TEMA.1 SUB TEMA.4 PB.1


Tema                 : 1 ( Hidup Rukun)
Subtema           : 4 ( Hidup Rukun di Masyarakat)
Pembelajaran  : 1
Hari/ tanggal    : Senin / 5 Agustus 2019

Bahasa Indonesia
KD : 3.1      Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
SBdP
KD : 3.3 Mengenal pengenalan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya
Matematika
KD : 3.3 menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

Tujuan  :
Ø  siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi penolakan yang berkaitan dengan hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar
Ø  siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun
Ø  siswa dapat melakukan penjumlahan 2 bilangan cara panjang dengan tepat
Ø  siswa dapat melakukan penjumlahan 2 bilangan cara pendek dengan tepat
Ø  siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari bekaitan penjumlahan dengan tepat
Ø  siswa dapat mengfidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar

Materi Ajar      :
Bahasa Indonesia
Kalimat Ajakan dan Kalimat Penolakan
Kalimat Ajakan
Kalimat ajakan adalah kalimat yang menyatakan ajakan seseorang kepada orang yang diajak bicara untuk bersama-sama melakukan sesuatu. Kalimat ajakan merupakan bentuk susunan kalimat yang sebenarnya juga merupakan kalimat perintah yang diperluas dan erat hubungannya dengan orang kedua.
Contoh kalimat ajakan:
·         Mari kita jaga kebersihan lingkungan sekolah.
·         Ayo kita berangkat, hari sudah siang.
·         Mari makan bersama-sama.
·         Yuk, temani aku ke perpustakaan.
·         Maukah kamu datang ke rumahku.
Kalimat Penolakan
Kalimat penolakan adalah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan ketidaksetujuan dengan pendapat orang lain. Walaupun berisi kalimat penolakan, kalimat penolakan harus disampaikan dengan sopan. Supaya kalimat penolakan terkesan sopan dapat ditambah dengan kata “maaf”, “mohon maaf”, “izin” dan lain-lain.
Contoh kalimat penolakan:
·         Maaf ya Dina, saya tidak bisa menemani ke kantin.
·         Maafkan aku, sepertinya aku tidak bisa datang ke rumahmu.
·         Ali, aku minta maaf ya karna tidak mengantar ke uks.
Matematika
Operasi campuran pengurangan dan penjumlahan.
·       Operasi hitung di dalam kurung didahulukan.
·       Level simbol operasi hitung adalah sebagai berikut :
·       Operasi hitung yang levelnya setara dikerjakan sesuai urutan.
·       Operasi hitung yang levelnya lebih tinggi dikerjakan dahulu.
·       Operasi hitung dalam tanda kurung didahulukan.
Contoh:
765- 284 + 351 = …..
Mengurangkan 765 dengan 284
R       P       S  
6        16                      
7        6        5              
2        8        4 _
4        8        1

Menjumlahkan 481 dengan 351
R       P       S
1
4        8        1
3        5        1 +
8        3        2

Jadi 765 – 284 + 351 = 832

3. SBdP
Kolase dari bahan alam.
Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.  Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagai macam paduan bahan, kolase juga dapat menggunakan bahan alam seperti biji-bijian. 



Materi ajar Tema 1 sub tema 3 Pembelajaran 4,5, dan 6


Tema                 : 1 ( Hidup Rukun)
Subtema           : 3 ( Hidup Rukun di Sekolah)
Pembelajaran  : 4-6
Hari/ tanggal    : Kamis-Jum’at / 1-2 Agustus 2019

Bahasa Indonesia
KD : 3.1      Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
PKn
KD : 3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila
SBdP
KD : 3.3 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
Matematika
KD : 3.2 menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

Tujuan  :
Ø  siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar
Ø  siswa dapat melengkapi kalimat perintah dengan kata yang tepat
Ø  siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila-1 Pancasila
Ø  siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila-2 Pancasila
Ø  siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan tepat
Ø  siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan, cara, langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat
Ø  siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar
Ø  siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat

Materi Ajar      :
 PKn

Sebagai warga negara Indonesia harus berperilaku sesuai dengan pengamalan pancasila.
Contoh sikap yang sesuai dengan pancasila

Sila ke-1 :
1. Berdoa
sebelum belajar dan Berdoa sebelum makan
2. Melaksanakan sholat lima waktu
3. Saling menghormati antar umat beragama

Sila ke-2 :
1. Berbagi dengan teman
2. Meminjamkan alat tulis kepada teman
3. Memberikan sumbangan kepada korban bencana alam

Sila ke-3 :
1. Melakukan piket kelas bersama-sama
2. Tidak memilih-milih teman
3. Melakukan upacara dengan tertib

Sila ke-4 :
1.      Musyawarah dalam memilih lagu
2.      Menghargai pendapat teman
3.      Menerima hasil musyawarah

Sila ke-5 :
1.      Pembagian tugas piket kelas
2.      Pembagian tugas upacara
3.      Tidak pilih kasih dengan teman



B.Indonesia

Kalimat perintah pada saat upacara, yang diucapkan oleh pemimpin upacara.




Kalimat perintah saat upacara
Kepada sang merah putih hormat grak !
Kepada Pembina upacara hormat grak !

Melingkari kalimat pada syair lagu yang menunjukkan perintah!
Lirik lagu - Sebelum Kita Makan

Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan dik
Untuk kesehatanmu

Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Makan jangan bersuara

Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Ayo makan bersama

Matematika

Penjumlahan untuk soal cerita
Contoh : Udin mempunyai 235 butir kelereng, kemudian membeli lagi 443 butir. Berapa banyak kelereng Udin ?

a)   Cara bersusun panjang:
235    = 200 + 30 + 5
443    = 400 + 40 + 3
           = 600 +70 + 8
 
          = 678
c)   Cara bersusun pendek, langkahnya:
235
443 +
678
·         Satuan ditambah satuan, yaitu 5 + 3 = 8, tulis 5
·         Puluhan ditambah puluhan, yaitu 3 + 4 = 7, tulis 7
·         Ratusan ditambah ratusan, yaitu  2 + 4 = 6, tulis 6
·         Maka hasil penjumlahannya adalah 678
Jadi, jumlah
kelereng Udin adalah 678 butir


SBdP

Melengkapi dan mewarnai gambar imajinatif
Contoh
Gambar.1


Gambar .2


Tema 1 Sub tema 3 (Hidup Rukun di Sekolah)
Tema 1 Subtema 3 (Hidup Rukun di Sekolah)

Tema            : 1 (Hidup Rukun)
Sub tema      : 3 (Hidup Rukun di Sekolah)
Hari/tanggal : Rabu/31 Juli 2019

KD : BAHASA INDONESIA
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

 
      MATEMATIKA

3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
        
       SBdP
 3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi

Tujuan :
  • Siswa dapat menemukan makna perintah yang terdapat dalam teks percakapan yang percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
  • Siswa dapat melatih menuliskan kalimat perintah yang sesuai dengan bahasa yang santun.
  • Siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan dengan benar.
  • siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang ada di sekitar.
 Materi Ajar :
       Bahasa Indonesia
       Membaca percakapan Udin menjadi ketua kelas.
       Menemukan kalimat perintah di dalamnya, dan menjelaskan maksudnya.
       "Teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai pembagian tugas !
     
       Matematika
       Pengurangan cara bersusun panjang

      SBdP
      Membuat sketsa gambar pada kertas gambar imajinatif menggunakan pensil
      contoh :