Selasa 18 November 2025

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat. 

Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat menentukan kesamaan rasio dengan menggunakan tabel rasio.

Materi Pembelajaran: Menentukan Kesamaan Rasio dengan Tabel Rasio

1. Pengertian Rasio

Rasio adalah perbandingan antara dua besaran yang sejenis dan dinyatakan dalam bentuk a : b atau a/b.
Contoh:

  • Rasio jumlah apel terhadap jeruk adalah 2 : 3, artinya setiap 2 apel terdapat 3 jeruk.

2. Kesamaan Rasio

Dua rasio dikatakan sama (setara) jika hasil bagi keduanya sama.
Contoh:

  • 2 : 3 = 4 : 6, karena
    23=46=0,666...

Jadi, 2 : 3 dan 4 : 6 adalah rasio yang sama.

3. Tabel Rasio

Tabel rasio membantu kita melihat hubungan antara dua besaran yang berubah secara sebanding.

Contoh tabel:

ApelJeruk
23
46
69
812

Dari tabel di atas terlihat bahwa setiap kali jumlah apel dikalikan 2, jumlah jeruk juga dikalikan 2.
Artinya, rasio 2 : 3, 4 : 6, 6 : 9, dan 8 : 12 semuanya sama.

4. Cara Menentukan Kesamaan Rasio dengan Tabel Rasio

Langkah-langkah:

  1. Buat tabel yang memuat dua besaran yang dibandingkan.

  2. Perhatikan pola perubahan pada tiap baris.

  3. Jika perbandingan (hasil bagi) setiap pasangan sama, maka rasio-rasio tersebut setara.

Contoh Soal:

Gula (kg)Air (L)
14
28
312
416

Periksa:

14=28=312=416=14

Jadi semua rasio tersebut setara.

5. Kesimpulan

  • Dua rasio dikatakan sama jika hasil perbandingannya sama.

  • Tabel rasio membantu melihat hubungan sebanding antara dua besaran.

  • Gunakan pembagian atau perkalian untuk memeriksa kesamaan rasio.


Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya (Anyaman)

A. Pengertian Anyaman

Anyaman adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyilang-nyilangkan bahan secara teratur, sehingga membentuk pola dan memiliki nilai fungsi dan estetika.

C. Bahan yang Dapat Digunakan untuk Anyaman

  • Bahan alam: daun kelapa, daun pandan, bambu, rotan.

  • Bahan buatan: kertas, pita plastik, sedotan, tali rafia.

D. Jenis Teknik Anyaman

  1. Teknik Anyaman Searah: menyilang satu arah (misalnya horizontal saja).

  2. Teknik Anyaman Silang: menyilang dua arah (horizontal dan vertikal).

  3. Teknik Anyaman Diagonal: menyilang secara miring (sudut tertentu).

E. Langkah-langkah Membuat Anyaman Sederhana

  1. Menyiapkan bahan dan alat.

  2. Membuat pola dasar (misalnya garis lurus atau kotak).

  3. Memulai proses menyilang bahan (dari tengah atau dari ujung).

  4. Merapikan hasil anyaman (memastikan tarikan tidak longgar).

  5. Memotong dan menyusun akhir sesuai bentuk yang diinginkan.

F. Kosakata Kunci Seni Anyaman

Murid harus mengenal dan menggunakan kata-kata berikut dalam penilaian dan presentasi:

  • Anyaman

  • Jalur

  • Menyilang

  • Pola

  • Tarikan

  • Teknik

  • Bahan alami / sintetis

  • Rapi

  • Estetika

  • Fungsi

  • Konsistensi

  • Inovatif

  • Kombinasi warna

G. Contoh Penilaian dan Presentasi Karya

“Saya membuat karya anyaman dari kertas berwarna. Saya menggunakan teknik silang dengan pola kotak. Warna yang saya pilih adalah merah dan putih untuk membuat kontras. Saya rasa karya saya sudah cukup rapi, tapi di bagian sudut ada yang kurang kencang. Saya akan memperbaikinya lain kali agar lebih kuat dan estetik.”

H. Penilaian Karya Seni Anyaman

Murid belajar menilai karya berdasarkan:

  • Kerapian

  • Kekuatan

  • Kombinasi warna

  • Kreativitas bentuk dan pola

  • Fungsi karya (apakah bisa digunakan)

0 komentar:

Posting Komentar