Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran1 dan 2

Kamis, 27 Januari 2022



Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !

TEMA 7. KEPEMIMPINAN SUBTEMA 3. AYO, MEMIMPIN
PB 1 dan 2
Mata Pelajaran yang muncul PKn KD. 3.1 dan 4.1; SBdP KD.3.3 dan 4.3 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai
    persatuan dan kesatuan pada bacaan tentang kepemimpinan dengan teliti.

2. Melalui kegiatan mengamati, peserta didik mampu mengidentifikasi nilai-nilai keadilan dengan benar.

3. Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis patung dengan benar.

4. Dengan penugasan peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri patung, jenis patung serta bahan dan teknik pembuatan patung dengan benar.
 
 
 

 Apa bila kamu ingin menjadi seorang pemimpin,kamu harus tau siapa dirimu, apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal ini akan bermanfaat agar kamu tahu kemampuan apa yang harus kamu kembangkan . Kamu bisa belajar tentang kebutuhan dasar seorang pemimpin dari cerita pada buku kalian ya nak . 

Silahkan kalian buka buku Tema 7, Sub Tema 3 halaman 103 dan 104

Setelah kalian membaca cerita di atas, nilai-nilai baik apa saja yang bisa kamu teladani?

(tidak di tulis dibuku, dipahami saja)

Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin 
Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kclebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Sikap yang harus dimiliki pemimpin : 

·         1.Jujur dalam menjalankan kepemimpinnannya.

·         2.Mampu bersikap tegas jika ada anggotanya yang melakukan tindakan tidak disiplin

·        3. Bertanggung jawab terhadap kesejahteraan anggota yang dipimpinnya

·        4. Mampu bersikap tenang meskipun berada di bawah tekanan.

·         5.Mampu mengarahkan anggota untuk mencapai tujuan bersama.

·        6. Mau menerima kritik dan saran dari anggota yang dipimpinnya.

·        7. Mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari seningga menjadi teladan yang baik bagi anggotanya. 


 Penerapan Nilai-Nilai Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-hari
Gotong royong berarti masyarakat bekerja sama saling membantu untuk mencapai suatu tujuan tertentu demi kepentingan bersama. Gotong royong merupakan satu ciri Khas dari bangsa Indonesia, Masyarakat Indonesia terbiasa bergotong royong dalam menyelesaikan masalah.  Gotong royong yang dilandasi oleh rasa kekeluargaan ini sesuai dengan butir-butir Pancasila sila Kelima yang berbunyi "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".
 Berikut adalah contoh penerapan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari:

·         1.Bekerja bakti dalam membersihkan lingkungan sekitar.

·         2. Bersama-sama membangun pos ronda.

·         3. Bersama-sama menyiapkan acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

·         4. Bersama-sama membangun jembatan.

·        5.  Bersama-sama membersihkan lingkungan setelah tertimpa bencana.

 

MUATAN SBDP (KD 3.4 & 4

Muatan SBdP

Setelah mengetahui unsur-unsur dalam tari, mari simak video berikut lalu cermati keunikan unsur-unsur tari tersebut :


Memahami Seni Patung

Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut pematung. Tujuan penciptaannya adalah menghasilkan karya seni yang dapat bertahan lama. Fungsi dan tujuan pembuatan patung. yaitu patung religi, patung monumen, patung arsitektur, patung seni, patung kerajinan, dan patung dekorasi. Corak patung, terdiri atas imitatif (realitis/representatif), deformatif, dan konfiguratif. Ragam/jenis seni patung, terdiri atas dada, torso, dan lengkap.Bahan seni patung, terdiri atas lunak, sedang, dan keras. Patung bahan lunak: material yang digunakan empuk dan mudah dibentuk. Misalnya berupa tanah liat, bubur kertas, lilin, sabun batangan, dan plastisin. Patung berbahan lunak lebih mudah rusak jika tidak dijaga secara hati-hati.

 

UNTUK LEBIH MEMAHAMI MATERI DI ATAS, SILAHKAN TONTON VIDEO BERIKUT !

 

         
 
 
Setelah menyaksikan video di atas tentu kalian sudah memahami jenis-jenis pantung berdasarkan fungsinya, bahan untuk membuat patung, dan tekhnik - tekhnik dalam membuat patung .

TUGASMU 
 
Buatlah karya seni patung dengan menggunakan bahan

 

Muatan Bahasa Indonesia
Pada pertemuan sebelumnya, kalian telah mengetahui unsur-unsur di dalam teks pidato. Unsur-unsur tersebut yaitu :



Agar kalian lebih memahami mengenaik teks pidato yang baik. Buatlah teks pidato singkat sesuai dengan rancangan pidato yang sudah kalian buat sebelumnya! (Pelajarilah pidatomu, karena dipertemuan berikutnya akan praktik membaca pidato)

Notes : ibu telah sisipkan beberapa pertanyaan diatas, ibu tunggu jawaban kalian sampai pukul 14.00 WIB ya nak.

UNTUK LEBIH MEMAHAMI MATERI DI ATAS, SILAHKAN TONTON VIDEO BERIKUT !

 

         
 
 
Setelah menyaksikan video di atas tentu kalian sudah memahami jenis-jenis pantung berdasarkan fungsinya, bahan untuk membuat patung, dan tekhnik - tekhnik dalam membuat patung .

TUGASMU 
 
Buatlah karya seni patung dengan menggunakan bahan plastisin . ( Hasil karyamu dikumpul   sampai pukul 22.00 )


 

UNTUK LEBIH MEMAHAMI MATERI DI ATAS, SILAHKAN TONTON VIDEO BERIKUT !

 

         
 
 
Setelah menyaksikan video di atas tentu kalian sudah memahami jenis-jenis pantung berdasarkan fungsinya, bahan untuk membuat patung, dan tekhnik - tekhnik dalam membuat patung .

TUGASMU 
 
Buatlah karya seni patung dengan menggunakan bahan plastisin . ( Hasil karyamu dikumpul   sampai pukul 22.00 )

0 komentar:

Posting Komentar