Tema 2 Sub tema 4 Pembelajaran 4 dan 5

MATERI AJAR

Kelas : II A
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda dalam permainan perosotan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya dengan disiplin.
2. Dengan mengerjakan latihan tentang pembagian siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
3. Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan kartu ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahan alami dengan disiplin.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya.
2. Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami.
3. Membuat karya hiasan dengan bahan alami.
4. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar bermain Perosotan
Gambar keberagaman benda pada permainan perosotan
Gambar 2 kartu ucapan selamat ulang tahun

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Apa yang sedang dilakukan Beni? Pernahkah kamu melakukan permainan yang dilakukan Beni dan kawan-kawannya?

Amatilah gambar di bawah! Ceritakanlah ciri-ciri benda tersebut!

SBdP
Pernahkah kamu membuat karya hiasan? Pernahkah kamu menggunakan bahan alami?
Perhatikan langkah-langkah berikut!
1. Sediakan alat dan bahan seperti: biji saga, kertas karton, lem, dan biji-bijian lain yang kamu butuhkan untuk variasi.
2. Buat pola yang kamu inginkan dengan pensil.
3. Tempelkan biji ke karton menggunakan lem.
4. Keringkan bila sudah selesai.
5. Selamat mencoba.
Matematika
  
Kamis, 5 September 2019
MATERI AJAR
Kelas : II A
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan cerita tentang teks pendek yang disampaikan guru, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan percaya diri.
2. Dengan mengamati gambar tentang peraturan di tempat wisata, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di tempat wisata dengan cermat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
2. Mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku Siswa Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
Gambar bermain estafet bola
Teks bacaan tentang permainan estafet bola
Gambar kegiatan yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di tempat wisata



Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia

PKn



Jumat, 6 September 2019
MATERI AJAR
Kelas : II A
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan diskusi kelompok kecil, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek dengan percaya diri.
2. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan dengan percaya diri.
3. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2. Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
3. Menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan.
5. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian.
6. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
Buku Paket Bahasa Indonesia, dan Matematika
Teks bacaan “Menunggangi Gajah”
Teks percakapan tentang manfaat mematuhi aturan menunggangi gajah
Gambar siswa bermain membeli tiket dengan antrean

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
 

PKn



Matematika

Perhatikan soal berikut.
Kerjakan dengan cermat!
Berikut adalah data banyak hewan yang akan di tempatkan di kandang yang berbeda. Bantulah
petugas kebun binatang untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!
1. 16 : 8 : 2 = ... : ... = ...
2. 45 : 3 : 5 = ... : ... = ...
3. 33 : 11 : 3 = ... : ... = ...
4. 42 : 3 : 7 = ... : ... = ...
5. 54 : 3 : 6 = ... : ... = ...
6. 56 : 4 : 7 = ... : ... = ...
7. 40 : 4 : 5 = ... : ... = ...
8. 72 : 9 : 4 = ... : ... = ...
9. 84 : 7 : 4 = ... : ... = ...
10. 90 : 5 : 6 = ... : ... = ...
      







Hj. SRI MARGIYANI, S.Pd
NIP. 196011031982032005

0 komentar:

Posting Komentar