Selasa 21 Oktober 2025

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalal

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran:
Menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya (Anyaman)

A. Pengertian Anyaman

Anyaman adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menyilang-nyilangkan bahan secara teratur, sehingga membentuk pola dan memiliki nilai fungsi dan estetika.

C. Bahan yang Dapat Digunakan untuk Anyaman

  • Bahan alam: daun kelapa, daun pandan, bambu, rotan.

  • Bahan buatan: kertas, pita plastik, sedotan, tali rafia.

D. Jenis Teknik Anyaman

  1. Teknik Anyaman Searah: menyilang satu arah (misalnya horizontal saja).

  2. Teknik Anyaman Silang: menyilang dua arah (horizontal dan vertikal).

  3. Teknik Anyaman Diagonal: menyilang secara miring (sudut tertentu).

E. Langkah-langkah Membuat Anyaman Sederhana

  1. Menyiapkan bahan dan alat.

  2. Membuat pola dasar (misalnya garis lurus atau kotak).

  3. Memulai proses menyilang bahan (dari tengah atau dari ujung).

  4. Merapikan hasil anyaman (memastikan tarikan tidak longgar).

  5. Memotong dan menyusun akhir sesuai bentuk yang diinginkan.

F. Kosakata Kunci Seni Anyaman

Murid harus mengenal dan menggunakan kata-kata berikut dalam penilaian dan presentasi:

  • Anyaman

  • Jalur

  • Menyilang

  • Pola

  • Tarikan

  • Teknik

  • Bahan alami / sintetis

  • Rapi

  • Estetika

  • Fungsi

  • Konsistensi

  • Inovatif

  • Kombinasi warna

G. Contoh Penilaian dan Presentasi Karya

“Saya membuat karya anyaman dari kertas berwarna. Saya menggunakan teknik silang dengan pola kotak. Warna yang saya pilih adalah merah dan putih untuk membuat kontras. Saya rasa karya saya sudah cukup rapi, tapi di bagian sudut ada yang kurang kencang. Saya akan memperbaikinya lain kali agar lebih kuat dan estetik.”

H. Penilaian Karya Seni Anyaman

Murid belajar menilai karya berdasarkan:

  • Kerapian

  • Kekuatan

  • Kombinasi warna

  • Kreativitas bentuk dan pola

  • Fungsi karya (apakah bisa digunakan)




























































































Materi pembelajaran 

Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran:
Muriddapat Melaksanakan praktik musyawarah untuk membuat kesepakatan dan aturan bersama, serta menerapkannyadalam lingkungan masyarakat.

MATERI PEMBELAJARAN

Tema: Musyawarah dalam Kehidupan Sehari-hari

A. Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah proses berdiskusi bersama untuk mengambil keputusan secara mufakat (kesepakatan bersama). Musyawarah dilakukan dengan saling menghargai pendapat orang lain.

Ciri-ciri Musyawarah:

  • Dilakukan secara bersama-sama

  • Mengutamakan kepentingan umum

  • Dilakukan dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan

  • Setiap orang bebas menyampaikan pendapat

  • Menghasilkan keputusan bersama (mufakat)

B. Tujuan Musyawarah

  • Menyelesaikan masalah bersama

  • Mencari solusi terbaik

  • Mewujudkan kesepakatan yang adil

  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerja sama

C. Langkah-langkah Musyawarah

  1. Menentukan masalah yang akan dibahas

  2. Memberikan kesempatan kepada setiap anggota untuk menyampaikan pendapat

  3. Mendiskusikan pendapat-pendapat yang ada

  4. Menyimpulkan dan mengambil keputusan bersama

  5. Melaksanakan hasil keputusan

D. Contoh Musyawarah di Lingkungan Masyarakat

  • Menentukan jadwal ronda malam

  • Menyepakati kegiatan kerja bakti

  • Menentukan sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarangan

  • Membuat aturan penggunaan fasilitas umum

E. Menerapkan Hasil Musyawarah

Setelah kesepakatan dibuat, setiap anggota masyarakat harus:

  • Melaksanakan aturan yang disepakati bersama

  • Menghormati keputusan musyawarah

  • Saling mengingatkan dan mengawasi pelaksanaan aturan

0 komentar:

Posting Komentar