Tema 3

Rabu, 16 Oktober 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Pada hari ini ananda akan melaksanakan PTS TEMA 3 DAN BDL. Bu Guru harap ananda semua mempelajari lagi materi-materi yang sudah Bu Guru berikan dengan teliti. 

Berikut jadwal PTS di bawah ini :


KISI-KISI TEMA 3 :

Disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menjelaskan manfaat diterapkannya sikap mendahulukan kepentingan bersama
Disajikan soal, Peserta didik mampu memberi contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan
Disajikan soal, Peserta didik mampu menentukan akibat bila tidak ada persatuan dan kesatuan
Disajikan soal, Peserta didik mampu menentukan sikap yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan
Disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menentukan yang bertanggung jawab menjaga persatuan dan kesatuan
Disajikanperibahasa, Peserta didik mampu menelaah makna peribahasa yang berkaitan dengan persatuan dan kesatuan
Disajikan soal, Peserta didik mampu memilih cara mempertahankan persatuan dan kesatuan.
Disajikan pernyataan,Peserta didik mengetahui semboyan negara Indonesia
Disajikan pernyataan, Peserta didik  membedakan penerapkan persatuan dan kesatuan di lingkungan, sekolah, rumah dan masyarakat 
Disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menguraikan manfaat kerja sama
Disajikan teks bacaan, Peserta didik mampu menentukan penggunaan kata tanya sesuai informasi pada teks 
Disajikan teks bacaan, Peserta didik mampu menyimpulkan informasi pada teks sesuai kata tanya yang tepat 
Disajikan teks bacaan, Peserta didik mampu menyimpulkan informasi pada teks 
Disajikan dalam bentuk soal, peserta didik mampu menjelaskan pengertian kalimat efektif

PTS Tema 2 dan

Senin, 14 Oktober 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Pada hari ini ananda akan melaksanakan PTS TEMA 2 DAN PAI. Bu Guru harap ananda semua mempelajari lagi materi-materi yang sudah Bu Guru berikan dengan teliti. 

Berikut jadwal PTS di bawah ini :


KISI-KISI TEMA 2 :

Disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menjelaskan manfaat diterapkannya sikap mendahulukan kepentingan bersama
Disajikan soal, Peserta didik mampu memberi contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan
Disajikan soal, Peserta didik mampu menentukan akibat bila tidak ada persatuan dan kesatuan
Disajikan soal, Peserta didik mampu menentukan sikap yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan
Disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menentukan yang bertanggung jawab menjaga persatuan dan kesatuan
Disajikanperibahasa, Peserta didik mampu menelaah makna peribahasa yang berkaitan dengan persatuan dan kesatuan
Disajikan soal, Peserta didik mampu memilih cara mempertahankan persatuan dan kesatuan.
Disajikan pernyataan,Peserta didik mengetahui semboyan negara Indonesia
Disajikan pernyataan, Peserta didik  membedakan penerapkan persatuan dan kesatuan di lingkungan, sekolah, rumah dan masyarakat 
Disajikan pernyataan, Peserta didik mampu menguraikan manfaat kerja sama
Disajikan teks bacaan, Peserta didik mampu menentukan penggunaan kata tanya sesuai informasi pada teks 
Disajikan teks bacaan, Peserta didik mampu menyimpulkan informasi pada teks sesuai kata tanya yang tepat 
Disajikan teks bacaan, Peserta didik mampu menyimpulkan informasi pada teks 
Disajikan dalam bentuk soal, peserta didik mampu menjelaskan pengertian kalimat efektif
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memberikan contoh kalimat efektif
Disajikan dalam bentuk kalimat, Peserta didik mampu menyimpulkan kalimat efektif 
Disajikan dalam bentuk kalimat, Peserta didik mampu menemukan kata tidak baku  
Disajikan teks bacaan, Peserta didik mampu menyimpulkan informasi pada teks sesuai kata tanya yang tepat 
Disajikan dalam bentuk kalimat, Peserta didik mampu menemukan kata tidak baku  
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memberikan contoh kata tidak baku
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu menganalisis fungsi ciri khusus mahluk hidup
Disajikan dalam bentuk gambar, Peserta didik mampu memilah ciri khusus mahluk hidup 
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu membedakan struktur gigi hewan sesuai perbedaan jenis makanan  
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memberikan contoh adaptasi tumbuhan untuk melindungi diri
Disajikan dalam bentuk soal, Peserta didik mampu memberikan contoh tumbuhan xerofit
Disajikan dalam bentuk gambar, Peserta didik mampu menganalisis fungsi ciri khusus pada tumbuhan
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memberikan contoh manfaat tumbuhan bagi manusia
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi ciri khusus tumbuhan untuk beradaptasi sesuai habitatnya
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu menentukan fungsi ciri khusus pada hewan untuk beradaptasi sesuai habitatnya
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu menguraikan ciri khusus tumbuhan 
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mengetahui tokoh yang menyusun proklamasi
Disajikan dalam bentuk soal, Peserta didik mampu memilah makna proklamasi bagi bangsa
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu menjelaskan negara pertama yang mengakui Indonesia merdeka
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memilah perjuangan yang bertujuan untuk mempertahankan kemerdekaan
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memilah perjuangan yang bertujuan untuk mempertahankan kemerdekaan
Disajikan dalam bentuk pernyataan, peserta didik mampu memberikan contoh kebebasan di bidang pendidikan setelah kemerdekaan
Disajikan dalam bentuk pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan tokoh yang mengetik proklamasi
Disajikan dalam bentuk pernyataan, peserta didik mampu menjelaskan peristiwa yang berkaitan dengan upaya mempertahankan kemerdekaan
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu menyebutkan tokoh penyusun teks proklamasi
Disajikan dalam bentuk pernyataan Peserta didik mampu menganalisis jenis gerak tari
Disajikan dalam bentuk soal, Peserta didik mampu mengetahui pengertian pola lantai
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memberikan contoh pengembangan pola lantai garis lengkung
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memberikan contoh tari tunggal
Disajikan dalam bentuk gambar, Peserta didik mampu membedakan pola lantai tari daerah
Disajikan dalam bentuk gambar, Peserta didik mampu menganalisis properti tari pada tarian daerah
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu menjelaskan tujuan pola lantai dalam gerak tari
Disajikan dalam bentuk pernyataan, Peserta didik mampu memberikan contoh penggunaan pola lantai tari daerah
Disajikan dalam bentuk pernyataan, peserta didik mampu menguraikan pengembangan pola lantai garis lurus dan lengkung

PTS Tema 1 dan PAI

Minggu, 13 Oktober 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Pada hari ini ananda akan melaksanakan PTS TEMA 1 DAN PAI. Bu Guru harap ananda semua mempelajari lagi materi-materi yang sudah Bu Guru berikan dengan teliti. 

Berikut jadwal PTS di bawah ini :


 Di bawah  kisi-kisi PTS TEMA 1 :

3.1.1Disajikan dalam bentuk teks. peserta didik mampu mengkategorikan yang termasuk dalam kegiatan masyarakat yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila sila kedua.
3.1.2Disajikan dalam bentuk teks. peserta didik mampu menentukan   pengamalan nilai-nilai Pancasila.yang termasuk sila pertama..
3.1.2Disajikan dalam bentuk tabel pilihan, peserta didik mampu mengurutkan pilihan jawaban yang benar tentang contoh pengamalan nilai pancasila sila kedua.
3.1.4Disajikan dalm bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan cerminan nilai Pancasila keempat.
3.1.5Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu mengidentifikasikan perbuatan yang tidak termasuk kedalam nilai-nilai Pancasila.
3.1.6Disajikan dalam bentuk gambar, peserta didik mampu menentukan maksud gambar yang yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
3,1.7Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentukan sikap yang tidak termasuk dlaam sila kedua Pancasila.
3.1.8Disajikan dalm bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan cara cinta tanah air yang sesuai dengan nilai -nilai pancasila.
3.1.9Disajikan dalm bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan cara cinta tanah air yang sesuai dengan nilai -nilai pancasila.
3.1.10peserta didik mampu menjelaskan bagaimana pentingnya pengamalan Sila Kelima Pancasila dalam kehihupan sehari-hari.

  
3.1.11Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentukan kalimat deduktif.
3.1.12Disajikan dalam bentuk teks bacaan, peserta didik mampu menentukan ide pokok dalam teks laporan.
3.1.13Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentukan ide pokok dalam paragraf.
3.1.14Disajikan dalam bentuk teks bacaan, peserta didik mampu menentukan ide pokok dalam paragraf.
3.1.15Disajikan dalam bentuk teks bacaan, peserta didik mampu menemukan pikiran pokok dalam paragraf.
3.1.16Disajikan dalam bentuk teks bacaan, peserta didik mampu menemukan pikiran pokok dalam paragraf.
3.1.17Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentukan inti sari dakam teks bacaan.
3.1.18peserta didik mampu menjawab isian tentang menyimpulkan teks bacaan.
3.1.19peserta didik mampu menjawab isian tentang paragraf deduktif
3.1.20Disajikan dalam bentuk teks bacaan, peserta didik mampu menemukan pikiran pokok dalam paragraf.
  
3.1.21Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentuka alat perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan.
3.1.22Disajikan dalam bentuk pilihan, peserta didik mampu mengurutkan pilihan jawaban yang benar tentang contoh perkembangbiakan secara vegetatif buatan .
3.1.23Disajikan dalam bentuk tabel pilihan, peserta didik mampu mengurutkan pilihan jawaban yang benar tentang perkenbangbiakan hewan secara vivipar .
3.1.24Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan tentang perkembangbiakn hewan secara ovivar.
3.1.25Disajikan dalam bentuk tabel pilihan, peserta didik mampu mengurutkan pilihan jawaban yang benar tentang cara pelestarian hewan  .
3.1.26Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentukan perkembangbiakn tumbuhan secara merunduk.
3.1.27Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan tentang penyerbukan pada tumbuhan.
3.1.28Disajikan dalam bentuk gambar, peserta didik mampu menjawab perkembangbiakan tumbuhan.
3.1.29Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan tentang penyerbukan pada tumbuhan.
3.1.30Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjawab perkembangbiakn secara mencangkok.
  
3.1.31Disajikan dalam bentuk teks peserta didik mampu menjelaskan kapan berdirinya ASEAN.
3.1.32Disajikan dalam bentuk teks peserta didik mampu menjelaskan tujuan berdirinya ASEAN.
3.1.33Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentukan hasil tambang negara Malaysia.
3.1.34Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentukan hasil tambang negara Thailand.
3.1.35Disajikan dalam bentuk gambar, peserta didik mampu menentukan lambang bendera salah satu negara ASEAN .
3.1.36Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskanSecara geografis wilayah Asia Tenggara diapit oleh dua samudra  .
3.1.37Disajikan dalam bentuk pilihan, peserta didik mampu mengurutkan pilihan tentang pendiri negara ASEAN. .
3.1.38Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan mata pencaharian negara-negara ASEAN.
3.1.39Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menentukan hasil tambang negara Brunai Dausalam.
3.1.40Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan tentang latar belakang berdirinya ASEAN.
  
3.1.41Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan  karya tiga dimensi.
3.1.42Disajikan dalam bentuk tabel pilihan, peserta didik mampu mengurutkan pilihan jawaban yang benar tentang membuat patung.
3.1.43Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu mennetukan macam-macam patung.
3.1.44Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan cara membuat patung
3.1.45Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan cara membuat patung
3.1.46Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan cara membuat patung
3.1.47Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan cara membuat patung
3.1.48Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu mennetukan macam-macam patung.
3.1.49Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan  karya tiga dimensi.
3.1.50Disajikan dalam bentuk teks, peserta didik mampu menjelaskan fungsi patung.

PTS TIK dan BAHASA ARAB

Jum'at, 11 Oktober 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Pada hari ini ananda akan melaksanakan PTS TIK DAN BAHASA ARAB. Bu Guru harap ananda semua mempelajari lagi materi-materi yang sudah Bu Guru berikan dengan teliti. 

Berikut jadwal PTS di bawah ini :


Pesan bu guru para ananda jangan lupa untuk belajar di rumah, catatan dari bu guru dihapalin dan materi yang ada di buku paket.Dan jangan lupa,selalu berdoa agar dimudahkan dlam menjawan soal ujian.


Tema 4 Subtema 1 PB 2

Kamis, 10 Oktober 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 4 (GLOBALISASI)
 Subtema 2
(GLOBALISASI dan MANFAATNYA)

Pembelajaran 2


Tujuan Pembelajaran : 

 1. Peserta didik mampu mengidentifikasi usaha yang dilakukan dalam keberagaman kegiatan ekonomi
 2. Peserta didik mampu menyebutkan syarat poster yang baik

Metode Pembelajaran :  Diskusi

Media / Alat peraga : Gambar 

Sumber Belajar : Buku BUPENA jilid 6B


Pada Pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari Cara menghemat energi listrik, dan sekarang kita akan mempelajari usaha yang dilakukan dalam keberagaman kegiatan ekonomi dan syarat poster yang baik

PENDALAMAN MATERI PPKn

Usaha yang dilakukan dalam keberagaman kegiatan ekonomi


Keberagaman kegiatan ekonomi dapat disebabkan oleh potensi dan semangat kerja keras yang dimiliki oleh para pelakunya setiap orang memiliki potensi potensi harus terus-menerus diasah Dengan rajin berlatih dan tidak mudah putus asa potensi yang senantiasa diasah akan menciptakan sebuah keahlian yang bermanfaat bagi pelaku dan masyarakat sekitar semangat kerjasama keras diperlukan untuk mengolah potensi yang dimiliki dengan demikian kegiatan itu dapat menciptakan kegiatan ekonomi yang maju sebagai contoh orang yang memiliki potensi merancang pakaian akan terus mengasah potensinya Dengan rajin berlatih membuat model pakaian.

Iya juga tak mengenal putus asa jika mengalami kegagalan ia akan senantiasa bekerja keras dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya potensi yang terus diasah akan membuat orang tersebut sukses berkat kerja kerasnya kebutuhan masyarakat terhadap pakaian pun terpenuhi hal ini menunjukkan bahwa potensi dan kerja keras penting untuk dilakukan agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

PENDALAMAN MATERI SBdP


Syarat poster yang baik 

Setelah membahas mengenai ciri-ciri poster berikut adalah ulasan mengenai syarat sebuah poster yang baik 

1. Tulisan yang ada di dalam poster harus jelas dan mudah terbaca oleh pembaca 

2. Bahasa yang digunakan di dalam poster mudah dipahami dan diingat pembaca 

3. Susunan kalimat dalam poster harus singkat padat dan jelas tanpa mengurangi isi poster yang mau disampaikan 

4. Poster dilengkapi dengan gambar seperti foto atau ilustrasi yang menarik 

5. Pemilihan warna tulisan dengan warna dasar poster harus tepat jangan sampai warna bertabrakan sehingga tulisan sulit untuk dibaca 

6. Bahan poster yang digunakan tidak mudah rusak atau sobek misalnya kertas karton 

7. Ukuran poster disesuaikan dengan tempat pemasangan poster yang ada di tempat umum


Tema 4 Subtema 2 PB 1

Rabu, 09 Oktober 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 4 (GLOBALISASI)
 Subtema 2
(GLOBALISASI dan MANFAATNYA)

Pembelajaran 1


Tujuan Pembelajaran : 

 1. Peserta didik mampu menemukan informasi penting dari teks
 2. Peserta didik mampu mengidentifikasi kerjasama ASEAN dalam bidang politik

Metode Pembelajaran : Demonstrasi 

Media / Alat peraga : Gambar video pembelajaran

Sumber Belajar : Buku BUPENA jilid 6B


Pada Pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari materi Penyaluran dan Distribusi listrik hari ini kita akan mempelajari kembali terkait Kerja sama Anggota ASEAN 

PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Menemukan informasi penting dari teks yang dibacakan 

Informasi penting dapat ditemukan dari teks yang kita dengar perhatikan langkah-langkah menemukan informasi penting dari teks yang dibacakan berikut 

1. Dengarkanlah teks yang dibacakan dengan sungguh-sungguh 

2. Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dalam bentuk poin-poin 

3. Kembangkanlah poin-poin tersebut menjadi kalimat yang utuh 

4. Rangkailah kalimat tersebut hingga menjadi paragraf baru 

5. Sampaikan secara lisan kepada teman-temanmu

PENDALAMAN MATERI IPS

Kerjasama anggota ASEAN dalam bidang politik 

Setiap negara anggota ASEAN memiliki sistem pemerintahan dan kehidupan politik yang berbeda akan tetapi perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk menjalin kerjasama di bidang politik ASEAN memiliki banyak pilar kerjasama salah satunya bidang politik yaitu ASEAN political security community atau APSC.

Bentuk kerjasama antar negara anggota ASEAN di bidang politik adalah sebagai berikut 

1. Meningkatkan pemerintahan yang baik dengan memajukan prinsip-prinsip demokrasi 

2. Membantu penyelesaian konflik antar anggota ASEAN secara damai

3. Memperagakan persatuan dan kesatuan antar negara anggota ASEAN 

4. Menjalin hubungan dengan negara-negara di luar Asia tenggara 

5. Mencari kerjasama di bidang maritim ASEAN

PENDALAMAN MATERI IPA

Cara menghemat energi listrik 

 ini kebutuhan manusia terhadap listrik semakin meningkat. Setiap orang berhak menggunakan listrik. Oleh karena itu setiap orang juga memiliki kewajiban dalam memanfaatkan listrik secara bijak. Mulailah dengan hal-hal kecil yang dapat kamu lakukan di rumah berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat energi listrik

     Membatasi waktu menonton televisi

       Mematikan kipas angin atau pendingin ruangan ketika udara sedang sejuk

 
                   SELAMAT BELAJAR


Refleksi/Kesimpulan : Alhamdulillah untuk kegiatan pembelajaran hari ini seluruh siswa dapat memahami materi dengan baik

Tema 4 Subtema 1 PB 5dan6

Selasa, 08 Oktober 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 4 (GLOBALISASI)
 Subtema 1
(GLOBALISASI di SEKITARKU)

Pembelajaran 5dan7


Tujuan Pembelajaran : 

 1. Peserta didik mampu mengidentifikasi kerjasama anggota ASEAN dalam bidang budaya
 2. Peserta didik mampu menceritakan manfaat kegiatan ekonomi bagi masyarakat 

Metode Pembelajaran : Diskusi

Media / Alat peraga : Gambar video embelajaran

Sumber Belajar : Buku BUPENA jilid 6B


Pada Pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari materi Penyaluran dan Distribusi listrik hari ini kita akan mempelajari kembali terkait Kerja sama Anggota ASEAN 

PENDALAMAN MATERI IPS 
Kerjasama negara anggota ASEAN dalam bidang budaya 

Setiap negara memiliki kebudayaan masing-masing kebudayaan tersebut menjadi ciri khas suatu negara yang membedakannya dengan negara lain bentuk kerjasama dalam bidang budaya adalah sebagai berikut

1. Meningkatkan jumlah tenaga ahli yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi 
2. Memberikan bantuan untuk meningkatkan kemampuan para ahli dalam mengembangkan sebuah penemuan yang bermanfaat untuk negara-negara di ASEAN 
3. Kerjasama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar memiliki daya saing dunia 
4. Melakukan pertukaran pelajar antar negara ASEAN 
5. Pengenalan budaya khas masing-masing negara dalam rangka meningkatkan solidaritas masyarakat ASEAN 

Pendalaman materi sbdp 
Cara membuat poster 

Salah satu bentuk reklame adalah poster poster banyak dijumpai di jalan umum poster adalah ajakan atau imbuhan kepada masyarakat untuk melawan sesuatu yang dibuat pada kertas berukuran besar dan biasanya disertai dengan gambar agar lebih menarik dan mudah diingat 

Macam-macam poster adalah sebagai berikut 
Poster niaga untuk mempromosikan suatu barang 
Poster pendidikan untuk menyampaikan pesan yang berkaitan dengan pendidikan 
Poster kegiatan untuk menyampaikan informasi tentang suatu kegiatan 
Poster layanan masyarakat untuk menyampaikan informasi atau himbauan kepada masyarakat 

Ciri-ciri poster adalah sebagai berikut 
Memiliki ukuran tertentu agar mudah dicerna 
Tulisan di dalam poster berukuran besar dan mencolok sehingga pembaca langsung tertuju pada tulisan tersebut 
Mengandung pemberitahuan imbauan atau pengumuman 
Poster biasanya dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi agar lebih menarik 

Langkah-langkah membuat poster adalah sebagai berikut 
Tentukan topik dan tujuan dibuat poster 
Buatlah kalimat yang singkat dan jelas 
gunakan gambar dengan warna-warna yang mencolok agar lebih menarik 
Tempelkan poster di tempat yang terlihat dan banyak dilalui orang