Rabu, 19 Februari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VI / Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : III / Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola iramasederhana melalui lagu anakanak.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan penggunaan tanda titikpada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan danmenggunakan tanda baca dengan benar.
3. Dengan menyelesaikan persoalan tentang kebutuhan benda dengan berattertentu, siswa dapat menemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10ons, 1 ons = 100 gram).
4. Dengan menyelesaikan persoalan tentang kebutuhan benda denganberat tertentu, siswa dapat mengubah suatu ukuran berat menjadi satuantertentu.
5. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapatmengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karyaimajinatif dengan benar.6. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapatmengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif dari bahanalami untuk membuat karya patung imajinatif dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat membuatkarya imajinatif berdasarkan pengalaman dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Siswa membaca teks bacaan yang berjudul Model Plastisinku.
Siswa menggaris bawahi huruf capital dan tanda titik yang ia temukan dalam bacaan.
Siswa diminta untuk mencari kesalahan penulisan pada bacaan tersebut.
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema VI Merawat Hewan dan Tumbuhan
Buku Siswa Tema VI Merawat Hewan dan tumbuhan
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar