Jum'at 25 Juli 2025
Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin š¤².Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar
Tujuan Pembelajaran
Membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 1.000.000
Model Pembelajaran Discovery learning
Media digital, video edukasi
Materi
Lambang Bilangan Cacah sampai 1000.000 (Membandingkan bialangan dengan tanda <, =, > )
membandingkan bilangan cacah sampai 1.000.000 menggunakan tanda < (kurang dari), = (sama dengan), atau > (lebih dari). Langkah-langkahnya adalah dengan membandingkan jumlah angka terlebih dahulu, jika sama, bandingkan nilai setiap angka dari kiri ke kanan.
Berikut adalah penjelasan lebih detail:
1. Membandingkan Jumlah Angka:
- Bilangan dengan jumlah angka lebih banyak, nilainya lebih besar. Contoh: 123.456 > 12.345 karena 123.456 memiliki 6 angka, sedangkan 12.345 memiliki 5 angka.
- Membandingkan Nilai Angka:
- Jika jumlah angka sama, bandingkan nilai setiap angka dari kiri ke kanan, mulai dari angka ribuan, ratusan, puluhan, hingga satuan.
- Contoh: 54.321 < 54.322 karena meskipun angka ribuan, ratusan, dan puluhannya sama, angka satuannya berbeda (1 < 2).
Menggunakan Tanda Perbandingan:- (lebih dari): Digunakan jika bilangan pertama lebih besar dari bilangan kedua. Contoh: 75.000 > 50.000.
- (kurang dari): Digunakan jika bilangan pertama lebih kecil dari bilangan kedua. Contoh: 25.000 < 50.000.
- (sama dengan): Digunakan jika bilangan pertama sama dengan bilangan kedua. Contoh: 50.000 = 50.000.
Contoh Soal:- 67.890 ... 67.980 (Jawab: <)
- 123.456 ... 123.456 (Jawab: =)
- 987.654 ... 987.564 (Jawab: >)
.gif)

0 komentar:
Posting Komentar