MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV
/ Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep
tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
PKn
3.3 Mengidentifikasi
jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan
kesetaraan pecahan mata uang.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan mengamati
gambar dan isi teks yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan
dengan kehidupan sosial di sekolah.
2.
Dengan mengamati
isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa menemukan makna kosakata
berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
3.
Dengan mengamati
isi teks dan penugasan guru, siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah
berdasarkan suku/asal daerahnya.
4.
Dengan mengamati
isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kesetaraan
beberapa nilai pecahan uang.
5.
Dengan mengamati
isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa dapat mengurutkan harga.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru bersama siswa
berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars
Al Azhar.
2.
Guru menyapa siswa,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Mencermati gambar
dan isi teks yang berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
2.
Mencermati isi teks
dan penugasan guru tentang perbedaan
individu di sekolah berdasarkan
3.
suku/asal
daerahnya.
4.
Mencermati teks
yang disajikan dan penjelasan guru untuk mengurutkan harga.
Penutup
1.
Guru dan siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru memberikan
tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru bersama siswa
berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran
dan Alat Peraga
·
Buku Guru Tema III
Tugasku Sehari-hari
·
Buku Siswa Tema III
Tugasku Sehari-hari
·
Buku Paket Bahasa
Indonesia, PKn, dan Matematika
Materi Pembelajaran
Upacara Hari Sumpah
Pemuda
Upacara berlangsung khidmat.
Upacara diikuti seluruh siswa dan guru.
Pembina upacara memberi pengarahan.
Pembina upacara berpesan agar siswa terus rajin belajar.
Seluruh siswa harus bersatu membangun bangsa.
Kemudian ada petugas yang membacakan naskah Sumpah
Pemuda.
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV
/ Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep
tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
PPKn
3.3 Mengidentifikasi
jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan mencermati
isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan
kehidupan sosial.
2.
Dengan mencermati
isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan makna kosakata berkaitan
dengan kehidupan sosial.
3.
Dengan mencermati
isi teks serta penugasan guru, siswa dapat memahami karakterisitk individu
berdasarkan usia anggota keluarga.
4.
Dengan mencermati
isi teks serta penugasan guru, siswa dapat mengelompokkan karakteristik
individu berdasarkan usia anggota keluarga.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru bersama siswa
berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars
Al Azhar.
2.
Guru menyapa siswa,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Mencermati isi teks
serta penjelasan guru yang berkaitan
dengan kehidupan sosial.
2.
Mencermati isi teks
serta penugasan guru untuk memahami karakterisitk individu berdasarkan usia
anggota
keluarga.
3.
Mencermati isi teks
serta penugasan guru untuk mengelompokkan karakterisitk individu berdasarkan usia
anggota keluarga.
Penutup
1.
Guru dan siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru memberikan
tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru bersama siswa
berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran
dan Alat Peraga
·
Buku Guru Tema III
Tugasku Sehari-hari
·
Buku Siswa Tema III
Tugasku Sehari-hari
·
Buku paket PKn dan Bahasa
Indonesia
·
Bola kasti
Materi Pembelajaran
Berkunjung
ke Rumah Kakek
Siti bersama keluarga berkunjung ke rumah kakek.
Hampir setiap bulan, Siti mengunjungi kakek.
Kakek tinggal di desa.
Kakek tinggal bersama nenek dan paman. Siti sangat sayang
kepada kakek dan nenek.
Siti sering membantu nenek.
Di rumah kakek, Siti bermain bersama teman-teman.
Mereka bermain Gebokan Batu alias Kasti.
0 komentar:
Posting Komentar