Tema 3 Sub tema 3 Pembelajaran 2

Hari/ Tanggal : Selasa, 1 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema / Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran : 2 dan 3

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budayadi lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mencermati gambar permainan bola tangan dan isi teks serta
penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan melempar dan
menangkap bola.
2. Dengan mencermati gambar permainan bola tangan dan isi teks
serta penjelasan guru, siswa dapat melakukan gerakan melempar dan
menangkap bola.
3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
memahami isi teks tentang kehidupan sosial.
4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
menemukan kosakata.
5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
menemukan makna kosakata.
6. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami
perbedaan individu berdasarkan agama di sekolah.
7. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan
perbedaan individu berdasarkan agama di sekolah.














Bahasa Indonesia

Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bermain di sela-sela
waktu belajar kelompok.
Mereka bermain gobak sodor.
Mereka berlari, berusaha menangkap lawan.
Mereka melakukan pemanasan sebelum bermain gobak
sodor.
Mereka bermain pukul 16.30 sampai pukul 17.00.
Di akhir permainan mereka melakukan pendinginan.

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
Apakah gerakan sebelum dan sesudah melakukan
aktivitas fisik?
__________________________________________________
__________________________________________________


Matematika
Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti bermain pukul 16.30
dan selesai pukul 17.00. Mereka bermain di rumah Dayu.
Pukul 16.30 sama dengan pukul 04.30 sore




Berdasarkan keterangan di atas coba kamu lengkapi
tabel berikut!


Bahasa Indonesia

3.3 Menentukan kosakata dankonsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar “Mengucap Salam” yang disajikan, siswa
mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah.
2. Dengan mengamati gambar “Mengucap Salam” yang disajikan, siswa
mampu menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
3. Dengan mengamati gambar “Mengucap Salam” yang disajikan, siswa
mampu menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya
di sekolah.
4. Dengan mengamati gambar kegiatan “Mengucap Salam” yang disajikan,
siswa dapat membedakan individu berdasarkan agama di sekolah.
5. Dengan mengamati gambar kegiatan “Mengucap Salam” yang disajikan,
siswa dapat mengelompokkan individu berdasarkan agama di sekolah.
6. Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat
menentukan pecahan uang.
7. Dengan mengamati gambar dan teks yang disajikan, siswa dapat
mengurutkan harga barang.

Bahasa Indonesia
Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti selesai
mengerjakan tugas, tetapi waktu baru menunjukkan
pukul 17.00.
Mereka melanjutkan belajar bercerita, karena besok
setiap kelompok diminta menceritakan hasil tugas
masing-masing.
Mereka bergantian bercerita di depan teman
kelompoknya.
Mereka menghargai teman yang tampil bercerita.
Menghargai teman adalah tugas siswa.




Jawablah pertanyaan di bawah dengan percaya diri!
1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu
sebagai umat beragama?
________________________________________________
2. Apakah agama mereka sama?
________________________________________________
3. Mengapa mereka saling menghormati dan dapat
bekerja sama?
________________________________________________

Matematika

SBdP











Hari/ Tanggal : Rabu, 2 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema / Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran : 4 dan 5

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan,
siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
2. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa
menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah.
3. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa
menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
4. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan
agama.
5. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah
berdasarkan agama.
6. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan
uang.
7. Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan, siswa dapat mengurutkan harga.




Bahasa Indonesia




Edo, Beni, Meli, Lani, Dayu, dan Siti mengakhiri belajar
kelompok pukul 18.00.
Menjelang pukul 18.00 terdengar suara azan.
Siti minta izin untuk melaksanakan salat.
Edo dan teman-teman mengantar Siti ke musala depan
rumah Dayu.
Mereka menunggu Siti di luar musala.
Edo dan teman-temannya mendukung Siti untuk
beribadah.
Menghormati teman beribadah adalah tugas siswa.

Jawablah pertanyaan berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari uraian di atas kamu temukan tugasmu
sebagai umat bergama?
________________________________________________
________________________________________________
2. Mengapa Edo dan teman-temannya mau mengantar
Siti ke musala?
________________________________________________
________________________________________________
3. Bolehkah Edo dan teman-temannya melarang Siti
beribadah?
________________________________________________
________________________________________________
4. Bolehkah Siti mengajak teman-temannya melakukan
ibadahnya?
________________________________________________
________________________________________________

PPKn








Pembelajaran 5
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta
penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan melempar, menangkap,
dan memukul bola.
2. Dengan mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta
penjelasan guru, siswa dapat melakukan gerakan melempar, menangkap,
dan memukul bola.
3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami
isi teks berkaitan dengan permainan rounders.
4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
kosakata berkaitan dengan permainan rounders.
5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
makna kosakata berkaitan dengan permainan rounders.
6. Dengan mencermati isi teks serta penugasan guru, siswa dapat memahami,
menjaga hubungan antarteman, antaragama.






0 komentar:

Posting Komentar