Tema 7 Sub tema 2 Pembelajaran 1

TEMA 7 SUB TEMA 2 ( DI )

Hari/ tanggal : JUMAT/6 MARET 2020
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 7 (Kebersamaan)/ 2 (Kebersamaan di sekolah)
Pembelajaran : 1

KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.

Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 MenyajIkan pecahan1/2, 1/3, dan1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu
benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan dan mengamati gambar yang disajIkan, siswa mampu memahami isi dongeng dengan jujur.
2. Dengan menceritakan kembali dongeng, siswa dapat mengaitkan isi dongeng dengan hidup rukun dengan jujur.
3. Dengan kegiatan menceritakan kembali dongeng, siswa mampu menemukan isi dongeng dengan percaya diri.
4. Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat memahami pecahan merupakan bagian dari keseluruhan dengan tepat.
5. Dengan membuat kartu pecahan, siswa dapat menentukan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat dengan tepat.




Fabel  adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.

Dalam membuat pecahan, membagi gambar harus sama besar.

KERJAKAN DI RUMAH!
1. Rani di sekolah punya banyak teman, teman-temannya berasal dari berbagai daerah.
Walau berasal dari daerah yang berbeda, Rani dan teman-teman tetap harus ….
a. Bertengkar
b. Rukun
c. Berpisah
2. Hidup bersama teman di kelas dengan beragam perbedaan harus bisa saling ….
 Merendahkan
b. Membandingkan
c. Menghormati
3. Perbedaan di dalam kelas akan membuat suasana pertemanan semakin ….
a. Seru
b. Membosankan
c. Tidak aman

4. Sikap di bawah ini yang merupakan contoh kerukunan di kelas adalah ….
a. Menyontek pekerjaan teman
b. Menyapu lantai kelas bersama-sama
c. Berani bertanya pada guru
5. Jika semua siswa di kelas bisa menjaga kerukunan, maka kegiatan belajar dapat belajar dengan ….
a. Nyaman
b. Ramai
c. Sepi
6. Rendi suka membanding-bandingkan budaya temannya dan ia merasa lebih baik dari mereka
Sikap Rendi itu ….
a. Perlu dicontoh
b. Harus disemangati
c. Tidak pantas ditiru
7.
Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah dan Kunci Jawaban
Bagian yang berwarna hijau pada gambar di atas dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan yaitu ….
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
8.
Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah dan Kunci Jawaban
Bagian permen yang berwana biru pada gambar di atas dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan yaitu ….
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
9.
Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah dan Kunci Jawaban
Bagian yang berwarna merah yang bernilai seperempat adalah terdapat pada gambar …..
a. A
b. B
c. C
10.
Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah dan Kunci Jawaban
Bagian warna hijau pada gambar di atas yang bernilai sepedua adalah terdapat pada gambar …..
a. A
b. B
c. C

0 komentar:

Posting Komentar