Tema 4 sub tema 3 Pembelajaran 3

4 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang

PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar.
10. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan benar.
11. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dengan benar.
12. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar.
13. Melalui penugasan, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
14. Dengan mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
15. Dengan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menyelesaikan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan menemukan ruas garis pada berbagai bentuk bangun ruang, misalnya: balok, prisma tegak segiempat, dan prisma tegak segitiga.
2. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.
5. Menyimpulkan dan menutup materi pembelajaran.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
percakapan sebelumnya!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Bagaimana suasana tempat bermain Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
3. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan
Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
4. Apa yang harus dilakukan agar kebersihan taman
terus terjaga?
Jawab: ...................................................................
5. Apa pendapatmu apabila tempat bermain jarang
dibersihkan?
Jawab: ...................................................................?

Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata
berikut!!



Amatilah gambar di bawah dengan teliti!



Bagaimana tempat bermain Dayu dan temanteman?
Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?




Coba amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk kubus!

Amatilah gambar di bawah ini dengan teliti!
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?
 







Coba amati gambar dan lingkungan di sekitarmu?
Tahukah kamu bagaimana tempat bermain yang
bersih?






Biasakanlah sikap-sikap di atas diterapkan dalam
kehidupanmu sehari-hari!
5 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.9  Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang


Tujuan Pembelajaran
1. Melalui mengamati gambar dan model patung, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
3. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dengan tepat.
4. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif berdasarkan pengalaman sendiri menggunakan bahan alami dengan benar.
6. Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
7. Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.
8. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
9. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
10. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
11. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
12. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
13. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
14. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
15. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.



Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang ciri lingkungan yang becek dan kumuh.
2. Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan.
3. Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.

Materi Pembelajaran

Apa saja kerajinan yang dapat dibuat dari tanah
liat?
Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dari tanah liat?




Tahukah kamu cara membuat kerajinan dari tanah liat?

Bacalah petunjuk berikut dengan nyaring!



Masih ingatkah kamu dengan ruas-ruas garis pada bangun ruang?
Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas garis pada prisma?


Pada prisma segitiga di atas terdapat ruas-ruas garis
AB, BC, AC, DE, EF, DF, AD, BE, dan CF.




Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa isi pembicaraan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Tempat Dayu dan teman-teman membuat
kerajinan menjadi kotor. Apa yang akan mereka
lakukan?
Jawab: ...................................................................
3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi
salah satu teman Dayu di tempat membuat
kerajinan itu?
Jawab: ...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan sikap Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Apa yang akan terjadi jika tempat membuat
kerajinan yang kotor dibiarkan?
Jawab: ...................................................................











































 6 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
3. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
4. Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
5. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
6. Dengan mengamati gambar dan model patung imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
7. Dengan mengamati karya membentuk imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
8. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakanbahan alami untuk membuat karya membentuk imajinatif dengan tepat.
9. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti.
10. Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif berdasarkan pengalaman sendiri dengan bahan alami secara tepat.
11. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
12. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
13. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan banyak sisi, rusuk, dan titik sudut pada bangun ruang.
2. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar halaman sekolah yang tidak sehat
Gambar bangun datar
Gambar gerakan menari sambil menyapu lantai

Materi Pembelajaran














 7 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan tepat.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
10. Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
11. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
12. Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan bahasa yang santun.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menceritakan pengalaman bermain yang pernah dilakukan bersama teman yang mencerminkan sikap bersatu.
2. Siswa menanggapi cerita yang disampaikan teman.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
Gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan ruangan kelas.
Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.

Materi Pembelajaran


Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi
percakapan!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman
sebelum bermain?
Jawab: ...................................................................
3. Mengapa kegiatan itu harus dilakukan?
Jawab: ...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan kegiatan Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Dapat diolah menjadi apakah sampah dedaunan
yang dikumpulkan?
Jawab: ...................................................................

Temukan kata pada tabel sesuai dengan makna
sebagai berikut!
1. Pupuk campuran dari daun dan kotoran hewan
yang telah membusuk.
2. Bagian tumbuhan yang indah berwarna cerah.
3. Bagian tumbuhan yang berhelai-helai dan
melekat pada ranting
























8 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat apabila hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
3. Melalui penugasan, siswa dapat mensimulasikan pengalaman tentang melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
4. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar.
5. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
10. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
11. Dengan mengamati ciri setiap gambar atau model bangun ruang, siswa dapat mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut pada bangun ruang.
2. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn dan Matematika
Gambar bangun datar
Gambar manfaat hidup bersatu dan akibat tidak hidup bersatu

Materi Pembelajaran



Dayu dan teman-teman menunjukkan kebersamaan
dalam bermain.
Kebersamaan merupakan wujud persatuan.
Apa manfaat persatuan ketika bermain?
Apa pula akibat yang kamu peroleh jika tidak bersatu
ketika bermain?



Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari teks diatas?







Bandar Lampung,     Oktober 2019
Wali Kelas II         Guru Kelas II



, S.Pd         , S.Pd

Mengetahui
Kepala SD Al Azhar 2 Bandar Lampung



Hj. SRI MARGIYANI, S.Pd
NIP. 196011031982032005

Tema 4 Sub tema 3 Pembelajaran 2

4 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang

PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar.
10. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan benar.
11. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dengan benar.
12. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar.
13. Melalui penugasan, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
14. Dengan mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
15. Dengan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menyelesaikan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan menemukan ruas garis pada berbagai bentuk bangun ruang, misalnya: balok, prisma tegak segiempat, dan prisma tegak segitiga.
2. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.
5. Menyimpulkan dan menutup materi pembelajaran.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
percakapan sebelumnya!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Bagaimana suasana tempat bermain Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
3. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan
Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
4. Apa yang harus dilakukan agar kebersihan taman
terus terjaga?
Jawab: ...................................................................
5. Apa pendapatmu apabila tempat bermain jarang
dibersihkan?
Jawab: ...................................................................?

Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata
berikut!!



Amatilah gambar di bawah dengan teliti!



Bagaimana tempat bermain Dayu dan temanteman?
Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?




Coba amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk kubus!

Amatilah gambar di bawah ini dengan teliti!
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?








Coba amati gambar dan lingkungan di sekitarmu?
Tahukah kamu bagaimana tempat bermain yang
bersih?






Biasakanlah sikap-sikap di atas diterapkan dalam
kehidupanmu sehari-hari!
5 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.9  Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang


Tujuan Pembelajaran
1. Melalui mengamati gambar dan model patung, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
3. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dengan tepat.
4. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif berdasarkan pengalaman sendiri menggunakan bahan alami dengan benar.
6. Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
7. Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.
8. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
9. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
10.  Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
11. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
12. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
13. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
14. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
15. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.



Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang ciri lingkungan yang becek dan kumuh.
2. Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan.
3. Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.

Materi Pembelajaran

Apa saja kerajinan yang dapat dibuat dari tanah
liat?
Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dari tanah liat?




Tahukah kamu cara membuat kerajinan dari tanah liat?

Bacalah petunjuk berikut dengan nyaring!



Masih ingatkah kamu dengan ruas-ruas garis pada bangun ruang?
Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas garis pada prisma?


Pada prisma segitiga di atas terdapat ruas-ruas garis
AB, BC, AC, DE, EF, DF, AD, BE, dan CF.




Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa isi pembicaraan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Tempat Dayu dan teman-teman membuat
kerajinan menjadi kotor. Apa yang akan mereka
lakukan?
Jawab: ...................................................................
3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi
salah satu teman Dayu di tempat membuat
kerajinan itu?
Jawab: ...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan sikap Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Apa yang akan terjadi jika tempat membuat
kerajinan yang kotor dibiarkan?
Jawab: ...................................................................











































 6 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
3. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
4. Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
5. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
6. Dengan mengamati gambar dan model patung imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
7. Dengan mengamati karya membentuk imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
8. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakanbahan alami untuk membuat karya membentuk imajinatif dengan tepat.
9. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti.
10. Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif berdasarkan pengalaman sendiri dengan bahan alami secara tepat.
11. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
12. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
13. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan banyak sisi, rusuk, dan titik sudut pada bangun ruang.
2. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar halaman sekolah yang tidak sehat
Gambar bangun datar
Gambar gerakan menari sambil menyapu lantai

Materi Pembelajaran














 7 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan tepat.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
10. Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
11. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
12. Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan bahasa yang santun.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menceritakan pengalaman bermain yang pernah dilakukan bersama teman yang mencerminkan sikap bersatu.
2. Siswa menanggapi cerita yang disampaikan teman.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
Gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan ruangan kelas.
Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.

Materi Pembelajaran


Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi
percakapan!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman
sebelum bermain?
Jawab: ...................................................................
3. Mengapa kegiatan itu harus dilakukan?
Jawab: ...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan kegiatan Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Dapat diolah menjadi apakah sampah dedaunan
yang dikumpulkan?
Jawab: ...................................................................

Temukan kata pada tabel sesuai dengan makna
sebagai berikut!
1. Pupuk campuran dari daun dan kotoran hewan
yang telah membusuk.
2. Bagian tumbuhan yang indah berwarna cerah.
3. Bagian tumbuhan yang berhelai-helai dan
melekat pada ranting
























8 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat apabila hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
3. Melalui penugasan, siswa dapat mensimulasikan pengalaman tentang melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
4. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar.
5. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
10. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
11. Dengan mengamati ciri setiap gambar atau model bangun ruang,

Tema 4 Sub tema 3 Pembelajaran 1

4 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang

PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar.
10. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan benar.
11. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dengan benar.
12. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar.
13. Melalui penugasan, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
14. Dengan mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
15. Dengan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menyelesaikan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan menemukan ruas garis pada berbagai bentuk bangun ruang, misalnya: balok, prisma tegak segiempat, dan prisma tegak segitiga.
2. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.
5. Menyimpulkan dan menutup materi pembelajaran.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
percakapan sebelumnya!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Bagaimana suasana tempat bermain Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
3. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan
Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
4. Apa yang harus dilakukan agar kebersihan taman
terus terjaga?
Jawab: ...................................................................
5. Apa pendapatmu apabila tempat bermain jarang
dibersihkan?
Jawab: ...................................................................?

Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata
berikut!!



Amatilah gambar di bawah dengan teliti!



Bagaimana tempat bermain Dayu dan temanteman?
Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?




Coba amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk kubus!

Amatilah gambar di bawah ini dengan teliti!
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?








Coba amati gambar dan lingkungan di sekitarmu?
Tahukah kamu bagaimana tempat bermain yang
bersih?






Biasakanlah sikap-sikap di atas diterapkan dalam
kehidupanmu sehari-hari!
5 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.9  Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang


Tujuan Pembelajaran
1. Melalui mengamati gambar dan model patung, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
3. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dengan tepat.
4. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif berdasarkan pengalaman sendiri menggunakan bahan alami dengan benar.
6. Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
7. Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.
8. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
9. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
10. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
11. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
12. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
13. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
14. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
15. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.



Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang ciri lingkungan yang becek dan kumuh.
2. Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan.
3. Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.

Materi Pembelajaran

Apa saja kerajinan yang dapat dibuat dari tanah
liat?
Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dari tanah liat?




Tahukah kamu cara membuat kerajinan dari tanah liat?

Bacalah petunjuk berikut dengan nyaring!



Masih ingatkah kamu dengan ruas-ruas garis pada bangun ruang?
Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas garis pada prisma?


Pada prisma segitiga di atas terdapat ruas-ruas garis
AB, BC, AC, DE, EF, DF, AD, BE, dan CF.




Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa isi pembicaraan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Tempat Dayu dan teman-teman membuat
kerajinan menjadi kotor. Apa yang akan mereka
lakukan?
Jawab: ...................................................................
3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi
salah satu teman Dayu di tempat membuat
kerajinan itu?
Jawab: ...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan sikap Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Apa yang akan terjadi jika tempat membuat
kerajinan yang kotor dibiarkan?
Jawab: ...................................................................











































 6 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
3. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
4. Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
5. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
6. Dengan mengamati gambar dan model patung imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
7. Dengan mengamati karya membentuk imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
8. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakanbahan alami untuk membuat karya membentuk imajinatif dengan tepat.
9. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti.
10. Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif berdasarkan pengalaman sendiri dengan bahan alami secara tepat.
11. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
12. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
13. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan banyak sisi, rusuk, dan titik sudut pada bangun ruang.
2. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar halaman sekolah yang tidak sehat
Gambar bangun datar
Gambar gerakan menari sambil menyapu lantai

Materi Pembelajaran














 7 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa tulis secara tepat.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
5. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan tepat.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
10. Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
11. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
12. Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan bahasa yang santun.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa menceritakan pengalaman bermain yang pernah dilakukan bersama teman yang mencerminkan sikap bersatu.
2. Siswa menanggapi cerita yang disampaikan teman.
3. Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
Gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan ruangan kelas.
Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.

Materi Pembelajaran


Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi
percakapan!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab: ...................................................................
2. Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman
sebelum bermain?
Jawab: ...................................................................
3. Mengapa kegiatan itu harus dilakukan?
Jawab: ...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan kegiatan Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Dapat diolah menjadi apakah sampah dedaunan
yang dikumpulkan?
Jawab: ...................................................................

Temukan kata pada tabel sesuai dengan makna
sebagai berikut!
1. Pupuk campuran dari daun dan kotoran hewan
yang telah membusuk.
2. Bagian tumbuhan yang indah berwarna cerah.
3. Bagian tumbuhan yang berhelai-helai dan
melekat pada ranting
























8 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat apabila hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
3. Melalui penugasan, siswa dapat mensimulasikan pengalaman tentang melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
4. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar.
5. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
6. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
9. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
10. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
11. Dengan mengamati ciri setiap gambar atau model bangun ruang,

Tema 4 Sub tema 2 Pembelajaran 6

28 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3. Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.
4. Dengan berpedoman pada ciri setiap bangun datar, siswa dapat menentukan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
5. Melalui mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan sehat di sekolah.
2. Membuat laporan sederhana tentang lingkungan sehat di sekolah.
3. Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
4. Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut, dan titik sudut.
5. Menyebutkan sikap agar terwujud persatuan di sekolah.
6. Menceritakan pengalaman melakukan kegiatan bersatu di sekolah.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran


Apa yang dilakukan Dayu dan teman-teman?
Apakah kamu setuju dengan kegiatan mereka?
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti mereka?
Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan itu?

Temukanlah makna kata-kata berikut dengan benar!



Amatilah gambar di bawah dengan teliti!

 

Tirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari seperti pada gambar berikut!

Perhatikan kembali gambar gendang dan tifa di bawah!
Dinding gendang membentuk pola segitiga. Dinding tifa membentuk pola segi empat dan segitiga.

Tentukan bangun datar sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudutnya!


Amatilah gambar di bawah ini dengan teliti!
Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?
 


29 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3. Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan level dan hitungan/iringan dengan benar.
4. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengelompokan bangun datar berdasar banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
2. Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
3. Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di sekolah.
4. Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
5. Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut, dan titik sudut.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.

Materi Pembelajaran

Informasi apa yang kamu peroleh dari teks di atas?

Amatilah gambar berikut dengan teliti! Apa yang kamu lakukan jika melihat kelasmu seperti
pada gambar?




Tuliskan tentang kelas yang tidak bersih berdasarkan pengamatanmu!

Kelas yang tidak bersih harus dibersihkan. Kelas harus disapu agar tidak ada debu yang
menempel. Gerakan menyapu dapat membentuk gerakan tari.
Masih ingatkah kamu gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari?

Coba amati kembali gambar alat musik tifa. Permukaan dinding tifa membentuk pola bangun
Datar segi empat dan segitiga. Segitiga dan segi empat merupakan contoh bangun datar.
Tahukah kamu contoh bangun datar yang lain?

Tentukanlah bangun datar yang sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut berikut!

 30 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
2. Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan level dan hitungan/iringan dengan benar.
3. Melalui tanya jawab, siswa dapat menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
2. Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
3. Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di sekolah.
4. Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
5. Menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
Gambar halaman sekolah yang tidak sehat
Gambar bangun datar
Gambar gerakan menari sambil menyapu lantai

Materi Pembelajaran

Apa isi teks di atas? Bagaimana ciri-ciri pekarangan sekolah yang tidak bersih?

Amatilah gambar di bawah dengan teliti! Tulislah hasil pengamatanmu tentang pekarangan
sekolah yang tidak bersih!
Apakah yang dapat kamu ceritakan setelah mengamati gambar?
Jika melihat pekarangan sekolah kotor, apa yang kamu lakukan?
 

Pekarangan sekolah yang kotor harus dibersihkan.
Sampah-sampah yang berserakan harus disapu.

Masih ingatkah kamu dengan tari gerakan menyapu lantai?
Kamu sudah pernah melakukan tari gerakan menyapu lantai dengan hitungan dan iringan.
Sekarang, kembangkan tari gerakan menyapu lantai menggunakan pola lantai!



Tentukan bentuk bangun datar selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut!
 


 31 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3. Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah menggunakan bahasa yang santun.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
2. Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
3. Menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
4. Membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
5. Menyebutkan sikap agar terwujud persatuan dalam di sekolah.
6. Menceritakan pengalaman tentang kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
Gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan ruangan kelas.
Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.

Materi Pembelajaran

Apa isi teks di atas? Sudah tahukah kamu cara menjaga kelas agar bersih dan sehat?

Amati gambar di bawah ini! Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?


Tuliskan hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana!

Dayu dan teman-teman telah menjaga kebersihan ruang kelas.
Mereka menjaga kebersihan kelas bersama.
Sikap mereka pantas untuk ditiru.
Sikap itu merupakan contoh kebersamaan di kelas.
Tahukah kamu dengan kegiatan yang menunjukkan sikap kebersamaan di kelas?



1 November 2019
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman dan akibat dari hidup tidak bersatu di sekolah dengan benar.
3. Melalui tanya jawab, siswa dapat menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
2. Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
3. Membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah.
4. Menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu di sekolah.
5. Mensimulasikan pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah.
6. Menentukan bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn dan Matematika
Gambar bangun datar
Gambar manfaat hidup bersatu dan akibat tidak hidup bersatu

Materi Pembelajaran


Amatilah gambar di bawah dengan teliti! Apa isi gambar tersebut? Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu?

Amati pekarangan sekolahmu!
Apa saja yang kamu lakukan agar pekarangan sekolahmu bersih?

Semua warga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan sekolah.
Semua warga sekolah harus menunjukkan sikap hidup dalam kebersamaan.
Coba diskusikan dengan temanmu. Apakah manfaat hidup dalam kebersamaan di sekolah?
Diskusikan dengan temanmu apa akibatnya jika tidak hidup kebersamaan di sekolah?

Amati meja yang diangkat Dayu dan Edo.
Bagaimana bentuk permukaan meja?


Persegi panjang dapat dibentuk menjadi pola
tertentu. Persegi panjang membentuk pola dengan
bangun datar yang lain.


 

Bandar Lampung,     Oktober 2019
Wali Kelas II         Guru Kelas II



, S.Pd         , S.Pd

Mengetahui
Kepala SD Al Azhar 2 Bandar Lampung



Hj. SRI MARGIYANI, S.Pd
NIP. 196011031982032005