Hari/ tanggal : Selasa / 14 Januari 2020
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 5 (Pengalamanku)/ 2(Pengalamanku di Sekolah)
Pembelajaran : 2
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemjemukan masyarakat Indonesia.
3.6.1 menemukan contoh ungkapan minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia dengan tepat
3.6.2 Menjelaskan makna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapan menggunakan bahasa sendiri dengan benar
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
3.1.1 menunjukkan contoh sila Pancasila di seekolah
3.1.2 menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menemukan contoh ungkapan minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan tepat
Siswa dapat menjelaskan mkna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapan menggunkan bahasa sendiri dengan benar
Siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik
Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat
Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di sekolah dengan benar
Materi ajar
Tema 5 Sub tema 2 Pembelajaran 1
Diposting oleh
NITA
on Senin, 13 Januari 2020
/
Comments: (0)
Hari/ tanggal : Senin / 13 Januari 2020
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 5 (Pengalamanku)/ 2(Pengalamanku di Sekolah)
Pembelajaran : 1
Bahasa Indonesia
3.5 mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
3.5.1 mengamati teks puisi “Kunang-Kunang”
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.6.1 mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan benar.
PPKN
3.1 mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
Siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan dengan baik
Siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan dengan benar.
Siswa dapat melihat kunang-kunang dengan baik
Siswa dapat menentukan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan tepat
Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di sekolah dengan baik
Siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan dengan benar
Siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (Cm, m) dengan tepat.
Materi ajar
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 5 (Pengalamanku)/ 2(Pengalamanku di Sekolah)
Pembelajaran : 1
Bahasa Indonesia
3.5 mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan
3.5.1 mengamati teks puisi “Kunang-Kunang”
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.6.1 mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan benar.
PPKN
3.1 mengidentifikasi hubungan antara symbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”
Tujuan pembelajaran
Siswa dapat membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
Siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan dengan baik
Siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan dengan benar.
Siswa dapat melihat kunang-kunang dengan baik
Siswa dapat menentukan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan tepat
Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di sekolah dengan baik
Siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan dengan benar
Siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (Cm, m) dengan tepat.
Materi ajar
Tema 5 Sub tema 1 Pembelajaran 6
Diposting oleh
NITA
on Jumat, 10 Januari 2020
/
Comments: (0)
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila
Matematika
3.4 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati balon percakapan, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan tepat.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di rumah dengan baik.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut yang diperdengarkan dengan benar.
Dengan menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut dengan tepat.
Dengan menyanyikan lagu Tik Tik Tik Bunyi Hujan, siswa dapat membaca indah puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan oleh teman, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan benar.
Dengan membaca puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.
Dengan memperhatikan teks pada balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
Dengan mengamati beberapa gambar tentang benda di sekitar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengamati gambar Beni bersama sepupunya mengintip di jendela (mengamati).
Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).
Ayo Berlatih
Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).
Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).
Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).
Siswa mengamati gambar sepupu Beni menjelaskan contoh sikap sila ketiga Pancasila (mengamati).
Siswa membaca teks yang terdapat dalam balon percakapan
(mengamati).
Siswa menentukan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila seperti dalam balon percakapan (menalar).
Siswa bertanya jawab tentang sikap lain yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (menanya).
Ayo Mencoba
Siswa mengamati beberapa pilihan gambar tentang contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mengamati).
Siswa memilih sikap yang sesuai dengan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mencoba).
Siswa memberikan tanda centang () untuk gambar sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mencoba).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Sepupu Beni datang dari kampung.
Beni senang dikunjungi saudaranya.
Beni dan sepupunya saling berkunjung. Beni selalu
menjaga kerukunan antarkeluarga. Sikap ini contoh
perilaku sesuai sila ketiga Pancasila.
Amati gambar tersebut?
Buatlah pertanyaan sesuai gambar!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Sepupu Beni membaca puisi. Puisi tentang Hujan.
Dengarkan dengan seksama!
Hujan
Hujan, Hujan di mana-mana,
di jalan di halaman semua basah,
hujan, hujan tak henti henti,
hujan hujan lebat sekali.
Hujan, Hujan bukan kepalang
di sana dan di sini air tergenang,
hujan hujan belum berhenti,
hujan hujan sepanjang hari
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila
Matematika
3.4 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati balon percakapan, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan tepat.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di rumah dengan baik.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut yang diperdengarkan dengan benar.
Dengan menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut dengan tepat.
Dengan menyanyikan lagu Tik Tik Tik Bunyi Hujan, siswa dapat membaca indah puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan oleh teman, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan benar.
Dengan membaca puisi Tik Tik Tik Bunyi Hujan, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.
Dengan memperhatikan teks pada balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
Dengan mengamati beberapa gambar tentang benda di sekitar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengamati gambar Beni bersama sepupunya mengintip di jendela (mengamati).
Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).
Ayo Berlatih
Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).
Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).
Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).
Siswa mengamati gambar sepupu Beni menjelaskan contoh sikap sila ketiga Pancasila (mengamati).
Siswa membaca teks yang terdapat dalam balon percakapan
(mengamati).
Siswa menentukan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila seperti dalam balon percakapan (menalar).
Siswa bertanya jawab tentang sikap lain yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (menanya).
Ayo Mencoba
Siswa mengamati beberapa pilihan gambar tentang contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mengamati).
Siswa memilih sikap yang sesuai dengan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mencoba).
Siswa memberikan tanda centang () untuk gambar sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mencoba).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Sepupu Beni datang dari kampung.
Beni senang dikunjungi saudaranya.
Beni dan sepupunya saling berkunjung. Beni selalu
menjaga kerukunan antarkeluarga. Sikap ini contoh
perilaku sesuai sila ketiga Pancasila.
Amati gambar tersebut?
Buatlah pertanyaan sesuai gambar!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Sepupu Beni membaca puisi. Puisi tentang Hujan.
Dengarkan dengan seksama!
Hujan
Hujan, Hujan di mana-mana,
di jalan di halaman semua basah,
hujan, hujan tak henti henti,
hujan hujan lebat sekali.
Hujan, Hujan bukan kepalang
di sana dan di sini air tergenang,
hujan hujan belum berhenti,
hujan hujan sepanjang hari
Tema 5 Sub tema 1 Pembelajaran 4 dan 5
Diposting oleh
NITA
on Kamis, 09 Januari 2020
/
Comments: (0)
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola iramasederhana melalui lagu anakanak.
Tujuan Pembelajaran
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat membedakan bentuk puisi dengan yang bukan puisi tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan tepat.
Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu Lihat Kebunku dengan benar.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat membaca indah puisi anak berjudul " Taman Bungaku" tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi oleh temannya, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan mengamati gambar beserta balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
Dengan mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan perkakas di bengkel, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengamati gambar Beni membaca puisi tanpa menggunakan teks
(mengamati).
Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan kakaknya
(mengamati).
Siswa membaca teks pada balon percakapan yang membahas tentang
perbedaan antara puisi dengan yang bukan puisi (mengamati).
Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
Siswa diarahkan untuk mendengarkan pembacaan puisi (mengamati).
Ayo Berdiskusi
Siswa mendiskusikan isi teks puisi (mengomunikasikan).
Siswa berdiskusi dengan menentukan makna kata (mengomunikasikan).
Siswa berdiskusi tentang menemukan kata yang belum dipahami
(mengomunikasikan).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Apakah kamu mendengarkan gurumu berpuisi?
Pahami kata-kata dalam puisi. Sebutkan kata-kata
yang belum diketahui artinya.
Diskusikan kata-kata berikut bersama temanmu!
Tuliskan maknanya.
Baca lagi puisi di atas!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa isi taman bungaku dalam puisi?
Jawab: ................................................................
2. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut!
Jawab: ................................................................
3. Bagaimana bila taman tidak dirawat?
Jawab: ................................................................
4. Bagaimana cara merawat taman?
Jawab: ................................................................
5. Cobalah buat puisi sesuai kemampuanmu!
Jawab: ................................................................
Kamis, 9 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila
Tujuan Pembelajaran
Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
Dengan mengamati teks Burung Kutilang, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
Dengan mendengarkan temannya membaca indah puisi anak tentang alam, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan tepat.
Dengan mengamati gambar Beni bergantungan, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas dengan baik.
Dengan mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Dengan mengamati gambar beberapa pilihan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.
Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah dengan baik.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mendengarkan guru membacakan puisi berjudul Burung Kutilang
(mengamati). Guru dapat menyajikan puisi dengan mempertontonkan
video pembacaan puisi atau menggunakan media audio pembacaan puisi.
Siswa bertanya jawab tentang cara membaca puisi (menanya).
Ayo Berlatih
Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).
Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).
Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).
Ayo Berdiskusi
Siswa menentukan makna kata yang terdapat di dalam teks puisi yangdidengarnya (menalar).
Siswa berdiskusi bersama temannya (mengomunikasikan).
Siswa menulis hasil diskusinya di dalam kolom yang sudah disediakan(mencoba).
Siswa mencari kata di dalam kotak sesuai dengan kata di dalam isi puisi(mencoba).
Siswa melakukannya secara berkelompok (mencoba).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi
tentang Burung Kutilang.
Dengarkan dengan penuh konsentrasi!
Burung Kutilang
Di pucuk pohon cemara
Burung kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari
Dengan tak jemu-jemu
Mengangguk-angguk sambil berseru
Tri-li-li li-li li-li li-li
Sambil berloncat-loncatan
Paruhnya selalu terbuka
Digeleng-gelengkan kepalanya
Menentang langit biru
Tandanya suka ia berseru
Tri-li-li li-li li-li li-li
Kamu telah mendengarkan puisi yang dibacakan
gurumu.
Buatlah pertanyaan tentang puisi tersebut!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.
Kerjakan pada kolom berikut!
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola iramasederhana melalui lagu anakanak.
Tujuan Pembelajaran
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat membedakan bentuk puisi dengan yang bukan puisi tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan tepat.
Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu Lihat Kebunku dengan benar.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat membaca indah puisi anak berjudul " Taman Bungaku" tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi oleh temannya, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan mengamati gambar beserta balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
Dengan mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan perkakas di bengkel, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengamati gambar Beni membaca puisi tanpa menggunakan teks
(mengamati).
Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan kakaknya
(mengamati).
Siswa membaca teks pada balon percakapan yang membahas tentang
perbedaan antara puisi dengan yang bukan puisi (mengamati).
Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
Siswa diarahkan untuk mendengarkan pembacaan puisi (mengamati).
Ayo Berdiskusi
Siswa mendiskusikan isi teks puisi (mengomunikasikan).
Siswa berdiskusi dengan menentukan makna kata (mengomunikasikan).
Siswa berdiskusi tentang menemukan kata yang belum dipahami
(mengomunikasikan).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Apakah kamu mendengarkan gurumu berpuisi?
Pahami kata-kata dalam puisi. Sebutkan kata-kata
yang belum diketahui artinya.
Diskusikan kata-kata berikut bersama temanmu!
Tuliskan maknanya.
Baca lagi puisi di atas!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa isi taman bungaku dalam puisi?
Jawab: ................................................................
2. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut!
Jawab: ................................................................
3. Bagaimana bila taman tidak dirawat?
Jawab: ................................................................
4. Bagaimana cara merawat taman?
Jawab: ................................................................
5. Cobalah buat puisi sesuai kemampuanmu!
Jawab: ................................................................
Kamis, 9 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila
Tujuan Pembelajaran
Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
Dengan mengamati teks Burung Kutilang, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
Dengan mendengarkan temannya membaca indah puisi anak tentang alam, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan tepat.
Dengan mengamati gambar Beni bergantungan, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas dengan baik.
Dengan mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Dengan mengamati gambar beberapa pilihan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.
Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah dengan baik.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mendengarkan guru membacakan puisi berjudul Burung Kutilang
(mengamati). Guru dapat menyajikan puisi dengan mempertontonkan
video pembacaan puisi atau menggunakan media audio pembacaan puisi.
Siswa bertanya jawab tentang cara membaca puisi (menanya).
Ayo Berlatih
Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).
Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).
Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).
Ayo Berdiskusi
Siswa menentukan makna kata yang terdapat di dalam teks puisi yangdidengarnya (menalar).
Siswa berdiskusi bersama temannya (mengomunikasikan).
Siswa menulis hasil diskusinya di dalam kolom yang sudah disediakan(mencoba).
Siswa mencari kata di dalam kotak sesuai dengan kata di dalam isi puisi(mencoba).
Siswa melakukannya secara berkelompok (mencoba).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi
tentang Burung Kutilang.
Dengarkan dengan penuh konsentrasi!
Burung Kutilang
Di pucuk pohon cemara
Burung kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari
Dengan tak jemu-jemu
Mengangguk-angguk sambil berseru
Tri-li-li li-li li-li li-li
Sambil berloncat-loncatan
Paruhnya selalu terbuka
Digeleng-gelengkan kepalanya
Menentang langit biru
Tandanya suka ia berseru
Tri-li-li li-li li-li li-li
Kamu telah mendengarkan puisi yang dibacakan
gurumu.
Buatlah pertanyaan tentang puisi tersebut!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.
Kerjakan pada kolom berikut!
Tema 5 Sub tema 1 Pembelajaran 3
Diposting oleh
NITA
on Rabu, 08 Januari 2020
/
Comments: (0)
Rabu, 8 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola iramasederhana melalui lagu anakanak.
Tujuan Pembelajaran
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat membedakan bentuk puisi dengan yang bukan puisi tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan tepat.
Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu Lihat Kebunku dengan benar.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat membaca indah puisi anak berjudul " Taman Bungaku" tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi oleh temannya, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan mengamati gambar beserta balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
Dengan mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan perkakas di bengkel, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengamati gambar Beni membaca puisi tanpa menggunakan teks
(mengamati).
Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan kakaknya
(mengamati).
Siswa membaca teks pada balon percakapan yang membahas tentang
perbedaan antara puisi dengan yang bukan puisi (mengamati).
Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
Siswa diarahkan untuk mendengarkan pembacaan puisi (mengamati).
Ayo Berdiskusi
Siswa mendiskusikan isi teks puisi (mengomunikasikan).
Siswa berdiskusi dengan menentukan makna kata (mengomunikasikan).
Siswa berdiskusi tentang menemukan kata yang belum dipahami
(mengomunikasikan).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Apakah kamu mendengarkan gurumu berpuisi?
Pahami kata-kata dalam puisi. Sebutkan kata-kata
yang belum diketahui artinya.
Diskusikan kata-kata berikut bersama temanmu!
Tuliskan maknanya.
Baca lagi puisi di atas!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa isi taman bungaku dalam puisi?
Jawab: ................................................................
2. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut!
Jawab: ................................................................
3. Bagaimana bila taman tidak dirawat?
Jawab: ................................................................
4. Bagaimana cara merawat taman?
Jawab: ................................................................
5. Cobalah buat puisi sesuai kemampuanmu!
Jawab: ................................................................
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola iramasederhana melalui lagu anakanak.
Tujuan Pembelajaran
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat membedakan bentuk puisi dengan yang bukan puisi tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan tepat.
Dengan mengamati teks lagu, siswa dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu Lihat Kebunku dengan benar.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan menyanyikan lagu Lihat Kebunku, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan tepat.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat membaca indah puisi anak berjudul " Taman Bungaku" tentang alam dengan benar.
Dengan mendengarkan pembacaan puisi oleh temannya, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam dengan baik.
Dengan mengamati gambar beserta balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
Dengan mengamati beberapa gambar yang berkaitan dengan perkakas di bengkel, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengamati gambar Beni membaca puisi tanpa menggunakan teks
(mengamati).
Siswa mengamati teks percakapan antara Beni dengan kakaknya
(mengamati).
Siswa membaca teks pada balon percakapan yang membahas tentang
perbedaan antara puisi dengan yang bukan puisi (mengamati).
Siswa bertanya jawab tentang gambar (menanya).
Siswa diarahkan untuk mendengarkan pembacaan puisi (mengamati).
Ayo Berdiskusi
Siswa mendiskusikan isi teks puisi (mengomunikasikan).
Siswa berdiskusi dengan menentukan makna kata (mengomunikasikan).
Siswa berdiskusi tentang menemukan kata yang belum dipahami
(mengomunikasikan).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Apakah kamu mendengarkan gurumu berpuisi?
Pahami kata-kata dalam puisi. Sebutkan kata-kata
yang belum diketahui artinya.
Diskusikan kata-kata berikut bersama temanmu!
Tuliskan maknanya.
Baca lagi puisi di atas!
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa isi taman bungaku dalam puisi?
Jawab: ................................................................
2. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut!
Jawab: ................................................................
3. Bagaimana bila taman tidak dirawat?
Jawab: ................................................................
4. Bagaimana cara merawat taman?
Jawab: ................................................................
5. Cobalah buat puisi sesuai kemampuanmu!
Jawab: ................................................................
Tema 5 Sub tema 1 Pembelajaran 2
Diposting oleh
NITA
on Selasa, 07 Januari 2020
/
Comments: (0)
Selasa, 7 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 2 dan 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila
Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati gambar beberapa gerakan bertumpu dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Dengan mengikuti panduan dari guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Dengan memilih beberapa gambar yang berkaitan dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat.
Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah dengan baik.
Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan dengan benar.
Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan baik.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata maaf untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengingat kembali hal yang pernah dilakukannya berkaitan
dengan sila pertama Pancasila (mengamati).
Siswa menceritakan pengalaman yang pernah dilakukannya berkaitan
dengan sila pertama Pancasila (mengomunikasikan).
Siswa menulis cerita tentang pengalamannya yang pernah dilakukannya
berkaitan dengan sila pertama Pancasila (mencoba).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Beni dan ayahnya bermain kuda-kudaan.
Beni menirukan posisi kuda. Posisi kuda yang
diperagakan ayahnya.
Perhatikan gambar di bawah! Pengalaman Beni
dan ayahnya bermain di rumah.
Perhatikan posisi tangan Beni. Juga posisi tangan
ayahnya.
Perhatikan gambar berikut! Gambar-gambar
tersebut mencerminkan sila Pancasila.
Berikan centang (_) pada gambar yang
menunjukkan sila pertama.
Tuliskan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila!
1.
2.
3.
4.
5.
Pernahkah kamu melakukan kesalahan?
Kepada siapa kamu melakukan kesalahan?
Bagaimana cara meminta maaf?
Coba tuliskan permintaan maafmu!
1.
2.
3.
4.
5.
Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara
Beni dengan kakaknya.
1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m
Coba isi titik-titik berikut!
1) ... dan ... merupakan alat ukur untuk mengukur
panjang.
2) 3 m = ... cm
3) 4 m = ... cm
4) ... m = 500 cm
5) ... m = 600 cm
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 2 dan 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.
PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara Garuda Pancasila
Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati gambar beberapa gerakan bertumpu dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Dengan mengikuti panduan dari guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bertumpu dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
Dengan memilih beberapa gambar yang berkaitan dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat.
Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila pertama di rumah dengan baik.
Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan dengan benar.
Dengan mengamati teks percakapan antara Beni bersama ayahnya, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan baik.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata maaf untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengingat kembali hal yang pernah dilakukannya berkaitan
dengan sila pertama Pancasila (mengamati).
Siswa menceritakan pengalaman yang pernah dilakukannya berkaitan
dengan sila pertama Pancasila (mengomunikasikan).
Siswa menulis cerita tentang pengalamannya yang pernah dilakukannya
berkaitan dengan sila pertama Pancasila (mencoba).
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Materi Pembelajaran
Beni dan ayahnya bermain kuda-kudaan.
Beni menirukan posisi kuda. Posisi kuda yang
diperagakan ayahnya.
Perhatikan gambar di bawah! Pengalaman Beni
dan ayahnya bermain di rumah.
Perhatikan posisi tangan Beni. Juga posisi tangan
ayahnya.
Perhatikan gambar berikut! Gambar-gambar
tersebut mencerminkan sila Pancasila.
Berikan centang (_) pada gambar yang
menunjukkan sila pertama.
Tuliskan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila!
1.
2.
3.
4.
5.
Pernahkah kamu melakukan kesalahan?
Kepada siapa kamu melakukan kesalahan?
Bagaimana cara meminta maaf?
Coba tuliskan permintaan maafmu!
1.
2.
3.
4.
5.
Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara
Beni dengan kakaknya.
1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m
Coba isi titik-titik berikut!
1) ... dan ... merupakan alat ukur untuk mengukur
panjang.
2) 3 m = ... cm
3) 4 m = ... cm
4) ... m = 500 cm
5) ... m = 600 cm
Tema 5 Sub tema 1 Pembelajaran 1
Diposting oleh
NITA
on Senin, 06 Januari 2020
/
Comments: (0)
06 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : 2
Tema : 5 / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Tujuan Pembelajaran
Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata maaf untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Dengan mengamati teks lagu Pelangi-Pelangi, siswa dapat memainkan pola irama sederhana
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Membaca lancar teks yang berhubungan dengan Pengalaman di rumah.
Membuat pertanyaan dengan kata Tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan teks.
Mengamati dan mempraktikan cara meminta maaf.
Mengamati gambar jam dinding, dan berlatih mengukur panjang benda.
Mengukur benda yang ada di sekitar dengan satuan cm.
Menyanyikan lagu Pelangi-Pelangi, dan menentukan tekanan nada.
Menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamanku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan alat ukur panjang.
Materi Pembelajaran
Siswa mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya.
Ibu : Beni, coba lihat jam dinding di rumah, Nak !
Beni : Ya, Bu! (Beni melihat jam dinding) waahh! Jarumnya bergerak, Bu!
Ibu : Kalau begitu, apa yang harus dilakukan ?
Beni : Beni harus mengganti baterai dengan yang baru, Bu!
Ibu : Maukah Beni mengganti baterainya ?
Beni : Mau, Bu! (Beni naik diatas tangga).
Ibu : Hati-hati ya, Nak!
Beni : Ya, bu! (saat menjangkau jam dinding, Beni kurang hati-hati.
Ibu : Wahh, jamnya retak.
Beni : Maafkan Beni, Bu! Beni kurang hati-hati dalam mengambil jam dinding, sehingga jam dinding terjatuh.
Ibu : Ya, Nak! Kedepannya, Beni harus labih hati-hati dan tidak tergesa-gesa.
Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan menggunakan kata Tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati, siswa lain menjawab pertanyaannya.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
Siswa mengamati gambar Beni meminta maaf kepada ibunya
Siswa bertanya jawab tentang cara meminta maaf
Siswa bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara bergantian.
Mengamati gambar jam dinding, dan bertanya jawab tentang satuan panjang.
Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar.
Membaca dan menyanyikan lagu Pelangi-pelangi.
Bertanya jawab tentang tekanan nada, dan notasi angka.
Menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama.
Menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama.
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : 2
Tema : 5 / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Tujuan Pembelajaran
Dengan memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata maaf untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
Dengan mengamati gambar jam dinding, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
Dengan mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
Dengan mengamati teks lagu Pelangi-Pelangi, siswa dapat memainkan pola irama sederhana
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Membaca lancar teks yang berhubungan dengan Pengalaman di rumah.
Membuat pertanyaan dengan kata Tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan teks.
Mengamati dan mempraktikan cara meminta maaf.
Mengamati gambar jam dinding, dan berlatih mengukur panjang benda.
Mengukur benda yang ada di sekitar dengan satuan cm.
Menyanyikan lagu Pelangi-Pelangi, dan menentukan tekanan nada.
Menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamanku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan alat ukur panjang.
Materi Pembelajaran
Siswa mendengarkan teks percakapan antara Beni dan Ibunya.
Ibu : Beni, coba lihat jam dinding di rumah, Nak !
Beni : Ya, Bu! (Beni melihat jam dinding) waahh! Jarumnya bergerak, Bu!
Ibu : Kalau begitu, apa yang harus dilakukan ?
Beni : Beni harus mengganti baterai dengan yang baru, Bu!
Ibu : Maukah Beni mengganti baterainya ?
Beni : Mau, Bu! (Beni naik diatas tangga).
Ibu : Hati-hati ya, Nak!
Beni : Ya, bu! (saat menjangkau jam dinding, Beni kurang hati-hati.
Ibu : Wahh, jamnya retak.
Beni : Maafkan Beni, Bu! Beni kurang hati-hati dalam mengambil jam dinding, sehingga jam dinding terjatuh.
Ibu : Ya, Nak! Kedepannya, Beni harus labih hati-hati dan tidak tergesa-gesa.
Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan menggunakan kata Tanya siapa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan berdasarkan gambar yang diamati, siswa lain menjawab pertanyaannya.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang didengarnya.
Siswa mengamati gambar Beni meminta maaf kepada ibunya
Siswa bertanya jawab tentang cara meminta maaf
Siswa bersama pasangannya berlatih meminta maaf secara bergantian.
Mengamati gambar jam dinding, dan bertanya jawab tentang satuan panjang.
Siswa mengerjakan latihan untuk mengukur benda yang ada di sekitar.
Membaca dan menyanyikan lagu Pelangi-pelangi.
Bertanya jawab tentang tekanan nada, dan notasi angka.
Menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama.
Menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola irama.