KISI – KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
TEMA 1 (Subtema 1 dan Subtema 2) KELAS 2 SD SEMESTER GANJIL
TP. 2019 / 2020
No. KompetensiDasar Indikator
1. PKN
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.1.1 memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
3.1.1 menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan cerita tersebut.
3.1.1 menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.
3.1.1 menuliskan rumusan sila Pancasila dengan benar.
3.1.1 menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
3.1.1 menunjukkan perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
3.1.2 menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.
3.1.2 memasang gambar yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila dengan benar.
2 B. INDONESIA
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1 menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
3.1.1 menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.
3.1.1 menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
3.1.1 menyebutkan ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
3.1.1 menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
3.1.1 menyebutkan ungkapan dalam teks tersebut dengan tepat.
3.1.1 menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
3.1.1 menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di dalam teks lagu dengan benar.
3.1.1 menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
3.1.1 menuliskan kalimat yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
3.1.1 menemukan kalimat ajakan yang terdapat dalam teks lagu yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
3 MATEMATIKA
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah.
.
3.1.1 menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
3.1.1 membaca bilangan cacah sampai 999.
3.1.1 menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
3.1.1 menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan bilangan tiga angka dengan teliti.
3.2.1 mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.
3.2.1 membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
3.2.1 membandingkan banyaknya dua kumpulan benda.
3.2.1 membandingkan bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu bilangan.
4. SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
3.2.1 membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
3.2.1 membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak dengan benar.
3.2.2 menentukan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
3.3.1 mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
3.3.1 mengidentifikasi koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
3.3.1 mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala dengan benar.
3.3.2 mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
3.3.3 mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
3.3.4 mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.
5 PJOK
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor
3.1.1 menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar
3.1.1 menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
3.1.1 menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
0 komentar:
Posting Komentar