Membahas LUS IPA dan Pengayaan

 Selasa 23 April 2024


Assalamu'alaikum Ananda shaleh shaleha, hari ini kita akan membahas LUS IPA dan Pengayaan materi sifat sifat Cahaya. Teruslah semangat belajar dan BerDoa semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan kepada Ananda semua untuk memahami materi yang ibu guru sampaikan.




 Adapun sifat-sifat cahaya adalah sebagai berikut.

1. Merambat Lurus

Cahaya akan senantiasa merambat lurus dengan kecepatan 3 x 108 m/s. Untuk membuktikannya, cobalah kamu nyalakan senter. Jika kamu perhatikan, berkas cahaya dari senter akan berbentuk garis lurus. Nah, sifat cahaya inilah yang biasanya dimanfaatkan pada sinar laser.

2. Mampu Menembus Benda Bening

Benda bening seperti kaca mampu ditembus oleh cahaya. Cahaya yang  masuk melalui benda bening akan diteruskan sepenuhnya. Artinya, tidak ada yang dipantulkan. Ternyata, sifat tersebut dimanfaatkan untuk membuat lampu. Jika kamu perhatikan, bohlam memiliki permukaan bening, sehingga cahaya lampu bisa diteruskan ke ruangan.

3. Mengalami Pemantulan (Refleksi)

Saat melewati suatu penghalang seperti kayu, tembok, atau besi, cahaya tidak akan diteruskan, melainkan dipantulkan. Berdasarkan bentuk pantulannya, pemantulan dibagi menjadi dua, yaitu pemantulan teratur dan baur. 

Pemantulan teratur terjadi jika seberkas cahaya melewati benda yang permukaannya rata, misalnya cermin. Sedangkan pemantulan baur akan terjadi jika seberkas cahaya melewati bidang yang tidak rata, misalnya kayu, batu bata, dan sebagainya.

4. Mengalami Pembiasan (Refraksi)

Pernahkah kamu melihat pensil yang seolah-olah patah saat sebagian dicelupkan ke dalam air?


0 komentar:

Posting Komentar