Tema 2 Subtema 1 PB 6

Jm'at, 23 Agustus 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 2 (SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP)
 Subtema 1
(AYO, SELAMATKAN HEWAN dan TUMBUHAN)
Pembelajaran 6

Muatan B.Indo dan PPKn
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi Penerapan makna Proklamasi dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah dan sekolah
2. Peserta didik mampu 

Tema 2 Subtema 1 PB 6

Kamis, 22 Agustus 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 2 (SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP)
 Subtema 1
(AYO, SELAMATKAN HEWAN dan TUMBUHAN)
Pembelajaran 6

Muatan B.Indo dan PPKn
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi Penerapan makna Proklamasi dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah dan sekolah
2. Peserta didik mampu 

Menuliskan informasi penting dalam teks sejarah 
Setiap teks memiliki informasi penting informasi penting tersebut dapat diketahui dengan mengidentifikasi aspek apa siapa di mana kapan mengapa dan bagaimana 



Pelaksanaan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan masyarakat 
Berikut contoh kegiatan pelaksanaan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan masyarakat 
1. Membantu korban bencana alam tanpa melihat latar belakang mereka 
2. Mempersilahkan orang lain untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing 
3. Membantu tetangga yang kesusahan meskipun berbeda suku atau agama 

Berikut manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di masyarakat 
1. 

Tema 2 Subtema 1 PB 5

Rabu, 21 Agustus 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 2 (SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP)
 Subtema 1
(AYO, SELAMATKAN HEWAN dan TUMBUHAN)
Pembelajaran 5

Muatan IPS SBdP
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi Penerapan makna Proklamasi dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah dan sekolah
2. Peserta didik mampu 

MATERI IPS
Penerapan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia di kehidupan sehari-hari 

Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah yang menandai kelahiran bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dari penjajahan oleh sebab itu kita harus memaknai proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. Makna Proklamasi Indonesia dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut 

1. Di lingkungan rumah 
Saling menghormati dan menghargai antar anggota keluarga 
Bangga memakai barang buatan dalam negeri 
Mengerjakan kegiatan bersama-sama anggota keluarga 
Mengembangkan hidup rukun dalam keluarga 
Rajin membantu orang tua 

2. Di lingkungan sekolah 
Mengisi kemerdekaan dengan giat belajar 
Mengikuti upacara bendera dengan tertib dan khidmat 
Mengamalkan UUD 1945 untuk mengenang perjuangan para tokoh dalam perumusan undang-undang dasar 
Mengikuti kegiatan pramuka di sekolah 
Toleransi dengan teman yang berbeda suku dan agama 

3. Di lingkungan masyarakat 
Kerjasama dalam mempersiapkan peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia 
Bersatu menjaga kerukunan bangsa 
Mengembangkan sikap saling menghormati dan menghargai antar masyarakat Indonesia 
Mendukung pemerintah dalam melaksanakan pembangunan nasional 
Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi 

Muatan SBdP
Pola lantai tari tunggal berpasangan dan berkelompok 

Ada tiga bentuk penyajian tari yaitu tari tunggal berpasangan dan berkelompok setiap bentuk tersebut dapat memilih pola lantai yang berbeda-beda 
1. tari tunggal merupakan tari yang dilakukan oleh satu orang penari atau banyak penari secara bersama pola lantai untuk tari tunggal dapat berbentuk pola horizontal vertikal atau diagonal. Contoh tari tunggal dan tari jaipong dan tari topeng kelana 
2. Tari berpasangan merupakan tari yang dilakukan oleh dua orang penari tari berpasangan dapat dilakukan oleh banyak penari secara berpasang-pasangan pola lantai tari berpasangan dapat berbentuk pola horizontal vertikal atau diagonal contoh tari berpasangan adalah tari serampang dua belas dan tari payung 
3. Tari berkelompok adalah tari yang dilakukan secara berkelompok pola lantai tari berkelompok dapat berupa pola melingkar angka 8 atau melengkung contoh tari berkelompok adalah tari piring dan tari lego-lego

Tema 2 Subtema 1 PB 4

 Selasa, 20 Agustus 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 2 (SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP)
 Subtema 1
(AYO, SELAMATKAN HEWAN dan TUMBUHAN)
Pembelajaran 3
Muatan Materi : PPKN ,Bahasa Indonesia 
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi penerapan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah 
2. Peserta didik mampu menuliskan informasi penting suatu teks dalam bentuk peta pikiran


Muatan PPKN 
Nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah 

Keberagaman yang ada di Indonesia merupakan kekayaan negeri kita contoh keberagaman yang ada di Indonesia antara lain keberagaman suku bangsa budaya dan agama untuk menjaga semangat persatuan di tengah-tengah perbedaan yang ada kita perlu memupuk sikap peduli toleransi dan mendorongkan kepentingan bersama 


Ada banyak penerapan nilai-nilai persatuan di sekolah berikut contoh kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam perbedaan di sekolah 
1. Membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran 
2. Melakukan piket kelas bersama-sama 
3. Bermain bersama pada jam istirahat tanpa membeda-bedakan 
4. Mengumpulkan sumbangan untuk teman yang terkena musibah 

Berikut manfaat yang diperoleh jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di sekolah 
1. Dapat saling membantu jika ada pelajaran yang tidak dimengerti 
2. Suasana belajar dikelah menjadi nyaman 
3. Persahabatan semakin erat
4. Membangun kekompakan ketika berolahraga


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembeljaran hari ini bahwa sebahagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tentang....namun msh ada beberapa peserta didik yg mrngalami kesulitan dlm materi......dikarenakan  peserta didik.....utk mengatasi hal tsb maka guru akan...

Tema 2 Subtema 1 PB 3

 Senin, 19 Agustus 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 2 (SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP)
 Subtema 1
(AYO, SELAMATKAN HEWAN dan TUMBUHAN)
Pembelajaran 3
Muatan Materi : IPA ,Bahasa Indonesia 
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi Cara Tumbuhan melindungi diri
2. Peserta didik mampu menuliskan informasi penting suatu teks dalam bentuk peta pikiran

Materi
Muatan IPA
Cara tumbuhan melindungi diri 

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari jenis menyesuaikan tumbuhan terhadap berbagai lingkungan selain untuk menyesuaikan diri beberapa jenis tumbuhan memiliki ciri khusus sebagai perlindungan diri dari pemangsa tumbuhan tidak dapat bergerak atau berpindah tempat jika ada pemangsa yang datang oleh karena itu tumpah melawan beberapa penyesuaian diri untuk melindungi diri dari pemangsa berikut beberapa contoh penyesuaian diri yang dilakukan tumbuhan untuk melindungi diri 

1. Memiliki duri 
Beberapa tumbuhan memiliki duri pada batang atau buah untuk melindungi diri dari pemangsa misalnya tumbuhan mawar bougenvil rotan kaktus salak putri malu dan durian ada pula tumbuhan yang memiliki duri pada buahnya misalnya durian 

2. Memiliki rambut halus 
Beberapa tumbuhan seperti bambu jagung terong dan tebu memiliki rambut halus atau gelugut di permukaan batang maupun daunnya salah satu fungsi rambut halus tersebut adalah dapat menimbulkan rasa gatal bila disentuh oleh pemangsa 

3. Daun yang tajam 
nanas lidah buaya dan kaktus memiliki daun yang tajam dan berduri di bagian tepinya hal ini juga bertujuan untuk melindungi diri dari pemangsa 

4. Menghasilkan getah 
Tumbuhan seperti sawo pepaya karet mangga patah tulang dan nangka dapat menghasilkan kertas jika tergores getah tersebut akan menempel pada tubuh hewan pemangsa sehingga hewan tersebut sulit bergerak pada beberapa tumbuhan getahnya dapat menyebabkan perih pada kulit sehingga hewan-hewan tidak berani memakannya 

5. Menghasilkan racun 
Contoh tumbuhan yang menghasilkan racun adalah jarak dan kecubung buah jarak mengandung racun yang dapat mematikan bagi hewan yang memakannya kecubung juga mengandung racun efek yang ditimbulkan jika dikonsumsi antara lain mual muntah sesak napas rasa gelisah mulut terasa kaku dan halusinasi hati-hati jangan sampai mengkonsumsi buah-buahan tersebut

Muatan bahasa Indonesia 
Menuliskan informasi penting suatu teks dalam bentuk peta pikiran 

Suatu teks memiliki informasi penting informasi penting tersebut dapat kita temukan dengan membaca teks secara utuh kita juga dapat menemukan informasi penting menggunakan kata tanya apa di manakah pan siapa mengapa dan bagaimana dengan membuat pertanyaan menggunakan kata tanya dan mencari jawaban dari pertanyaan tersebut kita akan lebih mudah menemukan informasi penting informasi penting yang sudah kita temukan tapi kita sajikan dalam bentuk peta pikiran peta pikiran membuat kita lebih mudah memahami dan mengingat informasi penting yang terdapat dalam suatu teks. 


Tema 2 Subtema 2 PB 2

 Selasa, 13 Agustus 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 2 (SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP)
 Subtema 1
(AYO, SELAMATKAN HEWAN dan TUMBUHAN)
Pembelajaran 2

Muatan Materi : PPKn
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu menjelaskan Cara Tumbuhan Menyesuaikan diri terhadap Lingkungan
2. Peserta didik mampu Menjelaskan Makna Proklamasi 

Muatan PPKn 
Makna Persatuan dalam Perbedaan

Indonesia adalah bangsa dengan beragam suku bangsa budaya agama serta keadaan ekonomi ada banyak contoh perbedaan di lingkungan sekitar kita misalnya sebagai berikut 
1. Di keluarga besarmu mungkin ada yang berasal dari suku yang berbeda denganmu 
2. Di lingkunganmu mungkin ada tetangga yang berbeda budaya denganmu 
3. Saat pergi ke provinsi lain kita dapat mendengar bahasa daerah yang berbeda 
4. Di sekolah mungkin ada temanmu yang beragama Islam Kristen Katolik Hindu Budha dan Konghucu 

Perbedaan tersebut adalah kekayaan bangsa kita untuk menjaga semangat persatuan dalam perbedaan kita perlu hidup dengan rukun hidup rukun dapat dibangun mulai dari lingkungan keluarga sekolah hingga masyarakat 

Ada beberapa sikap yang diperlukan untuk mencapai persatuan dalam perbedaan sikap tersebut perlu diterapkan oleh semua anggota masyarakat sikap-sikap tersebut antara lain sebagai berikut 
1. Peduli 
Hidup rukun bermula dari sikap peduli terhadap orang lain peduli berarti menyadari bahwa orang lain mempunyai kebutuhan yang berbeda dari kita. peduli juga berarti memahami sikap apa saja yang dapat menyenangkan atau mengganggu orang lain 
2. Mendahulukan kepentingan bersama 
Sebagai bagian dari masyarakat yang beragam kita perlu mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan kepentingan bersama dapat mencakup kepentingan di suatu lingkungan masyarakat sekolah atau negara 
3. Toleransi kepada orang lain 
Toleransi artinya sikap saling menghormati dan menghargai antar individu meskipun terdapat perbedaan. Toleransi ini merupakan sikap yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Manfaat hidup rukun antara lain sebagai berikut 
1. Menciptakan kedamaian 
2

Tema 2 Subtema 1 PB 1

 Senin, 2 Agustus 2024

Assalamualaikum Ananda Shaleh dan Shaleha kelas 6C. Bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap ananda semua dalam keadaan sehat Wal'afiat, dan bersemangat dalam belajar Aamiin Yaa Robbalalamin 🤲.Ananda shaleh shaleha hari ini kita akan belajar 

Tema 2 (SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP)
 Subtema 1
(AYO, SELAMATKAN HEWAN dan TUMBUHAN)
Pembelajaran 1

Muatan Materi : B.Indonesia, IPA, IPS
Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu menjelaskan Cara Tumbuhan Menyesuaikan diri terhadap Lingkungan
2. Peserta didik mampu Menjelaskan Makna Proklamasi 

Muatan IPS 
Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia 
1. Menandai lahirnya bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka 
Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia peristiwa ini menandai kelahiran negara Indonesia Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan terbebas dari penjajahan bangsa asing. 

2. Puncak perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan 
Golongan muda dan golongan tua bersatu dan bersekat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia kedua golongan tersebut menyingkirkan perbedaan pendapat dan bersatu demi kemerdekaan Indonesia peristiwa ini merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia yaitu terbebas dari penjajahan bangsa asing 

3. Pengakuan dunia luar 
Sebelum peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dikenal sebagai negara jajahan bangsa asing Seperti Portugis Spanyol Belanda Inggris dan Jepang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno menjadi Pengumuman kepada dunia bahwa Indonesia telah merdeka dan sejajar dengan negara lain sebagai bangsa yang berdaulat
4. Bukti bahwa Indonesia merupakan bangsa yang mandiri 
5. Landasan untuk bersikap terhadap dunia
Aku baca aja selama bertahun-tahun bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa asing bangsa Indonesia harus patuh terhadap kebijakan bangsa asing kala itu.
3. 

Muatan IPA
Cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungan 

1. Penyesuaian tumbuhan terhadap kondisi lingkungan 
Setiap jenis tumbuhan memiliki ciri-ciri yang berbeda ada tumbuhan yang memiliki ciri khusus pada tubuhnya seperti batang berduri daun yang lebar atau akar yang muncul ke permukaan tanah perbedaan ciri setiap tumbuhan merupakan salah satu bentuk penyesuaian diri atau adaptasi 

Berikut contoh adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya 
a. Adaptasi tumbuhan di lingkungan kering 
Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan yang memiliki sedikit air disebut xerofit. Contoh tumbuhannya yaitu pohon formal lidah buaya Cocor bebek dan kaktus perhatikan gambar berikut untuk mengetahui adaptasi yang dilakukan tumbuhan kaktus agar dapat bertahan di lingkungan yang kering 


b. Adaptasi tumbuhan di lingkungan berkadar garam tinggi 
Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi disebut halofit. Contoh lingkungan dengan kadar garam tinggi yaitu laut muara sungai dan pantai keadaan tanah di tempat itu biasanya berlumpur dan berbasis serta sangat sedikit mengandung oksigen. 
Contoh tumbuhan yang hidup di lingkungan berkadar garam tinggi yaitu bakau 

Beberapa jenis tumbuhan paku memiliki akar napas yang tumbuh ke atas permukaan tanah untuk memperoleh oksigen ada juga tumbuhan paku yang memiliki akar tunjang untuk menopang tumbuhan di tanah yang berlumpur dan menahan terjangan ombak selain itu daunnya kaku dan tebal dengan permukaan licin berfungsi untuk mengurangi penguapan dan penyimpan air bagian bawah daun bambu memiliki kelenjar untuk mengeluarkan kelebihan garam. 


c. Adaptasi tumbuhan di lingkungan air 
Tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan air disebut hidrofit contoh tumbuhan hidrofit adalah teratai dan eceng gondok adaptasi tumbuhan tersebut adalah sebagai berikut 
1. Teratai memiliki daun yang lebar untuk mempercepat penguapan daun yang lebar juga berfungsi agar dapat mengapung di permukaan air daunnya berlapis lilin untuk mencegah daun membusuk karena selalu terkena air 

2. Enceng gondok memiliki pangkal tangkai daun berongga yang berfungsi untuk membantu mengapung di permukaan air akarnya lebat untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terbalik 

d. Adaptasi tumbuhan di lingkungan lembab tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan tempat disebut higrofit contoh tumbuhan higrofit dalam begonia atau tumbuhan paku oleh karena hidup di tempat lembab penguapan terjadi dengan lambat air dikeluarkan melalui struktur khusus pada daun yang disebut stomata air atau hidatoda

e. adaptasi tumbuhan di lingkungan miskin nitrogen tumbuhan yang tumbuh di lingkungan miskin nitrogen biasanya melakukan penyesuaian diri dengan memerangkap serangga kemudian mencerna sebagai sumber nitrogen contohnya kantong semar dan Venus