Rabu, 23 Agustus 2023
Good morning my student..,,,
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 1 : Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran 2 dan 3
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar dan membaca cerita tentang persatuan dalam perbedaan, peserta didik mampu menyebutkan manfaat persatuan dalam kehidupan melalui diagram dengan benar.
2. Setelah berdiskusi peserta didik mampu menuliskan bagaimana cara tumbuhan melindungi diri dengan baik dan benar.
3. Setelah membaca materi, peserta didik mampu menyebutkan pola lantai tariannya dengan tepat.
SBDP
Pola Lantai dalam Gerak Tari
A. Gerak Tari
Gerak tari merupakan salah satu unsur pada tari. Gerak tari ada berbagai macam, yaitu sebagai berikut.
1. Gerak tari klasik, merupakan gerak tari yang menirukan kegiatan manusia. Selain itu, gerak tari klasik dapat juga menirukan gerakan hewan tertentu. Gerak tari klasik mengikuti pola-pola gerakan tertentu. Contohnya gerak pada tari Topeng, tari Golek, dan tari Bedhaya.
Tari Topeng Tari Golek Tari Bedhaya
2. Gerak tari kerakyatan, merupakan gerakan yang meniru kegiatan dan emosi manusia atau perangai hewan. Contohnya gerak tari Reog Ponorogo dan tari Ketuk Tilu.
Tari Reog Ponorogo Tari Ketuk Tilu
3. Gerak tari kreasi baru, merupakan gerak tari yang dibentuk dari gerak tari yang sudah ada, misalnya gerak tari klasik atau tari kerakyatan, yang dikembangkan atau dipadukan menjadi rangkaian gerak baru yang sesuai dengan zaman sekarang. Contohnya gerak tari Saman, tari Kecak, tari Seringi.
Tari Saman Tari Kecak Tari Seringi
B. Pola Lantai
Saat melakukan tari kelompok, para penari membuat bentuk atau formasi tertentu yang disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari saat melakukan gerak tari. Pola lantai dapat dibentuk secara tunggal, berpasangan, atau berkemlompok. Terdapat dua pola garis dasar pada pola lantai, yaitu garis lurus dan lengkung. Pola garis lurus terdiri atas pola horizontal, vertical dan diagonal. Pola garis lurus dan lengkung ini masing-masing mengalami perkembangan. Pola garis lurus berkembang menjadi segi empat, segi lima, dan zig-zag. Sementara pola garis lengkung berkembang menjadi pola lingkaran, lengkung ke depan, lengkung ke belakang, dan angka delapan.
MUATAN PPKN
MAKNA PERSATUA DALAM PERBEDAAN (KD. 3.4 DAN 4.4)
Indonesia adalah bangsa dengan beragam suku bangsa, budaya, agama, serta keaddan ekonomi. Ada beberapa ccontoh perbedaan di lingkungan sekitar kita yaitu :
1. Di keluarga besar kita mungkin ada yang berasal dari suku yang berbeda dengan kita.
2. Di lingkungan kitamungkin ada tetangga yang berbeda budaya dnengan kita .
3. Di sekolahmu mungkin ada temanmu yang beragama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha.
Ada beberapa sikap yang diperlukan untuyk mencapai persatuan dalam perebedaan . Sikap-sikap tersebut antara lain :
1. Peduli
2. Mendahulukan kepentingan bersama
3. Toleransi kepada orang lain
Manfaat hudup rukun antara lain sebagau berikut :
1. Menciptakan kedamaian
2. Hidup menjadi aman, nyaman, dan tentram
3. Menghindari perselisihan
4. Dapat saling membantu ketika mengalami kesusahan
5. Mempererat persatuan dan kesatuan bangsa
MUATAN IPA (KD 3.3 DAN 4.3)
CARA TUMBUHAN MELINDUNGI DIRI
- Bunga bangkai: mengeluarkan bau menyengar.
- Kaktus: memiliki batang berduri.
- Mawar: memiliki batang berduri.
- Kamboja: mengeluarkan getah.
- Kelapa: memiliki cangkang keras untuk melindungi buah.
- Bambu: memiliki bulu halus di batang dan daun.
MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.4 DAN 4.4)
MENULISKAN INFORMASI PENTING SUATU TEKS DALAM BENTUK PETA PIKIRAN
Peta pikiran dapat dibuat dengan menggunakan kata Tanya. Berikut adalah kata Tanya beserta fungsinya yang dapat digunakan untuk membuat peta pikiran.
1. ApaKata tanya untuk menanyakan hal atau peristiwa yang terjadi.
2. SiapaKata tanya untuk menanyakan seseorang atau pelaku yang terlibat dalam suatu peristiwa.
3. KapanKata tanya untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa.
4. Di manaKata tanya untuk menanyakan tempat terjadinya suatu peristiwa.
5. MengapaKata tanya untuk menanyakan penyebab terjadinya suatu peristiwa.
6. BagaimanaKata tanya untuk menanyakan cara atau proses terjadinya suatu peristiwa.
TUGAS:
Pilihlah satu jenis tumbuhan untuk kamu amati terkait habitat dan cara melindungi diri! Pergunakan informasi yang kamu peroleh untuk menambah pengetahuanmu.
Tulis hasil temuanmu pada diagram frayer!
0 komentar:
Posting Komentar