Tema
: 1 ( Hidup Rukun)
Subtema
: 3 ( Hidup Rukun di Sekolah)
Pembelajaran
: 4-6
Hari/ tanggal : Kamis-Jum’at /
1-2 Agustus 2019
Bahasa Indonesia
KD : 3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita
atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
PKn
KD : 3.1 Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda
Pancasila
SBdP
KD
: 3.3
Mengenal karya
imajinatif dua dan tiga dimensi
Matematika
KD : 3.2 menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
Tujuan :
Ø siswa dapat
menyebutkan isi
teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan hidup rukun melalui kegiatan
menyimak dengan benar
Ø siswa dapat melengkapi kalimat
perintah dengan kata yang tepat
Ø siswa dapat menunjukkan contoh
perilaku di sekolah yang sesuai sila-1 Pancasila
Ø siswa dapat menunjukkan contoh
perilaku di sekolah yang sesuai sila-2 Pancasila
Ø siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri karya
gambar imajinatif dengan tepat
Ø siswa dapat
mengidentifikasi alat
dan bahan, cara, langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat
Ø siswa dapat menyatakan kalimat matematika
yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar
Ø siswa dapat melakukan
penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan
tepat
Materi Ajar :
PKn
Sebagai
warga negara Indonesia harus berperilaku sesuai dengan pengamalan pancasila.
Contoh sikap yang sesuai dengan pancasila
Contoh sikap yang sesuai dengan pancasila
Sila
ke-1 :
1. Berdoa sebelum belajar dan Berdoa sebelum makan
2. Melaksanakan sholat lima waktu
3. Saling menghormati antar umat beragama
1. Berdoa sebelum belajar dan Berdoa sebelum makan
2. Melaksanakan sholat lima waktu
3. Saling menghormati antar umat beragama
Sila ke-2 :
1. Berbagi dengan teman
1. Berbagi dengan teman
2. Meminjamkan alat tulis kepada teman
3. Memberikan sumbangan kepada korban bencana alam
3. Memberikan sumbangan kepada korban bencana alam
Sila ke-3 :
1. Melakukan piket kelas bersama-sama
1. Melakukan piket kelas bersama-sama
2. Tidak memilih-milih teman
3. Melakukan upacara dengan tertib
Sila ke-4 :
1. Musyawarah
dalam memilih lagu
2. Menghargai
pendapat teman
3. Menerima
hasil musyawarah
Sila ke-5 :
1. Pembagian
tugas piket kelas
2. Pembagian
tugas upacara
3. Tidak pilih
kasih dengan teman
B.Indonesia
Kalimat perintah pada saat upacara, yang
diucapkan oleh pemimpin upacara.
Kalimat perintah saat upacara
Kepada sang merah putih hormat grak !
Kepada sang merah putih hormat grak !
Kepada
Pembina upacara hormat grak !
Melingkari kalimat
pada syair lagu yang menunjukkan perintah!
Lirik lagu - Sebelum Kita Makan
Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan dik
Untuk kesehatanmu
Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Makan jangan bersuara
Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Ayo makan bersama
Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan dik
Untuk kesehatanmu
Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Makan jangan bersuara
Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Ayo makan bersama
Matematika
Penjumlahan untuk soal cerita
Contoh : Udin mempunyai 235 butir kelereng,
kemudian membeli lagi 443 butir. Berapa banyak kelereng Udin ?
a) Cara bersusun panjang:
235 = 200 + 30 + 5
443 = 400 + 40 + 3
= 600 +70 + 8
= 678
235 = 200 + 30 + 5
443 = 400 + 40 + 3
= 600 +70 + 8
= 678
c) Cara bersusun pendek, langkahnya:
235
443 +
678
235
443 +
678
·
Satuan ditambah satuan, yaitu 5 + 3 = 8, tulis 5
·
Puluhan ditambah puluhan, yaitu 3 + 4 = 7, tulis 7
·
Ratusan ditambah ratusan, yaitu 2 + 4 = 6, tulis 6
·
Maka hasil penjumlahannya adalah 678
Jadi, jumlah kelereng Udin adalah 678 butir
Jadi, jumlah kelereng Udin adalah 678 butir
SBdP
Melengkapi dan mewarnai gambar imajinatif
Contoh
Gambar.1
Gambar .2
0 komentar:
Posting Komentar