Tema 4 Subtema 2 PB 5dan6

Senin, 21 Oktober 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin šŸ¤².Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

 TEMA 4 GLOBALISASI

 SUBTEMA 2 GLOBALISASI DAN MANFAATNYA 

PB 5 DAN 6

MUATAN :  IPS,SBdP dan B.Indonesia

KD :   IPS KD 3.6

            SBdP KD 3.1

            B.Indonesia KD 3.3

Tujuan Pembelajaran

       1. Setelah mencari informasi, peserta diidk mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam   kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keberagaman ekonomi.

           2. Setelah berdiskusi, peserta didik     mampu membuat brosur berdasarkan brosur yang baik dengan menarik

  3. Setelah membaca, peserta didik mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku.




Bukalah bukumu halaman 83



MUATAAN IPS (KD 3.6 DAN 4.6)

Peran Indonesia dalam kerjasama mengatasi peredaran obat-obatan terlarang
 
Gejala sosial yang saat ini menjadi sorotan salah satunya adalah peredaran obat-obatan terlarangyang harus diatasi Negara-negara ASEAN karena obatan  terlarang memberikan dampak negatifterhadap generasi muda.
 
Oleh sebab itu Negara di ASEAN harus berkerjasama dalam memberantas peredaran obatan terlarang. Peran Indonesia dalam pemberantasan obatan terlarang seperti :

   1. Kepolisan Indonesia seringkali menangkap pengedar obatan terlarang yang berasal dari               negara-negara  ASEAN
   2. Pemberian hukuman bagi pelaku dengan dukungan darri negara asal pelaku
 Hal tersebut membuktikan kerjasama dan persatuan dalam memberantas obatan terlarang     kejahatan lintas  negara yang di miliki oleh negara-negara ASEAN.


MUATAN SBDP (KD 3.1 DAN 4.1 )

Brosur dan ciri-ciri brosur

 

 Brosur adalah selebaran yang dibagikan atau ditempel yang berisi informasi penting yang ditujukan kepada pembaca .

 

Ciri-ciri brosur:

§  Brosur memiliki ukuran lebih kecil dari poster (ukuran A5,  14,8cm x 22 cm)

§  Brosur biasanya ditempel atau diletakan ditempat yang sudah disediakan atau dibagikan ditempat umum

§  Brosur berisi informasi penting atau ajakan berbuat seuatu

§  Tulisan didalam brosur lebih banyak tetapi tetap dilengkapi dengan gambar

 

Tiga macam bentuk brosur:

1.     Brosur Tanpa Lipatan

Brosur tanpa lipatan bisa di kenal dengan nama Flyer, dimana brosur tidak memiliki lipatan dan ukuran yang banyak digunakan oleh pengusaha yaitu A5 ( 14.8 cm x 21 cm), A4 dan DL (1/4 kertas kuarto). Brosur jenis ini bisa digunakan untuk media promosi dengan memberi informasi yang singkat.

2.    Brosur Lipat dua

Brosur 2 lipatan umumnya menggunakan kertas A4 dengan ukuran 21 cm x 29.7 cm. Kertas akan dilipat 2 dengan begitu ada 4 halaman depan dan belakang. Brosur jenis ini biasa digunakan untuk promosi yang lebih banyak menampilkan gambar atau memiliki gambar yang jauh lebih besar.

3.    Brosur Lipa tiga

Jenis dan ukuran brosur terakhir dengan 3 lipatan menjadi brosur yang populer dan paling banyak digunakan untuk promosi barang atau jasa. Kertas yang di pakai untuk membuat brosur 3 lipatan yaitu A4 ukuran 21 cm x 29.7 cm dimana kertas akan di lipat menjadi 3 bagian sehingga brosur akan memiliki 6 halaman depan dan belakang. 


Cara membuat brosur

§  Menentukan tema atau ide

§  Memilih jenis brosur

§  Memilih judul yang menarik

§  Mengatur tulisan pada informasi agar lebih mudah dibaca

§  Menyesuaikan ukuran gambar dan tulisan

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.3 DAN 4.3)

Bukalah kembali bukumu halaman 93 lalu bacalah dengan teliti teks Mengapa Harus Hemat Listrik?

TUGASMU !

Perhatikan kata-kata yang bercetak miring pada teks tersebut lalu tulislah 5 kosakata nonbaku dalam tabel dan carilah padanan kata bakunya !

No

Kata NonBaku

Kata Baku

contoh

gampang

mudah

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

 MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN;

- BUPENA

- Contoh brosur

- LCD

METODE PEMBELAJARAN :

- Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan

0 komentar:

Posting Komentar