Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5

Kamis, 1 Agustus 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin šŸ¤².Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 


Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5

Muatan Materi : IPS, SBdP
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu menyebutkan potensi ekonomi negara anggota ASEAN
2. Peserta didik mampu membuat rancangan patung 

https://www.youtube.com/watch?v=oXnFnbkEXk8

Muatan IPS

Keberagaman potensi ekonomi disebabkan oleh kondisi geografis yang juga beragam. Misalnya mayoritas kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia bergerak dibidang pertanian dengan komoditas utama padi, kelapa sawit, tebu, kopi, kako, the, karet, dan tembakau. Dibidang perikanan, ikan cakalang, kepiting, udang, tuna, tongkol, dan rumput laut. Beberapa wilayah memiliki potensi bahan tambang minyak dan gas bumi, batu bara, tembaga, emas, dan perak.

                Brunei Darusalam juga kaya akan barang tambang, minyak bumi. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai penambang minyak bumi. Minyak bumi dan gas alam merupakan sumber pendapatan terbesar Brunei Darussalam.

                Malaysia mayoritas penduduknya sebagai petani, hasil utamanya karet, kelapa sawit, lada, the, padi dan kopra. Penduduk lain bekerja di bidang pertanian, perindustrian, dan perdagangan.

                Singapura lebih maju dengan kegiatan ekonominya bidang jasa, perindustrian, perhubungan, dan perbankan.

                Thailand dijuluki lumbung padi dunia. Devisa utama Thailand berasal dari kegiatan ekonomi. Selain itu kegiatan ekonominya kehutanan, pertambangan, dan industry.

                Filipina mayoritas penduduknya bertani, selain itu pertambangan dan perdagangan.

                Kamboja mayoritas penduduknya bertani di sepanjang sungai Mekong, dan danau Tonie Sap. Padi dan karet merupakan hasil pertanian terbesar di Kamboja.

                Laos juga bertani mayoritas penduduknya di sepanjang sungai Mekong, dan beternak.

                Vietnam dan Myanmar mayoritas penduduknya juga bertani

Muatan SBdP

Merancang Pembuatan Patung

Sebelum membuat patung, kita sebaiknya membuat rancangannya. Tujuan membuat rancangan terlebih dahulu adalah agar karya patung yang dibuat menjadi bagus dan sesuai dengan keinginan.

Ada beberapa tahap dalam membuat rancangan patung, yaitu sebagai berikut

1.    Membuat sketsa

Sketsa adalah gambar kasar yang bersifat sementara. Sketsa biasanya berupa goresan sederhana menggunakan pensil yang menggambarkan bentuk patung yang diinginkan. Dalam menggambar sketsa, tidak boleh terlalu banyak me

2.    Memilih alat dan bahan

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengetahui bahan-bahan untuk membuat patung. Ada bahan lunak dan bahan keras.

3.    Memilih teknik pembuatan

Setelah memilih bahan yang akan dipakai untuk membuat patung, tentukan pula teknik pembuatan yang akan digunakan. Teknik pembuatan menyesuaikan dengan bahan yang digunakan. Pengolahan bahan lunak dapat menggunakan teknik membutsir dan mencetak. Pengolahan bahan keras dapat menggunakan teknik memahat dan konstruksi.


0 komentar:

Posting Komentar