Matematika dan Tema 8 Subtema 2 PB 3 dan 4

Rabu,9 Februari 2022



MUATAN MATEMATIKA & TEMATIK VI.G

GURU KELAS : OSNITASARI,S.Pd.


Assalamualaikum... good morning everyone, I hope we are fine today, before start our lesson don't forget to pray Dhuha, muroja'ah and watch the Tausiyah. Let's open our class with say Basmallah


ABSENSI HARIAN


MUATAN MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran :

  1. Siswa dapat memahami dan menggambar bangun ruang gabungan
  2. Siswa dapat menentukan volume bangun ruang gabungan
  3. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan volume bangun ruang gabungan.
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas menganai Luas Permukaan Bangun Ruang Prisma, Limas, Tabung, Kerucut, dan Bola.
Dalam pertemuan ini, kita akan melanjutkan materi tersebut, yakni mengenai Luas Permukaan Bangun Ruang Gabungan
Masih ingatkah kalian, rumus mencari volume limas dan tabung?
(tentunya kalian pasti tau ya Nak 😊)
Silakan simak materi berikut ini terkait Luas Permukaan bangun ruang Gabungan 👇🏻😊 


VOLUME PERMUKAAN BANGUN RUANG GABUNGAN

 

Volume bangun ruang adalah hasil kali dari luas alas dengan tinggi bangun ruang tersebut. Volume  bangun gabungan merupakan jumlah dari volume bangun-bangun pembentuknya. 

Untuk dapat menentukan volume gabungan dua buah bangun ruang atau lebih tentunya harus menghitung volume bangun-bangun yang menyusun bangun gabungan tersebut. 

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mencari volume gabungan bangun ruang adalah ukuran dari masing-masing unsur bangun tersebut. Biasanya ukuran unsur bangun ruang tersebut tidak disebutkan, sehingga harus mencari terlebih dahulu dengan cara melihat unsir-unsur bangun yang lainnya.

Rumus volume bangun ruang :

No.

Bangun Ruang

Volume Bangun

1.

Prisma

V = Lalas x t

2.

Tabung

V = π × r² × t

3.

Limas

V =

1

x L alas x t

3

4.

Kerucut

V =

1

x π × r² × t

3

5.

Bola

V =

4

x π × r³

3

6.

Kubus

V = s x s x s = s³

7.

Balok

V = p x l x t

Contoh :

1. 

1.              


Bangun diatas merupakan gabungan bangun kerucut, tabung dan setengah bola.
1. Volume kerucut
Diketahui :
s = 13 cm
r = 10 : 2 = 5 cm
Tentukan terlebih dahulu tinggi kerucut menggunakan dalil phitagoras
t² = s² - r²
t² = 13² - 5²
t² = 169 - 25
t² = 144
t  = √144
t  = 12 cm
V.kerucut  = ⅓ × π × r² × t
           = ⅓ × 3,14 × 5² × 12
           = ⅓ × 3,14 × 25 × 12
     V       = 314 cm³


2. Volume tabung
Diketahui :
Diameter = 10 cm sehingga r = 10 : 2 = 5 cm
Tinggi tabung = 12 
Tinggi tabung = 12 cm

V.tabung  = π × r² × t
          = 3,14 × 5² × 12
          = 942 cm³

3. Volume setengah bola
Diketahui :
Diameter bola = 10 cm sehingga r = 10 : 2 = 5 cm
V. ½ bola  = ½ × 4/3 × π × r
          = ½ × 4/3 × 3,14 × 5
          = 10,47 cm³
Jadi volume gabungan = 314 + 942 + 10,47 = 1.266,47 cm³.


2. Perhatikan bentuk mainan kue tart berikut.

Diameter paling atas pada mainan tersebut adalah 14 cm. tiap diameter di bawah selisihnya 7cm.

Berapakah cm³ volume mainan tersebut?

Diketahui :
Pada kue tersebut ada 3 kue berbentuk tabung tersusun.
Diameter kue 1 = 14 cm maka r = 7 cm
Diameter kue 2 = 21 cm maka r = 10,5 cm
Diameter kue 3 = 28 cm maka r = 14 cm
Tinggi seluruh kue adalah: 45 cm. Sehingga 45 cm : 3 = 15 cm. Jadi,masing-masing tinggi tabung kue adalah 15 cm
Ditanyakan : Volume gabungan bangun ruang.
Jawab :

a. Volume Tabung 1 (paling atas)

V1 =

22

x 7 x 7 x 15

7

 V1 = 154 × 15
 V1 = 2.310 cm³

      b. Volume Tabung 2 (tengah)

V2 =

22

x 10,5 x 10,5 x 15

7

 V2 = 346,5 × 15
             V2 = 5.197,5 cm³

 

c. Volume Tabung 3 (paling bawah)

V3   

22

x 14 x 14 x 15

7

             V3 = 616 × 15
             V3 = 9.240 cm³
             V Total =2.310 cm + 5.197,5 + 9.240 = 16.747,5 cm³
             Jadi,volume mainan kue tersebut adalah 16.747,5 cm³


3.  


      Diketahui : tinggi limas = 25cm-10cm  =  15cm

a.       Volume balok = p x l x t = 25 x 8 x 10 = 2.000 cm³

b.      Volume Limas = 

1

x Luas Alas x tinggi

3

                                            

=  

1

  x 25 x 8  x 15  

3

                                                

=

  1

  x 3.000 = 1.000 cm³

  3

                                                 

           Jadi volume gabungan adalah 2.000 + 1.000 = 3.000cm³

   

4. 





LATIHAN SOAL 

1. Tentukan volume bangun ruang dibawah ini!

2.Tentukan volume bangun ruang dibawah ini! Dengan jari-jari alas tabung  10 cm 

NOTE: untuk tugas matematika ibu guru tunggu sampai jam 10.00 WIB ya Nak!

MUATAN TEMATIK

TEMA 8. BUMIKU

SUBTEMA 2. BUMIKU DAN MUSIMNYA

PB 3-4


Mata Pelajaran yang Muncul : IPS KD 3.1 & 4.1 dan PPKn KD 1.2, 2.2, 3.2, & 4.2

Tujuan Pembelajaran :

  1. Peserta didik mempu memahami hubungan antara kedaan geografis dan keadaan sosial budaya suatu negara. 
  2. Peserta didik mempu mengidentifikasi kewajiban warga negara terhadap kelestarian lingkungan.


IPS

Ayo, ingat kembali tentang negara-negara tetangga Indonesia. Bagaimana dengan kondisi sosial budayanya? Apakah sama atau berbeda dengan kondisi sosial budaya Indonesia? (tuliskan pendapatmu di kolom komentar ibu ya!)

Bacalah informasi mengenai negara-negara tetangga Indonesia di bawah ini!


Untuk mengenal kehidupan sosial budaya masyarakat negara ASEAN, simaklah video berikut :

PPKn

Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup merupakan tanggung jawab setiap warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Upaya ini dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya. 

Dibawah ini disajikan infografis tetang sampah di jakarta. Apa tanggung jawabmu sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampahtuliskan jawabanmu pada komentar blog ibu ya!


 TUGASMU!

Kerjakan soal yang ada di buku LKS hal 69-71 (soal pilihan ganda saja), jawablah di buku modul kalian masing-masing dengan menuliskan nama lengkap di bawah kolom Nilai yang ada dihalaman 69!

kirim jawaban nya di foto dan kirim japri ke Wa bu guru ya..!

NOTE: untuk tugas tematik ibu guru tunggu sampai jam 14.00 WIB ya Nak!


SEMANGAT!!!

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum WR.WB
Nama:M. Bilhaqi
Kelas:6G
Apa tanggung jawab mu sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah
Jawab:
Bergotong royong menjaga lingkungan mengelola sampah menjadi pupuk mengurangi pemakaian sampah plastik
Terima kasih Bu
Wassalamu'alaikum WR.WB

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr wb
Nama: Muhammad Al Fariq
Kelas:6G
Apa Tanggung Jawab Mu Sebagai Anggota Masyarakat Dalam Menjaga Lingkungan Dari Sampah
Jawab:
Bergotong Royong Menjaga Lingkungan Mengelola Sampah Menjadi Pupuk Mengurangi Pemakaian Smpah Plastik
Terimakasih Bu
Wassalamu'alaikum wr wb🙏🙏

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum
nama : Fadil ubaydillah
kelas:6G
Apa Tanggung Jawab Mu Sebagai Anggota Masyarakat Dalam Menjaga Lingkungan Dari Sampah
Jawab:
Bergotong Royong Menjaga Lingkungan Mengelola Sampah Menjadi Pupuk Mengurangi Pemakaian Smpah Plastik
Wassalamu'alaikum wr wb

oktaviaerlita290@gmail.com mengatakan...

Assalamualaikum
Keysa destalia
6g
Hadir
Jawaban nya:
Bergotong royong menjaga lingkungan, mengelola sampah menjadi pupuk, mengurangi pemakaian sampah plastik
Wasalam mualaikum wrwb

Zhafira Zalfa Q mengatakan...

Zhafira Zalfa Qotrunnada
6G
absen 27

Bergotong Royong Menjaga Lingkungan Mengelola Sampah Menjadi Pupuk Mengurangi Pemakaian Smpah Plastik

Evi Ayashovia mengatakan...

asslamualaikum bu
nama:muhammad affan hilman
kls:6G/17

jawaban:
bergotong royong menjaga lingkungan ,mengelola sampah menjadi pupuk mengurangi pemakaian sampah plastik

M.Fadillah CF mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama : M.Fadillah Caesar Farandri
Kls : 6G
Absen : 14

Jawaban :
1. Kondisi sosial budaya nya berbeda tapi bersifat terbuka dan dinamis.

2. Tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dlm menjaga lingkungan dr sampah : bergotong royong menjaga lingkungan, mengelola sampah organik menjadi pupuk, dan mengurangi pemakaian sampah plastik.

Terima kasih
Wassalamualaikum

Aretha zizi mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Aretha Zizi sandrica
Kls:6G
Jawab:
Bergotong Royong Menjaga Lingkungan Mengelola Sampah Menjadi Pupuk Mengurangi Pemakaian Smpah Plastik

Fitri anisa mengatakan...

Assalamualaikum
Nama : naila rahmadhania
Kls 6g
Jawab : gotong royong dapat menjaga lingkungan dan dapat membuat pengurangan pemakaian sampah plastik

Posting Komentar