bagaimana sikapmu sebagai umat beragama dalam
belajar?
________________________________________________
3. Adakah siswa yang tidak mau berdoa?
________________________________________________
SBdP
Menyanyikan lagu “Garuda Pancasila”
Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Matematika
Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bergabung satu
kelompok.
Mereka belajar mulai pukul 15.00 dan selesai pukul
16.00.
Pukul 15.00 sama dengan pukul 03.00 sore
Pukul 16.00 sama dengan pukul 04.00 sore


Hari/ Tanggal : Selasa, 1 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema / Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran : 2 dan 3

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budayadi lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mencermati gambar permainan bola tangan dan isi teks serta
penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan melempar dan
menangkap bola.
2. Dengan mencermati gambar permainan bola tangan dan isi teks
serta penjelasan guru, siswa dapat melakukan gerakan melempar dan
menangkap bola.
3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
memahami isi teks tentang kehidupan sosial.
4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
menemukan kosakata.
5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
menemukan makna kosakata.
6. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami
perbedaan individu berdasarkan agama di sekolah.
7. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan
perbedaan individu berdasarkan agama di sekolah.












Hari/ Tanggal : Rabu, 2 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema / Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran : 4 dan 5

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan,
siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
2. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa
menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah.
3. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa
menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
4. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan
agama.
5. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah
berdasarkan agama.
6. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan
uang.
7. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa dapat mengurutkan harga.




Bahasa Indonesia




Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti mengakhiri belajar
kelompok pukul 18.00.
Menjelang pukul 18.00 terdengar suara azan.
Siti minta izin untuk melaksanakan salat.
Edo dan teman-teman mengantar Siti ke musala depan
rumah Dayu.
Mereka menunggu Siti di luar musala.
Edo dan teman-temannya mendukung Siti untuk
beribadah.
Menghormati teman beribadah adalah tugas siswa.

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu
sebagai umat bergama?
________________________________________________
________________________________________________
2. Mengapa Edo dan teman-temannya mau mengantar
Siti ke musala?
________________________________________________
________________________________________________
3. Bolehkah Edo dan teman-temannya melarang Siti
beribadah?
________________________________________________
________________________________________________
4. Bolehkah Siti mengajak teman-temannya melakukan
ibadahnya?
________________________________________________
________________________________________________

PPKn








Pembelajaran 5
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta
penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan melempar, menangkap,
dan memukul bola.
2. Dengan mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta
penjelasan guru, siswa dapat melakukan gerakan melempar, menangkap,
dan memukul bola.
3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami
isi teks berkaitan dengan permainan rounders.
4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
kosakata berkaitan dengan permainan rounders.
5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
makna kosakata berkaitan dengan permainan rounders.
6. Dengan mencermati isi teks serta penugasan guru, siswa dapat memahami,
menjaga hubungan antarteman, antaragama.








Bahasa Indonesia

Edo dan teman-temannya bermain Bola Tangan.
Mereka membentuk 2 kelompok.
Mereka tidak membeda-bedakan teman.
Semua bisa menjadi kelompok Edo.
Mereka tidak membeda-bedakan agama mereka.
Menyayangi teman adalah tugas siswa.

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu
sebagai umat bergama?
________________________________________________
2. Mengapa Edo dan teman-temannya dapat
bekerjasama?
________________________________________________







PPKn





Hari/ Tanggal : Kamis, 3 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema / Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran : 6

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

PPKn

3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan melakukan kegiatan menjenguk teman, siswa mampu memahami
kehidupan sosial di sekitarnya.
2. Dengan melakukan kegiatan menjenguk teman, siswa menemukan
kosakata tentang kehidupan sosial di sekitarnya.
3. Dengan kegiatan diskusi, siswa menemukan makna kosakata tentang
kehidupan sosial di sekitarnya.
4. Dengan melakukan kegiatan jual beli, siswa menentukan nilai pecahan
uang yang setara.
5. Dengan melakukan kegiatan jual beli, siswa menukar nilai pecahan uang
yang setara.
6. Dengan mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu memahami
gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari.
7. Dengan mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu melakukan
gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari.







Bahasa Indonesia



Sekarang kamu ceritakan isi puisi di atas!


PPKn



Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari puisi di atas kamu temukan tugas
manusia sebagai umat beragama?
________________________________________________
2. Adakah perilaku yang mencerminkan sila pertama
Pancasila?
______________________________________________

0 komentar:

Posting Komentar