Tema 1 Subtema 1 PB 5

 Kamis, 25 Juli 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.
Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 1 Subtema 1 PB 5

Muatan Materi : IPS, Bahasa Indonesia 
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca teks peserta didik diharapkan dapat menjelaskan kondisi geografis negara-negara ASEAN
2. Setelah mengamati gambar peserta didik dapat menjelaskan cara pembuatan patung

Muatan SBdP 
Alat dan Bahan Pembuatan Karya Seni Patung
Berdasarkan bahannya pembuatan patung dikelompokkan menjadi bahan lunak dan bahan keras 




Muatan IPS
Pemanfaatan Kondisi Geografis di Asia Tenggara
Setiap negara di Asia Tenggara memiliki kondisi geografis yang beragam. Keberagaman kondisi geografis tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai aktivitas sebagai berikut.

1. Indonesia
Dataran rendah yang luas dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dan perkebunan yang menghasilkan padi, sayuran, dan karet. Potensi hutan Indonesia menghasilkan rotan dan kayu jati yang dimanfaatkan sebagai bahan mebel. ada pula getah yang dihasilkan dari pohon karet. Perairan dimanfaatkan ubtuk diambil hasil lautnya, seperti ikan rumput laut, dan garam. Pantai-pantai Indonesia dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata. Indonesia juga menyimpan banyak sumber daya alam misalnya hasil tambang. Hasil tambang seperti batu bara minyak bumi, dan gas alam dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.


2. Malaysia
Sebagian kondisi geografis Malaysia adalah hutan yang luas. Hasil hutan seperti kayu menjadi komoditas ekspor. Sepanjang pantai barat dari Perak hingga Negeri Sembilan dimanfaatkan sebagai lahan pertambangan, seperti kilang minyak di Kuala Trengganu dan timah di Perak. Malaysia juga memiliki perkebunan luas yang menghasilkan karet. Hal ini membuat Malaysia menjadi penghasil karet terbesar di dunia.

3. Singapura
Kondisi geografis Singapura menyebabkan negara tersebut tidak memiliki banyak sumber daya alam. Usaha pertanian dilakukan secara hidroponik.. Akan tetapi, beberapa wilayah dimanfaatkan sebagai lahan peternakan unggas.

4. Thailand
Kegiatan pertanian banyak dilakukan di seppanjang Sungai Chao Phraya. Hasil pertanian terbesar adalah padi.. Bahkan, Thailand dijuluki sebagai lumbung padi utama di Asia Tenggara. Selain hasil pertanian, ada pula hasil pertambangan, seperti timah, timbel, seng, dan mangan yang banyak dijumpai di Semenanjung Thailand. Sungai Mekong dan Chao Phraya,, Selat Malaka, dan Teluk Siam  dimanfaatkan penduduk untuk kegiatan penangkapan ikan.

5. Filipina
Masyarakat memanfaatkan dataran rendah







0 komentar:

Posting Komentar