Ujian Praktek SBdP

 Rabu,  16 April 2025

Assalamualaikum Ananda Sholeh Sholeha khususnya kelas 6C SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung........How Are You Today??? 

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan Yang sempurna, dan semangat yang membara untuk Ananda dalam Belajar dan  Proses Mengembangkan diri Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲. 

Ananda hari ini kita akan melaksanakan Ujian Praktik SBdP dengan 

Materi Membuat Poster 

Tema Lingkungan Hidup

Semoga Ananda Semua dapat melaksanakan dengan Maximal Aamiin 

Ujian Praktik Bahasa Indonesia

 Selasa,  15 April 2025

Assalamualaikum Ananda Sholeh Sholeha khususnya kelas 6C SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung........How Are You Today??? 

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan Yang sempurna, dan semangat yang membara untuk Ananda dalam Belajar dan  Proses Mengembangkan diri Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲. 

Ananda hari ini kita akan melaksanakan Ujian Praktik Bahasa Indonesia dengan 

Materi Mengarang (Membuat Pidato) 

Tema Perpisahan

Semoga Ananda Semua dapat melaksanakan dengan Maximal Aamiin 

Senin,  14 April 2025

Assalamualaikum Ananda Sholeh Sholeha khususnya kelas 6C SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung........How Are You Today??? 

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan Yang sempurna, dan semangat yang membara untuk Ananda dalam Belajar dan  Proses Mengembangkan diri Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲. 

Ananda silahkan mempelajari Materi yang Ibu guru sampaikan dibawah ini. 

SISTEM PEREDARAN DARAH


Sistem peredaran darah manusia terbagi menjadi dua, yaitu peredaran darah besar (sistemik) dan peredaran darah kecil (pulmoner). Urutan peredaran darah besar adalah: jantung (bilik kiri) → aorta → arteri → tubuh → vena → jantung (serambi kanan)Urutan peredaran darah kecil adalah: jantung (bilik kanan) → arteri pulmonalis → paru-paru → vena pulmonalis → jantung (serambi kiri). 
Peredaran Darah Besar (Sistemik):
  1. Jantung (Bilik Kiri): Darah yang kaya oksigen dipompa dari bilik kiri jantung.
  2. Aorta: Darah dipompa keluar melalui aorta, pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung.
  3. Arteri: Darah mengalir melalui arteri, pembuluh darah yang membawa darah menjauh dari jantung.
  4. Tubuh: Darah disalurkan ke seluruh tubuh melalui arteri, dimana oksigen dan nutrisi disalurkan ke sel-sel tubuh, dan karbon dioksida serta zat sisa diambil.
  5. Vena: Darah yang miskin oksigen kembali ke jantung melalui vena, pembuluh darah yang mengalirkan darah kembali ke jantung.
  6. Jantung (Serambi Kanan): Darah yang miskin oksigen kembali ke serambi kanan jantung. 
Peredaran Darah Kecil (Pulmoner):
  1. Jantung (Bilik Kanan): Darah yang miskin oksigen dipompa dari bilik kanan jantung.
  2. Arteri Pulmonalis: Darah mengalir melalui arteri pulmonalis, pembuluh darah yang membawa darah ke paru-paru.
  3. Paru-paru: Darah mengalir ke paru-paru, dimana terjadi pertukaran gas (oksigen diambil dan karbon dioksida dilepaskan).
  4. Vena Pulmonalis: Darah yang kaya oksigen kembali ke jantung melalui vena pulmonalis, pembuluh darah yang mengalirkan darah dari paru-paru kembali ke jantung.
  5. Jantung (Serambi Kiri): Darah yang kaya oksigen kembali ke serambi kiri jantung. 

Pendalaman Materi Bangun Ruang Gabungan

 Rabu, 9 April 2025

Assalamualaikum Ananda Sholeh Sholeha khususnya kelas 6C SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung........How Are You Today??? 

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan Yang sempurna, dan semangat yang membara untuk Ananda dalam Belajar dan  Proses Mengembangkan diri Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲. 

Ananda silahkan mempelajari Materi yang Ibu guru sampaikan dibawah ini. 

Kisi-kisi LUS SBdP

Kamis, 13 Maret 2025

Assalamualaikum Ananda Sholeh Sholeha khususnya kelas 6C SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung........How Are You Today??? 

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan Yang sempurna, dan semangat yang membara untuk Ananda dalam Belajar Mempersiapkan LUS Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲. 

Ananda berikut dibawah ini adalah kisi-kisi Pelajaran SBdP. Silahkan diPelajari Materinya. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran ananda dalam belajar sehingga dapat mengerjakan soal LUS dengan baik dan benar.... Aamiin 

Kisi-kisi LUS SBdP


Disajikan not angka,peserta didik dapat menentukan bunyi not angka selanjutnya

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan arti interval nada

Disajikan beberapa judul lagu, peserta didik dapat memilih satu judul lagu nasional

Disajikan tabel, peserta didik dapat menyatakan jumlah ketukan yang tepat pada lagu wajib nasional

Disajikan sebuah lagu, peserta didik dapat menyebutkan judul lagu daerah

Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat menjelaskan pengertian alat musik ritmis

Disajikan beberpa gambar alat music, peserta didik dapat menentukan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan

Disajikan penggalan syair lagu anak- anak, peserta didik dapat menentukan tempo pada lagu anak-anak tersebut

Disajikan lirik lagu,peserta didik dapat menentukan salah satu ciri-ciri tangga nada mayor

Disajikan sebuah judul lagu, peserta didik dapat menemukan pencipta lagu wajib nasional

Disajikan sebuah tangga nada,peserta didik dapat menganalisis susunan nada-nada

Disajikan beberapa nama alat musik dan cara memainkannya,peserta didik dapat menemukan pasangan alat music ritmis dan cara memainkannya dengan benar

Disajikan penggalan lirik lagu, peserta didik dapat menyimpulkan  tangga nada pada lagu tersebut

Disajikan beberapa media,peserta didik dap at memilih salah satu media untuk membuat karya seni patung

Disajikan gambar salah satu jenis patung,peserta didik dapat menyimpulkan nama jenis patung tersebut

Disajikan salah satu gambar teknik membuat patung, peserta didik dapat menyebutkan nama teknik tersebut

Disajikan sebuah cerita, peserta didik dapat menentukan bahan yang dipakai untuk membuat anyaman tersebut

Disajikan deskripsi, peserta didik dapat menunjukkan yang termasuk karya seni tiga dimensi

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan ciri gambar tiga dimensi  

Disajikan sebuah deskripsi siswa mampu menyimpulkan pengertian dari deskripsi tersebut

Disajikan langkah-langkah membuat patung secara acak, peserta didik dapat mengurutkan langkah yang benar dalam membuat patung

Disajikan gambar patung, peserta didik dapat menyimpulkan salah satu jenis patung berdasarkan bentuknya

Disajikan sebuah deskripsi, peserta didik dapat menjelaskan kriteria poster yang baik

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan salah satu tujuan penggunaan embalase pada suatu prouk

Disajikan sebuah deskripsi, peserta didik dapat menentukan pengertian salah satu jenis reklame

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat memilih jenis reklame berdasarkan medianya

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan jenis reklame berdasarkan tujuannya

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menetukan jenis reklame

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menemukan informasi dari brosur tersebut

Disajikan gambar, peserta didik dapat menyatakan makna gambar tersebut

Disajikan beberapa gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi yang termasuk karya seni dua dimensi

Disajikan Pernyataan, siswa mampu menyebutkan arti dari pernyataan tersebut

Disajikan beberapa ciri-ciri, peserta didik mampu menentukan ciri – ciri yang tepat

Disajikan jenis-jenis gambar kartun, peserta didik dapat  menentukan nama salah salah satu jenis kartun tersebut

Disajikan sebuah gambar, peserta didik mampu menemukan nama dari gambar tersebut

Disajikan beberapa langkah – langkah , peserta didik dapat mengkategorikan yang termasuk langkah-langkah membuat komik

Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat merinci bahan yang digunakan untuk mewarnai gambar cerita dengan menggunakan teknik kering.

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat mengetahui pengertian dari narasi tersebut

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat membedakan tarian daerah di Indonesia

Disajikan sebuah deskripsi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian pola lantai

Disajikan benda-benda properti tari, peserta didik dapat m milih property tari daerah

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan fungsi property tari

Disajikan gambar tarian, peserta didik dapat memilih satu tarian yang dilakukan secara berkelompok

Disajikan nama-nama tarian, peserta didik dapat memilih nama-nama tarian yang berasal dari Pulau Jawa

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menentukan pola lantai tarian

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan salah pola lantai tarian

Disajikan gambar tarian, peserta didik dapat menemukan nama property tari yang digunakan

Disajikan daftar tarian, peserta didik dapat memilih jenis tarian yang berasal dari Pulau Sumatra

Disajikan sebuah tabel nama tarian, peserta didik dapat memadukan jenis tari daerah yang sesuai dengan asalnya

Disajikan deskripsi, peserta didik dapat mengkategorikan unsur tari


Jadwal LUS


 Selasa, 11 Februari 2025

Assalamualaikum Ananda Sholeh Sholeha khususnya kelas 6C SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung........How Are You Today??? 

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan Yang sempurna, dan semangat yang membara untuk Ananda dalam Belajar dan  Proses Mengembangkan diri Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲. 

Ananda silahkan mempelajari Materi yang Ibu guru sampaikan dibawah ini. 

Tema 8 Bumiku

Sub tema 3 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya


Sumber belajar : Buku Kurikulum 13 Tema 8
                                 Bupena 6D
Media Pembelajaran : 
                                 Gambar
Metode Pembelajaran : 
                                 Diskusi
                                 Ceramah

Selasa, 11 Februari 2025

Assalamualaikum Ananda Sholeh Sholeha khususnya kelas 6C SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung........How Are You Today??? 

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan Yang sempurna, dan semangat yang membara untuk Ananda dalam Belajar dan  Proses Mengembangkan diri Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲. 

Ananda silahkan mempelajari Materi yang Ibu guru sampaikan dibawah ini. 

Tema 8 Bumiku

Sub tema 3 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya


Sumber belajar : Buku Kurikulum 13 Tema 8
                                 Bupena 6D
Media Pembelajaran : 
                                 Gambar
Metode Pembelajaran : 
                                 Diskusi
                                 Ceramah