Tema 3 Sub tema 1 Pembelajaran 4 dan 5

Materi ajar

Hari/ tanggal : Kamis / 19-9-2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 4&5

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
Siswa dapat menemukan kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
Siswa dapat menemukan makna kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
Siswa dapat menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumahmemahami perbadaan jenis kelamin di rumah
Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di rumah
Materi ajar
Bahasa Indonesia

Siswa membaca teks “Bermain Kucing-Kucingan” yang berisi aturan cara bermain kucing-kucingan yaitu dengan menggiring bola “Anak yang berperan menjadi kucing” dan mengenai temannya, apabila teman yang lain terkena bola tersebut maka, akan bergantian menjadi kucing.

Melengkapi titik-titik dengan kata yang tersedia berdasarkan teks yang telah siswa baca sebelumnya.
PKn

Selanjutnya, mendiskusikan dengan teman mengenai sikap kita terhadap teman atau saudara yang belainan jenis kelamin dan mengimplementasikan ke dalam sila kedua Pancasila.
Matematika

Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.

Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.


Hari/ tanggal : Jumat / 20 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 6

Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
3.3.2 menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan georafis di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga

SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 Memahami panjang pendek bunyi

Tujuan pembelajaran
Siswa mapu memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermatenemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai daftar harga
Siswa dapat mengurukan daftar harga
Siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi
Siswa mampu memainkan suara birama tiga










Materi ajar
Bahasa Indonesia

Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang padu. Gabungan kata-kata tersebut dapat disusun menjadi kalimat yang padu dengan mendahului kata yang digaris bawah misalnya, belanja-membantu-Siti-Ibu maka, dapat diawali dari kata Siti dan dilanjutkan kata membantu-Ibu-belanja sehingga, membentuk kalimat padu yaitu, Siti membantu Ibu belanja.

SBdP
 
Bernyanyi lagu yang berjudul “Desaku” yang diiringi irama buatan berbunyi Tek, Tong, Tuk, Prok.

0 komentar:

Posting Komentar