Tema 3 Sub tema 1 Pembelajaran 6

Materi ajar

Hari/ tanggal : Jumat / 20 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 6

Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
3.3.2 menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan georafis di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga

SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 Memahami panjang pendek bunyi

Tujuan pembelajaran
Siswa mapu memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermatenemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai daftar harga
Siswa dapat mengurukan daftar harga
Siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi
Siswa mampu memainkan suara birama tiga










Materi ajar
Bahasa Indonesia

Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang padu. Gabungan kata-kata tersebut dapat disusun menjadi kalimat yang padu dengan mendahului kata yang digaris bawah misalnya, belanja-membantu-Siti-Ibu maka, dapat diawali dari kata Siti dan dilanjutkan kata membantu-Ibu-belanja sehingga, membentuk kalimat padu yaitu, Siti membantu Ibu belanja.

SBdP
 
Bernyanyi lagu yang berjudul “Desaku” yang diiringi irama buatan berbunyi Tek, Tong, Tuk, Prok.

Tema 3 Sub tema 1 Pembelajaran 4 dan 5

Materi ajar

Hari/ tanggal : Kamis / 19-9-2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 4&5

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
Siswa dapat menemukan kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
Siswa dapat menemukan makna kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
Siswa dapat menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumahmemahami perbadaan jenis kelamin di rumah
Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di rumah
Materi ajar
Bahasa Indonesia

Siswa membaca teks “Bermain Kucing-Kucingan” yang berisi aturan cara bermain kucing-kucingan yaitu dengan menggiring bola “Anak yang berperan menjadi kucing” dan mengenai temannya, apabila teman yang lain terkena bola tersebut maka, akan bergantian menjadi kucing.

Melengkapi titik-titik dengan kata yang tersedia berdasarkan teks yang telah siswa baca sebelumnya.
PKn

Selanjutnya, mendiskusikan dengan teman mengenai sikap kita terhadap teman atau saudara yang belainan jenis kelamin dan mengimplementasikan ke dalam sila kedua Pancasila.
Matematika

Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.

Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.


Hari/ tanggal : Jumat / 20 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 6

Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
3.3.2 menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan georafis di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga

SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 Memahami panjang pendek bunyi

Tujuan pembelajaran
Siswa mapu memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermatenemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai daftar harga
Siswa dapat mengurukan daftar harga
Siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi
Siswa mampu memainkan suara birama tiga










Materi ajar
Bahasa Indonesia

Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang padu. Gabungan kata-kata tersebut dapat disusun menjadi kalimat yang padu dengan mendahului kata yang digaris bawah misalnya, belanja-membantu-Siti-Ibu maka, dapat diawali dari kata Siti dan dilanjutkan kata membantu-Ibu-belanja sehingga, membentuk kalimat padu yaitu, Siti membantu Ibu belanja.

SBdP
 
Bernyanyi lagu yang berjudul “Desaku” yang diiringi irama buatan berbunyi Tek, Tong, Tuk, Prok.

Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 3

Hari/ tanggal : Rabu / 18 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/ 1(Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 3

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
3.3.2 Menemukan kosakataberkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Memahami perbedaan pekerjaan antar individu di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam

Tujuan pembelajaran
Siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
Siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonom di rumah
Siswa memahami perbedaan pekerjaan antarindividu di rumah
Siswa mengelompokkan individu di rumah berdasarkan pekerjaannya
Siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang logam
Siswa dapat membandingkan nilai pecahan uang logam
Siswa dapat mengurutkan nilai pecahan uang logam









Materi ajar
Bahasa Indonesia

Membaca teks “Berkumpul Bersama Keluarga” dan membuat kalimat menggunakan kata-kata yang terdapat pada teks, misalnya desa, petani, padi, menanam, sawah.


PKn

Siswa mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan membaca teks kegiatan keluarga Siti di pagi hari.

Setelah itu, siswa memasangkan masing-masing anggota keluarga siti sesuai kegiatannya yang telah siswa baca sebelumnya.

Matematika

Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.

Siswa memerhatikan harga-harga tiap barang yang Ibu dan Siti beli lalu, mencocokkan jenis barang dan mata uang yang digunakan untu membeli.

Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.

Tema 3 Sub tema 1 Pembelajaran 2

Hari/ tanggal : Selasa / 17 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/ 1(Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 2

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks
3.3.2 Menemukan kosakata
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Memahami perbedaan jenis kelamin di rumah
3.1.2 Mengelompokkan jenis kelamin di rumah

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat memahami isi teks
Siswa dapat menemukan kosakata
Siswa dapat menemukan makna kosakata
Siswa dapat memahami perbedaan jenis kelamin di rumah
Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di rumah
Siswa dapat menyampaikan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila di rumah

Materi ajar
Bahasa Indonesia
  
Siswa mengamati letak-letak rumah pada gambar lalu, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan letak rumah yang telah diamati.

Siswa mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan membaca teks kegiatan keluarga Siti di pagi hari.

Setelah itu, siswa memasangkan masing-masing anggota keluarga siti sesuai kegiatannya yang telah siswa baca sebelumnya.
PKn

Mengelompokkan jenis kelamin berdasarkan permainan yang dilakukan dan gambar yang disediakan.

Selanjutnya, mendiskusikan dengan teman mengenai sikap kita terhadap teman atau saudara yang belainan jenis kelamin dan mengimplementasikan ke dalam sila kedua Pancasila. 
Hari/ tanggal : Rabu / 18 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/ 1(Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 3

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
3.3.2 Menemukan kosakataberkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Memahami perbedaan pekerjaan antar individu di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam

Tujuan pembelajaran
Siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
Siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonom di rumah
Siswa memahami perbedaan pekerjaan antarindividu di rumah
Siswa mengelompokkan individu di rumah berdasarkan pekerjaannya
Siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang logam
Siswa dapat membandingkan nilai pecahan uang logam
Siswa dapat mengurutkan nilai pecahan uang logam









Materi ajar
Bahasa Indonesia

Membaca teks “Berkumpul Bersama Keluarga” dan membuat kalimat menggunakan kata-kata yang terdapat pada teks, misalnya desa, petani, padi, menanam, sawah.


PKn

Siswa mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan membaca teks kegiatan keluarga Siti di pagi hari.

Setelah itu, siswa memasangkan masing-masing anggota keluarga siti sesuai kegiatannya yang telah siswa baca sebelumnya.

Matematika

Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.

Siswa memerhatikan harga-harga tiap barang yang Ibu dan Siti beli lalu, mencocokkan jenis barang dan mata uang yang digunakan untu membeli.

Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.


Hari/ tanggal : Kamis / 19 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 4&5

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
Siswa dapat menemukan kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
Siswa dapat menemukan makna kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
Siswa dapat menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumahmemahami perbadaan jenis kelamin di rumah
Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di rumah
Materi ajar
Bahasa Indonesia

Siswa membaca teks “Bermain Kucing-Kucingan” yang berisi aturan cara bermain kucing-kucingan yaitu dengan menggiring bola “Anak yang berperan menjadi kucing” dan mengenai temannya, apabila teman yang lain terkena bola tersebut maka, akan bergantian menjadi kucing.

Melengkapi titik-titik dengan kata yang tersedia berdasarkan teks yang telah siswa baca sebelumnya.
PKn

Selanjutnya, mendiskusikan dengan teman mengenai sikap kita terhadap teman atau saudara yang belainan jenis kelamin dan mengimplementasikan ke dalam sila kedua Pancasila.
Matematika

Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.

Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.


Hari/ tanggal : Jumat / 20 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 6

Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
3.3.2 menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan georafis di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga

SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 Memahami panjang pendek bunyi

Tujuan pembelajaran
Siswa mapu memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermatenemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai daftar harga
Siswa dapat mengurukan daftar harga
Siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi
Siswa mampu memainkan suara birama tiga










Materi ajar
Bahasa Indonesia

Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang padu. Gabungan kata-kata tersebut dapat disusun menjadi kalimat yang padu dengan mendahului kata yang digaris bawah misalnya, belanja-membantu-Siti-Ibu maka, dapat diawali dari kata Siti dan dilanjutkan kata membantu-Ibu-belanja sehingga, membentuk kalimat padu yaitu, Siti membantu Ibu belanja.

SBdP
 
Bernyanyi lagu yang berjudul “Desaku” yang diiringi irama buatan berbunyi Tek, Tong, Tuk, Prok.

Tema 3 Sub tema 1 Pembelajaran 1

Hari/ tanggal : Senin / 16 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/ 1(Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 1

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
3.3.2 Memahami isi teks bacaan tentang lingkungan geografis di rumah dengan jujur.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri
3.5.2 Membandingkan pecahan uang secara cermat

SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 Memahami panjang pendek bunyi dengan symbol secara cermat
3.2.2 Memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan isi teks pendek berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri
Siswa dapat memahami isi teks bacaan tentang lingkungan geografis di rumah dengan jujur
Siswa dapat membaca teks tentang lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri
Siswa dapat membandingkan pecahan uang secara cermat
Siswa dapat mengurutkan pecahan uang secara cermat
Siswa dapat memahami panjang pendek bunyi dengan symbol secara cermat
Siswa dapat memahami kuat lemah buyi pada lagu secara cermat
Siswa dapat menyuarakan panjang pendek bunyi dengan percaya diri
Siswa dapat menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri






Materi ajar
Bahasa Indonesia

Mengenal letak rumah secara saksama berdasarkan gambar, mampu melatih cara berpikir kritis dilihat dari pemahaman siswa menentukan letak rumah di sebelah kiri, kanan dan depan suatu rumah acuan.

Sebagai contoh rumah Siti sebagai acuan. Siswa mampu dengan cermat letak kanan, kiri dan depan rumah tersebut.
Matematika

Mengenal pecahan nilai uang. Siswa mengenal uang yang sering mereka gunakan untuk membeli mainan atau suatu barang. Ditinjau dari segi aturan penulisan huruf dan angka secara benar bahwa, penulisan angka didahulu dengan mata uang Indonesia yaitu Rupiah (Rp) dan diakhiri tanda baca koma dan angka nol nol (,00) sedangkan penulisan hurufnya didahulu jumlah uang dan diakhiri mata uang.

Lalu, membandingkan manakan uang yang lebih besar dan lebih kecil nilainya.

Setelah, mengetahui manakah yang lebih kecil dan lebih besar nilainya antara uang yang satu dengan lainnya maka selanjutnya, siswa diberikan beberapa nilai uang dan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar dengan cara memberi nomor urutan pada kotak yang telah disediakan.

SBdP


Siswa mencoba melakukan kegiatan pada gambar untuk menghasilkan bunyi yang konstan, yaitu tek, tuk, tong dan prok

Hari/ tanggal : Selasa / 17 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/ 1(Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 2

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks
3.3.2 Menemukan kosakata
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Memahami perbedaan jenis kelamin di rumah
3.1.2 Mengelompokkan jenis kelamin di rumah

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat memahami isi teks
Siswa dapat menemukan kosakata
Siswa dapat menemukan makna kosakata
Siswa dapat memahami perbedaan jenis kelamin di rumah
Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di rumah
Siswa dapat menyampaikan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila di rumah

Materi ajar
Bahasa Indonesia
 
Siswa mengamati letak-letak rumah pada gambar lalu, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan letak rumah yang telah diamati.

Siswa mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan membaca teks kegiatan keluarga Siti di pagi hari.

Setelah itu, siswa memasangkan masing-masing anggota keluarga siti sesuai kegiatannya yang telah siswa baca sebelumnya.
PKn

Mengelompokkan jenis kelamin berdasarkan permainan yang dilakukan dan gambar yang disediakan.

Selanjutnya, mendiskusikan dengan teman mengenai sikap kita terhadap teman atau saudara yang belainan jenis kelamin dan mengimplementasikan ke dalam sila kedua Pancasila. 
Hari/ tanggal : Rabu / 18 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/ 1(Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 3

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
3.3.2 Menemukan kosakataberkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Memahami perbedaan pekerjaan antar individu di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam

Tujuan pembelajaran
Siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah
Siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonom di rumah
Siswa memahami perbedaan pekerjaan antarindividu di rumah
Siswa mengelompokkan individu di rumah berdasarkan pekerjaannya
Siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang logam
Siswa dapat membandingkan nilai pecahan uang logam
Siswa dapat mengurutkan nilai pecahan uang logam









Materi ajar
Bahasa Indonesia

Membaca teks “Berkumpul Bersama Keluarga” dan membuat kalimat menggunakan kata-kata yang terdapat pada teks, misalnya desa, petani, padi, menanam, sawah.


PKn

Siswa mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan membaca teks kegiatan keluarga Siti di pagi hari.

Setelah itu, siswa memasangkan masing-masing anggota keluarga siti sesuai kegiatannya yang telah siswa baca sebelumnya.

Matematika

Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.

Siswa memerhatikan harga-harga tiap barang yang Ibu dan Siti beli lalu, mencocokkan jenis barang dan mata uang yang digunakan untu membeli.

Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.


Hari/ tanggal : Kamis / 19 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 4&5

Bahasa Indonesia
3.2 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
3.3.2 Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 Menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 Menyebutkan nilai pecahan uang logam
3.5.2 Membandingkan nilai pecahan uang logam

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan
Siswa dapat menemukan kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
Siswa dapat menemukan makna kosakata berkaitan isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial
Siswa dapat menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumahmemahami perbadaan jenis kelamin di rumah
Siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di rumah
Materi ajar
Bahasa Indonesia

Siswa membaca teks “Bermain Kucing-Kucingan” yang berisi aturan cara bermain kucing-kucingan yaitu dengan menggiring bola “Anak yang berperan menjadi kucing” dan mengenai temannya, apabila teman yang lain terkena bola tersebut maka, akan bergantian menjadi kucing.

Melengkapi titik-titik dengan kata yang tersedia berdasarkan teks yang telah siswa baca sebelumnya.
PKn

Selanjutnya, mendiskusikan dengan teman mengenai sikap kita terhadap teman atau saudara yang belainan jenis kelamin dan mengimplementasikan ke dalam sila kedua Pancasila.
Matematika

Membandingkan pecahan mata uang kertas dan logamdan mengurutkannya dari yang terkecil ke terbesar berdasarkan perbandingan pecahan mata uang logam yang telah dipelajari di pembelajaran sebelumnya.

Setelah itu, menentukan manakah barang yang memiliki harga murah, mahal dan mengurutkan jenis barang dari termurah ke termahal berdasarkan nilai tukar uang yang digunakan.


Hari/ tanggal : Jumat / 20 September 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari)/1 (Tugasku Sehari-hari di Rumah)
Pembelajaran : 6

Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, social, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
3.3.2 menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan georafis di rumah

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
3.5.1 menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga

SBDP
3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 Memahami panjang pendek bunyi

Tujuan pembelajaran
Siswa mapu memahami isi teks lingkungan geografis di rumah
Siswa menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermatenemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah
Siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai daftar harga
Siswa dapat mengurukan daftar harga
Siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi
Siswa mampu memainkan suara birama tiga










Materi ajar
Bahasa Indonesia

Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang padu. Gabungan kata-kata tersebut dapat disusun menjadi kalimat yang padu dengan mendahului kata yang digaris bawah misalnya, belanja-membantu-Siti-Ibu maka, dapat diawali dari kata Siti dan dilanjutkan kata membantu-Ibu-belanja sehingga, membentuk kalimat padu yaitu, Siti membantu Ibu belanja.

SBdP
 
Bernyanyi lagu yang berjudul “Desaku” yang diiringi irama buatan berbunyi Tek, Tong, Tuk, Prok.

Tema 2 Pembelajaran 4 Sub tema 6

MATERI AJAR

Kelas : II A
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan diskusi kelompok kecil, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek dengan percaya diri.
2. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan dengan percaya diri.
3. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2. Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
3. Menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan.
5. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian.
6. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
Buku Paket Bahasa Indonesia, dan Matematika
Teks bacaan “Menunggangi Gajah”
Teks percakapan tentang manfaat mematuhi aturan menunggangi gajah
Gambar siswa bermain membeli tiket dengan antrean

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia


PKn



Matematika

Perhatikan soal berikut.
Kerjakan dengan cermat!
Berikut adalah data banyak hewan yang akan di tempatkan di kandang yang berbeda. Bantulah
petugas kebun binatang untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!
1. 16 : 8 : 2 = ... : ... = ...
2. 45 : 3 : 5 = ... : ... = ...
3. 33 : 11 : 3 = ... : ... = ...
4. 42 : 3 : 7 = ... : ... = ...
5. 54 : 3 : 6 = ... : ... = ...
6. 56 : 4 : 7 = ... : ... = ...
7. 40 : 4 : 5 = ... : ... = ...
8. 72 : 9 : 4 = ... : ... = ...
9. 84 : 7 : 4 = ... : ... = ...
10. 90 : 5 : 6 = ... : ... = ...
    





Tema 2 Sub tema 4 Pembelajaran 4 dan 5

MATERI AJAR

Kelas : II A
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda dalam permainan perosotan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya dengan disiplin.
2. Dengan mengerjakan latihan tentang pembagian siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
3. Dengan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan kartu ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahan alami dengan disiplin.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya.
2. Mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan alami.
3. Membuat karya hiasan dengan bahan alami.
4. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar bermain Perosotan
Gambar keberagaman benda pada permainan perosotan
Gambar 2 kartu ucapan selamat ulang tahun

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Apa yang sedang dilakukan Beni? Pernahkah kamu melakukan permainan yang dilakukan Beni dan kawan-kawannya?

Amatilah gambar di bawah! Ceritakanlah ciri-ciri benda tersebut!

SBdP
Pernahkah kamu membuat karya hiasan? Pernahkah kamu menggunakan bahan alami?
Perhatikan langkah-langkah berikut!
1. Sediakan alat dan bahan seperti: biji saga, kertas karton, lem, dan biji-bijian lain yang kamu butuhkan untuk variasi.
2. Buat pola yang kamu inginkan dengan pensil.
3. Tempelkan biji ke karton menggunakan lem.
4. Keringkan bila sudah selesai.
5. Selamat mencoba.
Matematika
  
Kamis, 5 September 2019
MATERI AJAR
Kelas : II A
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan cerita tentang teks pendek yang disampaikan guru, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan percaya diri.
2. Dengan mengamati gambar tentang peraturan di tempat wisata, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di tempat wisata dengan cermat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
2. Mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku Siswa Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
Gambar bermain estafet bola
Teks bacaan tentang permainan estafet bola
Gambar kegiatan yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di tempat wisata



Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia

PKn



Jumat, 6 September 2019
MATERI AJAR
Kelas : II A
Semester : I
Tema : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV / Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan diskusi kelompok kecil, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek dengan percaya diri.
2. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan dengan percaya diri.
3. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2. Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
3. Menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan.
5. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian.
6. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
Buku Paket Bahasa Indonesia, dan Matematika
Teks bacaan “Menunggangi Gajah”
Teks percakapan tentang manfaat mematuhi aturan menunggangi gajah
Gambar siswa bermain membeli tiket dengan antrean

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
 

PKn



Matematika

Perhatikan soal berikut.
Kerjakan dengan cermat!
Berikut adalah data banyak hewan yang akan di tempatkan di kandang yang berbeda. Bantulah
petugas kebun binatang untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!
1. 16 : 8 : 2 = ... : ... = ...
2. 45 : 3 : 5 = ... : ... = ...
3. 33 : 11 : 3 = ... : ... = ...
4. 42 : 3 : 7 = ... : ... = ...
5. 54 : 3 : 6 = ... : ... = ...
6. 56 : 4 : 7 = ... : ... = ...
7. 40 : 4 : 5 = ... : ... = ...
8. 72 : 9 : 4 = ... : ... = ...
9. 84 : 7 : 4 = ... : ... = ...
10. 90 : 5 : 6 = ... : ... = ...
      







Hj. SRI MARGIYANI, S.Pd
NIP. 196011031982032005